7 Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui 7 Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui


7 Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui
Duniainformasikesehatan.com - Dapat mengetahui berbagai manfaat buah pisang untuk ibu hamil tentu saja merupakan hal yang wajib diketahui oleh para calon ibu. Ya, jenis buah-buahan yang sangat mudah ditemukan dalam keseharian kita tersebut memang menyimpan banyak manfaat dan khasiat. Tidak terkecuali untuk ibu hamil atau ibu yang tengah mengandung.

Bahkan banyak ahli medis yang mereferensikan untuk mengkonsumsi buah pisang 3 hingga 4 buah dalam sehari bagi ibu hamil. Pasalnya nutrisi yang terkandung di dalam buah pisang memang sangat dibutuhkan oleh ibu dan juga janin di dalam kandungan. Penasaran dengan beragam manfaat dari buah pisang? Inilah beberapa manfaat buah pisang untuk ibu hamil yang dapat kita ketahui bersama.

Mengembangkan Saraf dan Otak

Buah pisang dikenal memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Dan asam folat ini sangat dibutuhkan oleh janin dalam perkembangan otak dan juga sarafnya. Selain itu, asupan asam folat yang seimbang juga dapat membantu ibu untuk mencegah bayi lahir cacat atau prematur. Kandungan tersebut juga sangat baik untuk sumsum tulang belakang.

Baca Juga : 8 Jenis Bahan Makanan Sehat untuk Optimalkan Kesehatan Tubuh

Mencegah Anemia

Walaupun merupakan kondisi yang umum terjadi pada ibu hamil, namun anemia diketahui dapat menimbulkan komplikasi selama masa kehamilan hingga saat melahirkan. Maka dari itulah mengapa ibu juga membutuhkan asupan zat besi yang seimbang agar tubuh dapat menghasilkan hemoglobin yang cukup. Dan salah satunya yakni mengkonsumsi buah pisang, karena dalam 225 gram buah pisang terdapat sedikitnya 3% zat besi terkandung di dalamnya.

Mengatasi Sembelit

Selain anemia, kondisi lain yang juga umum dialami oleh pra ibu hamil adalah sembelit. Saat kondisi perut sudah mulai membesar, maka biasanya sistem pencernaan ibu juga akan mulai terganggu. Agar tidak terjadi sembelit, maka ibu dapat mengkonsumsi buah pisang yang memang kaya akan serat dan vitamin C. Sehingga pencernaan pun dapat berjalan lancar.

Menguatkan Tulang

Saat usia janin di dalam kadungan bertambah, maka diketahui semakin besar juga kebutuhan kalsium untuk perkembangan dan pertumbuhan tulang janin. Untuk memenuhi asupan kalsium pada ibu hamil, maka dapat mengkonsumsi buah pisang setiap hari secara rutin dan teratur. Pasalnya diketahui bahwa di dalam 200 gram buah pisang terkandung kalsium sebanyak 10 mg.

Meningkatkan Imun Tubuh

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada buah pisang diketahui dapat menjadi antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun tubuh bagi ibu dan juga janin yang berada di dalam kandungan. Seain itu, kandungan citamin C tersebut juga dapat membantu mencegah penuaan dini pada ibu hamil.

Sumber Energi

Buah pisang juga dikenal memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Dari 225 gram pisang, maka terdapat 2,5 gram protein di dalamnya. Maka dari itu mengapa ibu hamil juga diwajibkan untuk mengkonsumsi buah pisang. Karena protein yang terdapat di dalam buah pisang dapat menjadi sumber kalori yang membentuk antibodi bagi ibu dan juga janin di dalam kandungan.

Baca Juga : Ayo Kenali 6 Manfaat Garam Hitam untuk Kesehatan Tubuh Ini!

Menjaga Kolesterol dan Gula Darah

Manfaat lain dari buah pisang untuk ibu hamil adalah dapat mempertahankan kadar kolesterol di dalam tubuh sekaligus menjaga gula darah agar tetap stabil. Bagi ibu yang memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, maka sebaiknya mengkonsumsi buah pisang ini agar kadar gula darah tetap stabil di dalam tubuh.

Tentunya masih banyak manfaat buah pisang untuk ibu hamil lainnya yang dapat kita ketahui. Namun secara garis besar, manfaat-manfaat di atas tadi adalah yang paling utama dari mengkonsumsi buah pisang secara rutin dan teratur selama kehamilan. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi referensi yang membantu dan bermanfaat untuk Anda semua.

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.