Inilah 7 Aktivitas yang Menyehatkan Selain Olahraga Inilah 7 Aktivitas yang Menyehatkan Selain Olahraga


Inilah 7 Aktivitas yang Menyehatkan Selain Olahraga
Duniainformasikesehatan.com - Perlu diketahui bahwa hingga saat ini sebenarnya masih terdapat cukup banyak aktivitas yang menyehatkan selain olahraga dan juga menjaga pola makan sehat. Pada umumnya, memang banyak orang akan selalu menjadikan olahraga sebagai aktivitas utama untuk menjaga kesehatan. Namun pada nyatanya, masih banyak aktivitas positif lain yang juga tidak kalah hebat dalam menyehatkan tubuh.

Salah satunya seperti menjalankan atau melakukan hobi. Ternyata selain dapat menghilangkan stres dan depresi, melakukan hobi yang diminati juga dapat membantu menyehatkan tubuh serta akan membuat seseorang menjadi lebih cerdas. Hal tersebut tentu saja bukan tanpa alasan, pasalnya saat melakukan beberapa jenis hobi pun tubuh akan banyak bergerak bahkan hingga mengeluarkan keringat.

Hal tersebutlah yang membuat tubuh menjadi lebih sehat dibandingkan tidak melakukan apa-apa. Lalu, apa saja aktivitas yang menyehatkan selain olahraga dan menjaga pola makan sehat? Berikut ini adalah ulasannya.

Berkebun

Gemar bercocok tanam? Ya, berkebun juga merupakan salah satu aktivitas yang dapat menyehatkan tubuh melalui gerakan yang dilakukan. Bagi Anda yang tidak sempat berolahraga, maka cobalah untuk melakukan hobi berkebun Anda saat memiliki waktu luang. Selain itu, aroma tanaman juga ternyata dapat menjadi aroma terapi alami untuk relaksasi tubuh.

Baca Juga : Inilah Jenis Olahraga yang Tepat Menurut Usia, Jangan Sampai Salah!

Memasak

Selain berkebun, memasak juga diketahui merupakan salah satu hobi yang cukup banyak digemari. Selain itu, melakukan hobi yang satu ini pun akan membutuhkan tenaga dan banyak gerakan yang akan membuat tubuh Anda berkeringat dan menjadi lebih sehat. Sehingga saat tidak sempat berolahraga, Anda dapat melakukan hobi memasak Anda saat memiliki waktu luang.

Meditasi

Sebenarnya aktivitas ini mungkin tidak berbeda jauh dengan olahraga, hanya saja meditasi cenderung tidak melakukan banyak gerakan tubuh. Namun yang perlu diketahui, meditasi juga memiliki segudang manfaat positif untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menurunkan tekanan darah, melancarkan pencernaan, hingga mengeluarkan hormon seperti serotonin dan dopamin.

Bermain Dengan Dewan Peliharaan

Hobi lain yang juga diketahui banyak diminati dan dilakukan oleh berbagai kalangan adalah memelihara hewan. Namun tahukah Anda? Bahwa ternyata bermain dengan hewan peliharaan pun dapat menyehatkan tubuh. Karena saat bermain dengan hewan peliharaan juga dapat membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah, hingga membantu menenangkan psikologis.

Merajut

Aktivitas seperti merajut juga diketahui dapat menjadi salah satu aktivitas pengganti olahraga yang dapat menyehatkan tubuh. Karena menurut survei yang pernah dilakukan, aktivitas yang cenderung menggunakan lengan ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif pada tubuh. Sehingga semakin sering seseorang merajut, maka fungsi otak pun dapat ikut meningkat.

Melukis dan Mewarnai

Satu lagi aktivitas yang melibatkan tangan namun menyehatkan yakni melukis dan mewarnai. Aktivitas ini diketahui dapat membantu menjaga kesehatan mental karena dapat menjadi terapi yang membuat otak seseorang menjadi rileks. Dengan begitu, kondisi seperti kecemasan dan stres dapat berkurang.

Baca Juga : 7 Manfaat Kesehatan Dari Pola Hidup Teratur yang Jarang Disadari Orang

Menulis

Satu lagi hobi yang diketahui sangat bermanfaat dan dapat menjadi pengganti aktivitas seperti olahraga adalah menulis. Pasalnya menulis juga membutuhkan kinerja otak seperti kreativitas, ketekunan, hingga komitmen untuk menyesaikan tulisan tersebut. Dengan begitu, kesehatan dan fungsi otak dapat tetap terjaga bahkan akan mengembangkan kemampuan otak.

Beberapa aktivitas yang menyehatkan selain olahraga diatas tadi dapat Anda coba ketika tidak sempat melakukan aktivitas seperti olahraga. Karena beberapa hobi di atas juga dapat dilakukan dalam waktu senggang sehari-hari Anda. Sehingga walaupun tak berolahraga, kesehatan tubuh tetap dapat terjaga dengan baik.

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.