Apa Saja Manfaat Petai untuk Kesehatan Tubuh? Inilah Khasiat Petai yang Menakjubkan Apa Saja Manfaat Petai untuk Kesehatan Tubuh? Inilah Khasiat Petai yang Menakjubkan


Apa Saja Manfaat Petai untuk Kesehatan Tubuh? Inilah Khasiat Petai yang Menakjubkan
Duniainformasikesehatan.com - Disamping memiliki bau yang sangat menyengat ternyata ada cukup banyak manfaat petai untuk kesehatan tubuh kita. Ya, sebagian besar kalangan biasanya tidak mengkonsumsi petai karena aromanya yang kuat dan mungkin dikatakan kurang sedap. Untuk itu, mungkin dapat dihitung seberapa banyak kalangan yang menyukai petai sebagai lalapan.

Tidak hanya di Indonesia, petai juga sebenarnya merupakan tanaman tropis yang juga mudah ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, serta Filipina. Petai sendiri dapat dikonsumsi secara langsung atau saat mentah, atau juga dapat diolah terlebih dahulu menjadi masakan kemudian di konsumsi.

Kebanyakan orang enggan untuk mengkonsumsi petai biasanya karena tidak menyukai aromanya yang sangat menyengat. Padahal, petai ternyata memiliki beragam kandungan positif alami yang dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk Anda yang penasaran, inilah beberapa manfaat petai untuk kesehatan tubuh.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Ternyata dibalik baunya yang menyegat, petai dikenal memiliki kandungan pitosterol, polifenol, hingga flavanoid yang cukup tinggi. Dimana ketiga senyawa tersebut dapat menjadi antioksidan dan mampu membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi yang terdapat di dalam tubuh. Maka dari itu mengapa petai juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Baca Juga : 8 Khasiat Biji Bunga Matahari Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Mengatasi Sembelit

Selain kaya akan senyawa antioksidan, petai juga diketahui memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sehingga dengan mengkonsumsi petai dalam jumlah yang tepat dapat membantu melancarkan kesehatan pada pencernaan. Dengan begitu, keluhan seperti sembelit dapat hilang dengan mengkonsumsi petai dalam jumlah yang wajar.

Mengatasi Penyakit Maag

Diketahui bahwa petai ternyata merupakan jenis buah yang diperbolehkan dikonsumsi langsung saat masih mentah. Sifatnya yangg lembut serta kandungan yang terdapat di dalam buah yang memiliki aroma khas ini ternyata dapat membantu mengontrol kadar asam di dalam lambung. Petai juga diyakini dapat membantu mengurangi iritasi yang terjadi pada dinding lambung.

Mengatasi Depresi

Petai juga dikenal memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, mengkonsumsi petai juga diyakini dapat membantu mengurangi stres dan depresi. Pasalnya kalium yang terdapat di dalam petai dapat menjadi elektrolit yang akan membantu memberikan suplai oksigen ke otak, menormalkan detak jantung, hingga menyeimbangkan kadar mineral di tubuh.

Menyehatkan Kulit

Siapa sangka ternyata mengkonsumsi petai juga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan terlihat lebih awet muda. Hal tersebut diketahui karena petai juga mengandung protein serta vitamin B yang dapat membantu porses regenerasi kulit. Dengan begitu, kesehatan kulit akan tetap terjaga dan kulit terlihat lebih segar dan kencang.

Mengatasi Cacingan

Percaya aau tidak, banyak yang meyakini bahwa mengkonsumsi petai juga dapat membantu mengatasi penyakit cacingan dalam pencernaan. Hal tersebut diketahui karena di dalam petai terdapat kandungan tanin dan juga belerang yang cukup tinggi. Karena jenis cacing perut dapat mati dan keluar dari pencernaan saat mereka bertemu dengan senyawa seperti tanin dan belerang.

Baca Juga : Inilah 7 Manfaat Kelapa untuk Kesehatan yang Sangat Menakjubkan

Antikanker

Salah satu kandungan yang menakjubkan dari petai adalah adanya senyawa thiazolidine 4 carboxylic yang dipercaya dapat melawan pertumbuhan dan perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, petai juga memiliki senyawa antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu faktor pemicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat petai untuk kesehatan tubuh yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang hingga saat ini. Banyak kalangan yang enggan mengkonsumsi petai karena aromanya yang menyengat dan dianggap tak sedap. Padahal jika melihat manfaatnya, petai juga memiliki sederetan manfaat yang tak kalah hebat dari buah dan sayuran lainnya.

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.