8 Khasiat Biji Bunga Matahari Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui 8 Khasiat Biji Bunga Matahari Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui


8 Khasiat Biji Bunga Matahari Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Duniainformasikesehatan.com - Sebagian kalangan mungkin belum mengetahui ada banyak khasiat biji bunga matahari bagi kesehatan tubuh yang dapat dirasakan. Selain dapat dijadikan camilan atau makanan ringan seperti kwaci, ternyata biji bunga matahari juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut tentu saja karena di dalam biji bunga matahari ini sedikitnya mengandung 28 jenis nutrisi baik.

Bunga matahari atau yang memiliki nama botani Heliantus Annuus sendiri merupakan tanaman asli yang berasal dari negara Amerika Tengah. Namun karena diketahui memiliki banyak manfaat, akhirnya tanaman ini pun banyak di budidayakan di berbagai negara. Salah satunya yakni di Indonesia. Lalu, apa saja manfaat dari biji bunga matahari tersebut? Untuk Anda yang penasaran, maka inilah beberapa khasiat biji bunga matahari bagi kesehatan tubuh.

Sebagai Anti-Inflamasi
Salah satu khasiat dari biji bunga matahari adalah dapat menjadi anti-inflamasi. Hal tersebut karena biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Dan kandungan vitamin E sendiri dapat membantu menetralisir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kandungan tersebut juga sekaligus dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker.

Baca Juga : Inilah 7 Manfaat Kelapa untuk Kesehatan yang Sangat Menakjubkan

Menjaga Kesehatan Tulang
Selain vitamin E, biji bunga matahari juga diketahui memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi. Maka dari itulah dengan mengkonsumsi biji bunga matahari, maka dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan menjaga struktur fisik tulang. Karena seperti yang kita ketahui bahwa kandungan magnesium memang sangat dibutuhkan oleh tulang.

Membantu Proses Detoksifikasi
Biji bunga matahari juga diketahui memiliki kandungan selenium yang cukup tinggi. Dan selenium sendiri diketahui dapat membantu proses perbaikan DNA dalam sel-sel yang rusak hingga mendetoksifikasi beragam molekul berbahaya yang terdapat di dalam hati. Maka dari itulah mengapa biji bunga matahari dikatakan sebagai camilan yang menyehatkan.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Salah satu khasiat dari mengkonsumsi biji bunga matahari adalah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol berlebihan di dalam tubuh. Hal tersebut diketahui karena biji bunga matahari memiliki kandungan pitosterol yang dapat mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Walaupun tidak setinggi biji wijen, namun tetap bermanfaat dan membantu.

Mencegah Penyakit Kadiovaskular
Penyakit kadiovaskular tentu saja merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya. Namun ternyata ragam penyakit kadiovaskular seperti jantung, stroke, hingga penyumbatan pembuluh darah dapat dicegah dengan mengkonsumi biji bunga matahari. Hal tesebut karena kandungan vitamin E pada biji bunga matahari dapat menjadi kandungan antioksidan yang aktif.

Menurunkan Kadar Gula Darah
Biji bunga matahari juga ternyata memiliki kandungan polifenol yang cukup tinggi, beberapa diantaranya adalah asam quinic, asam chlorogenic, serta asam caffeic. Dan kandungan tersebut diketahui dapat membantu menurunkan kadar glukosa yang terdapat di dalam darah hingga membantu membatasi pemecahan glikogen yang terjadi di dalam hati.

Baca Juga : Inilah Jenis Olahraga yang Tepat Menurut Usia, Jangan Sampai Salah!

Menjaga Kesehatan Kulit
Satu lagi khasiat dari mengkonsumsi biji bunga matahari adalah dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut karena di dalam biji bunga matahari ini memang memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi. Vitamin tersebut dapat menjadi antioksidan yang dapat membantu menjaga integritas membran sel pada selaput lendir dan juga kulit.

Mengurangi Depresi
Khasiat lain dari mengkonsumsi biji bunga matahari adalah dapat membantu mengurangi depresi. Hal tersebut karena biji bunga matahari diketahui mengandung pyridoxine dan juga niacin yang dapat meningkatkan aktivitas GABA di dalam otak. Sehingga dengan nyemil kuaci bunga matahari, maka gangguan kecemasan dan neurosis dapat teratasi dengan baik.

Itulah 8 khasiat biji bunga matahari bagi kesehatan yang mungkin masih jarang diketahui oleh banyak orang hingga saat ini. Semoga informasi kesehatan terbaru di atas dapat menjadi sumber refernsi yang dapat membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.