Inilah Jenis Olahraga yang Tepat Menurut Usia, Jangan Sampai Salah! Inilah Jenis Olahraga yang Tepat Menurut Usia, Jangan Sampai Salah!


Inilah Jenis Olahraga yang Tepat Menurut Usia, Jangan Sampai Salah!
Duniainformasikesehatan.com - Mungkin sebagian dari Anda ada yang belum mengetahui berbagai macam jenis olahraga yang tepat menurut usia. Melakukan aktivitas seperti olahraga tentu saja dibutuhkan bahkan wajib jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat. Akan tetapi tahukah Anda? Bahwa sebenarnya jenis olahraga sendiri sebaiknya dilakukan menurut kisaran usia. Pasalnya jika tidak demikian, alih-alih memperoleh kesehatan, olahraga tersebut justru hanya akan menjadi ancaman.

Hal tersebut diketahui menurut beberapa kasus yang pernah terjadi sebelumnya di berbagai daerah. Dimana terdapat sebagian kalangan yang hingga kehilangan nyawa pasca melakukan aktivitas fisik yang cukup berat. Kondisi tersebut diketahui karena gagal jantung akibat dari tidak tepatnya jenis olahraga yang dipilih. Untuk itulah penting mengetahui jenis olahraga yang tepat menurut usia agar tidak mengalami risiko tersebut. Dan berikut ini adalah ulasannya.

Rentang Usia 20 Tahunan

Pada masa usia tersebut manusia biasanya akan dikatakan tengah berada pada puncak metabolisme. Dimana pada rentang usia ini, hampir seluruh fungsi tubuh masih dapat bekerja secara optimal. Dan kebanyakan atlet profesional yang menekuni sebuah bidang olahraga biasanya akan memiliki kadar stop and go yang sangat tinggi dan mencapai puncak karirnya.

Bagi Anda yang masih berada pada kisaran usia ini, maka dapat dipastikan masih mampu melakukan beragam jenis olahraga. Maka dari itu, masih belum ada batasan mengenai jenis olahraga dan batasan stamina tertentu. Anda dapat memilih jenis olahraga yang disukai dan berlatih dengan baik.

Baca Juga : Selain Kecantikan Wajah, Inilah 6 Hal yang Membuat Pria Jatuh Cinta Pada Wanita

Rentang Usia 30 Tahunan

Salah satu masa yang cukup rentan bagi seseorang dalam berolahraga saat mereka menginjak usia 30 tahunan. Biasanya, orang akan merasa tubuh mereka masih sebugar saat usia 20 tahunan. Padahal nyatanya, sudah banyak organ tubuh yang mengalami perubahan seperti contohnya penipisan pada bantalan antar ruas pada tulang punggung.

Anda yang kini tengah menginjak masa usia 30 tahunan sebaiknya mulai selektif dalam meilih jenis olahraga yang dilakukan. Memang hingga pertengahan usia 30 tahunan ini Anda masih diperbolehkan melakukan olahraga yang kompetitif. Namun ada baiknya jika Anda mengurangi durasi waktu olahraga tersebut dan mencoba jenis olahraga yang baik untuk sistem kadiovaskular.

Rentang Usia 40 Hingga 50 Tahunan

Saat seseorang sudah memasuki fase usia ini, maka jenis olahraga yang kompetitif jelas sudah tidak akan memungkinkan untuk dilakukan. Bisa saja dilakukan, namun mungkin hanya berlaku bagi mereka yang memiliki kebugaran fisik ekstra. Jika dipaksakan, maka terdapat banyak risiko yang akan dirasakan karena kemampuan tubuh yang sudah menurun drastis.

Dan pada masa usia ini, tentu sebaiknya jenis olahraga yang dilakukan yakni jenis olahraga yang dapat menjaga seluruh fungsi tubuh. Beberapa contohnya seperti pilates, yoga, serta tai-chi yang dinilai sangat ideal untuk kisaran usia ini. Beberapa jenis olahraga kadiovaskular seperti bersepeda, jalan kaki, hingga berenang juga sebaiknya mulai rutin dilakukan.

Baca Juga : 7 Manfaat Kesehatan Dari Pola Hidup Teratur yang Jarang Disadari Orang

Rentang Usia di Atas 60 Tahun

Dan rentang usia yang paling berbahaya melakukan aktivitas seperti olahraga adalah saat seseorang mulai memasuki fase usia 60 tahun. Karena pada masa usia ini hampir seluruh bagian tubuh rentan terhadap berbagai macam risiko, khususnya pada tulang dan sendi. Bahkan untuk berolahraga seperti berjalan kaki pun harus dilakukan dengan sangat cermat.

Bagi mereka yang memiliki kondisi fisik prima di masa usia 60 tahunan ini, maka disarankan melakukan olahraga seperti yoga. Pasalnya jenis olahraga ini dinilai efektif untuk memmberikan stimulasi fisik yang baik bagi tubuh. Jika mampu, olahraga ini dapat dilakukan antara 2 hingga 3 jam setiap harinya.

Itulah beberapa jenis olahraga yang tepat menurut usia dari masing-masing individu. Segala seuatu hal tentu akan selalu memiliki batasan tersendiri, begitu juga dengan tubuh kita disaat kisaran usia terus bertambah dari waktu ke waktu. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.