8 Jenis Bahan Makanan Sehat untuk Optimalkan Kesehatan Tubuh 8 Jenis Bahan Makanan Sehat untuk Optimalkan Kesehatan Tubuh


8 Jenis Bahan Makanan Sehat untuk Optimalkan Kesehatan Tubuh
Duniainformasikesehatan.com - Dapat mengetahui jenis bahan makanan sehat untuk optimalkan kesehatan tubuh tentu saja akan menjadi salah satu keuntungan tersendiri untuk Anda. Karena dengan mengetahui beragam jenis bahan makanan sehat tersebut, maka kesehatan tubuh Anda pun akan lebih terjamin dan terjaga dengan baik. Karena memang selain pola hidup sehat, faktor makanan juga sangat penting untuk diperhatikan.

Pasalnya diketahui bahwa jenis makanan tertentu memang memiliki pengaruh yang cukup besar dalam memicu berbagai macam jenis penyakit. Untuk itulah mengapa sebaiknya makanan yang di konsumsi sehari-hari dipilih secara selektif dan hati-hati. Alih-alih memiliki tubuh yang sehat, salah mengkonsumsi makanan yang tak sehat justru akan membuat tubuh lebih mudah terserang berbagai macam jenis penyakit.

Baca Juga : 6 Fakta Bahwa nasi Putih Tak Jahat Bagi Kesehatan Tubuh

Lantas, apa saja bahan makanan sehat yang sebaiknya di konsumsi? Untuk Anda yang membutuhkan referensi, maka inilah beberapa bahan makanan sehat untuk optimalkan kesehatan yang dapat kita ketahui bersama.

Kembang Kol

Kendati bukan sayuran hijau, namun diketahui bahwa kembang kol ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Pasalnya sayuran ini diketahui memiliki kandungan vitamin B yang paling besar dibandingkan dengan jenis sayuran lain. Selain kandungan vitamin B, kembang kol juga memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi.

Bayam

Sayuran kedua yang diketahui memiliki banyak manfaat adalah bayam. Selain dapat meningkatkan PH di dalam tubuh, bayam juga memiliki kandungan lutein yang dapat mencegah katarak. Juga mengandung vitamin E yang dapat menyehatkan kulit, hingga dapat meningkatkan fungsi otak dan saraf karena mengandung vitamin B, protein, dan magnesium.

Kelapa

Selain airnya, daging buah kelapa juga ternyata sangat baik untuk kesehatan. Daging buah kelapa diketahui memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk otot dan otak. Bahkan kandungan tersebut diyakini tidak membuat kadar kolesterol di dalam tubuh meningkat. Kelapa juga diketahui memiliki kandungan asam amino dan zat antibakteri yang tinggi.

Kacang Almond

Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi kacang almond maka berbahagialah. Karena diketahui di dalam kacang almond ini terdapat senyawa alami yang mampu menjaga berat badan, kesehatan jantung, sistem saraf, tulang, kesehatan pencernaan, hingga suasana hati.

Kacang Kenari

Selain almond, jenis kacang-kacangan lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh adalah kacang kenari. Hal tersebut diketahui karena kacang kenari ini mengandung protein, asam lemak omega-3, mangan, hingga lemak tak jenuh. Uniknya, kacang kenari ini rendah karbohidrat.

Kale

Walaupun tidak populer di Indonesia, namun jenis sayuran hijau yang mirip dengan daun selada ini memiliki kandungan fitonutrien, mineral, dan vitamin yang cukup tinggi. Dibandingkan dengan bayam, kale memiliki kandungan serat, antioksidan, dan antikanker yang lebih tinggi. Sayuran hijau ini juga mengandung zat besi, klorofil, magnesium, serta ragam vitamin B.


Bawang Merah

Bahan makanan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita sehari-hari. Hampir seluruh jenis masakan akan menggunakan bumbu dapur yang satu ini. Namun tahukah Anda? Bahwa bawang merah ini sebenarnya mengandung antioksidan seperti quercetin yang sangat tinggi. Juga mengandung prebiotik dan potasium yang cukup tinggi.

Ubi

Salah satu sumber karbohidrat yang mampu mengoptimalkan kesehatan tubuh adalah ubi jalar. Karena selain karbohidrat, ubi ini juga mengandung vitamin C, vitamin B, protein dan magnesium. Ubi jalar juga diyakini sangat baik untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh.

Itulah 8 bahan makanan sehat untuk optimalkan kesehatan tubuh kita dalam keseharian. Dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan cepat saji atau makanan instan, beberapa jenis bahan makanan di atas tentu saja lebih sehat untuk di konsumsi. Semoga informasi makanan sehat di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu dan bermanfaat untuk Anda semua.

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.