7 Cara Mencegah dan Mengatasi Cacingan Pada Anak Berikut Ini! 7 Cara Mencegah dan Mengatasi Cacingan Pada Anak Berikut Ini!


Ingatlah 7 Cara Mencecgah dan Mengatasi Cacingan Pada Anak Ini!
Duniainformasikesehatan.com - Sebagian besar orang tua tentu harus mengetahui bagaimana cara menjaga hingga mengatasi kondisi cacingan pada anak. Pasalnya di Indonesia sendiri hingga saat ini diketahui masih terdapat sangat banyak anak-anak yang yang membutuhkan pencegahan hingga pengobatan terhadap kondisi cacingan.

Hal tersebut tentu saja karena anak-anak memang memiliki potensi yang lebih besar dan juga lebih mudah terjangkit cacingan melalui beragam penyebab. Sedangkan penyebab cacingan yang paling umum terjadi pada anak-anak adalah melalui faktor makanan yang tak sehat hingga karena pola dan lingkungan hidup yang tidak sehat.

Untuk itu, Anda sebagai orang tua tentu harus mengetahui bagaimana cara mencegah hingga mengobati kondisi cacingan pada anak. Pasalnya jika dibiarkan, maka kondisi tersebut hanya akan menimbulkan gangguan kesehatan lain pada tubuh anak. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah cara mencegah dan mengatasi cacingan pada anak.

Kebersihan Lingkungan dan Sanitasi

Ya, langkah paling utama untuk mencegah cacingan pada anak adalah dengan menciptakan lingkungan dan sanitasi yang bersih dan sehat. Usahakan lingkungan tempat anak bermain dan beraktivitas bebas dari kotoran dan bibit-bibit penyakit yang dapat menyebabkan cacingan pada anak. Budayakan sanitasi yang sehat pada anak agar anak terbiasa dengan pola hidup sehat.

Baca Juga : Inilah 7 Cara Alami Atasi Tekanan Darah Rendah yang Efektif

Pola Hidup Sehat

Tahap ini merupakan tahap lanjutan dari cara sebelumnya. Menerapkan pola hidp yang lebih sehat pada anak memang merupakan salah satu antisipasi yang tepat dalam mencegah cacingan. Salah satu contoh yang paling mudah yakni biasakan mencuci tangan dengan sabun antiseptik sebelum dan juga sesudah makan hingga setelah keluar dari toilet.

Menghindari Kontak Langsung

Yang dimaksud pada langkah ini adalah membiasakan anak untuk menghindari kontak langsung antara kulit dengan berbagai benda lainnya termasuk tanah. Karena bibit penyakit serta cacing tentu lebih banyak terdapat diluar dan di tanah. Untuk itu, biasakan menggunakan alas kaki pada anak saat bermain diluar dan menghindari kontak langsung dengan berbagai benda apapun termasuk tanah.

Memberikan Pengertian

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa setiap anak-anak pada umumnya gemar jajan dan mengkonsumsi camilan. Namun berbagai jajanan yang dijual tentu saja tidak seluruhnya aman dan higienis. Oleh sebab itu, berikan pengertian pada anak agar tidak jajan sembarangan untuk menghindari bibit penyakit penyebab cacingan. Biasakan mengkonsumsi makanan yang bersih dan higienis.

Waspada dan Cepat Tanggap

Kendati sudah menerapkan pola hidup sehat, namun selalu waspada dan juga cepat tanggap tetap diperlukan oleh para orang tua. Terlebih jika anak sudah menunjukan beberapa gejala cacingan seperti mata gatal, saluran anus terasa gatal, berat badan tidak bertambah, terganggunya saluran pencernaan anak, hingga selalu terlihat lemas, pucat dan lesu, maka sebaiknya Anda mengambil langkah pengobatan secepat mungkin.

Rutin dan Teratur Memberikan Obat Cacing

Salah satu langkah yang paling tepat untuk mencegah dan mengatasi cacingan pada anak ialah dengan memberikan obat cacing secara rutin dan teratur. Minimal 6 bulan sekali atau dapat juga memberikan obat cacing 4 bulan sekali. Biasanya poin inilah yang kerap dilupakan oleh para orang tua sehingga anak lebih mudah terjangkit cacingan.

Baca Juga : 7 Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

Berpartisipasi Dalam Program Pemerintah

Agar wawasan Anda bertambah dan mengetahui apa saja yang harus dilakukan terhadap kondisi cacingan pada anak, maka sebaiknya Anda pun aktif berpartisipasi dalam program pemerintah. Khususnya pada program kesehatan anak agar terhindar dari kondisi seperti cacingan. Dengan begitu, Anda pun akan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai kesehatan anak.

Itulah 7 cara mudah dalam mencegah hingga mengatasi cacingan pada anak. Jika tidak disadari dan dilakukan sedini mungkin, lalu kapan lagi? Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu serta bermanfaat untuk Anda semuanya, khususnya para orang tua.

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.