Waspadai 6 Efek Negatif Gula Bagi Kesehatan Tubuh Berikut Ini! | Dunia Informasi Kesehatan Waspadai 6 Efek Negatif Gula Bagi Kesehatan Tubuh Berikut Ini!


Waspadai 6 Efek Negatif Gula Bagi Kesehatan Tubuh Berikut Ini!
Duniainformasikesehatan.com - Percaya atau tidak diketahui bahwa terdapat beberapa efek negatif gula bagi kesehatan tubuh kita. Terlebih jika asupan glukosa atau gula yang masuk ke dalam tubuh memang berlebihan dan tidak sesuai dengan takaran normal. Pada dasarnya, asupan gula atau glukosa ke dalam tubuh menusia memang sangat dibutuhkan untuk keseimbangan sistem metabolisme tubuh.

Namun jika berlebihan, tentu saja rasa manis dari gula tersebut dapat berbalik menjadi efek negatif yangpahit dan merugikan tubuh. Bahkan dapat mendatangkan penyakit yang juga sulit disembuhkan. Maka dari itulah sebaiknya Anda mulai membatasi asupan gula sedini mungkin jika masih sayang dengan tubuh Anda. Dan berikut ini adalah beberapa efek negatif gula bagi kesehatan tubuh kita.

Memiliki Sifat Adiktif

Tahukah Anda? Bahwa ternyata gula juga memiliki sifat adiktif yang membuat ketergantungan pada seseorang. Sehingga ketika di konsumsi oleh kita, maka terdapat kemungkinan sifat adiktif dari gula akan muncul dan menimbulkan ketergantungan tersendiri. Karena saat gula di konsumsi maka dapat melepaskan senyawa dopamin yang mampu memberikan rasa nyaman. Melalui hal tersebutlah banyak orang akan merasa kecanduan dengan gula.

Baca Juga : Sulit Tidur Nyenyak Karena Serangan Nyamuk? Lakukan 3 Tips Ini

Berpotensi Merusak Hati

Saat gula masuk ke dalam aliran darah untuk di cerna, maka saat itu juga gula akan dipecah mejadi dua jenis zat yakni glukosa serta fruktosa. Untuk zat glukosa memang sangat dibutuhkan oleh tubuhdab tubuh dapat memproduksinya sendiri. Sedangkan untuk fruktosa, sebenarnya zat pecahan dari gula ini tidak dibutuhkan dan akan dicerna oleh hati. Dan saat terlalu banyak zat fruktosa di dalam tubuh, hal tersebut jelas akan membebani kerja hati dan menimbulkan komplikasi.

Penumpukan Lemak Pada Hati

Kondisi ini merupakan salah satu dampak negatif lain saat zat fruktosa di dalam tubuh terlalu banyak. Ya, saat kandungan zat fruktosa di dalam tubuh berada dalam jumlah yang tidak wajar, maka secara otomatis sistem metabolisme hati akan merubahnya menjadi lemak. Jika jumlah kandungan zat tersebut normal, maka dapat keluar dari hati. Namun jika sebaliknya, maka zat fruktosa tersebut akan terakumulasi dan hanya akan memicu penyakit hati.

Menyebabkan Kanker

Efek negatif ini mungkin yang paling jarang diketahui oleh setiap kalangan idividu pada umumnya. Ya, tingkat insulin yang tinggi di dalam tubuh karena konsumsi gula berlebih diketahui dapat memicu hadirnya sel kanker di dalam tubuh. Kondisi gula yang berlebihan di dalam tubuh pun diketahui dapat mengganggu sistem metabolik yang akan memicu terjadinya peradangan dan mengarah pada sel kanker.

Kerusakan Pada Gigi

Bagian ini mungkin bagian yang paling umum di derita oleh banyak orang. Terutama pada anak-anak yang masih gemar mengkonsumsi permen atau beragam jenis makanan manis lainnya. Karena diketahui di dalam gula pun terdapat bakteri yang mampu merusak gigi jika mulut jarang dibersihkan. Dan saat dibiarkan berlarut-larut, maka akan timbul pengeroposan gigi seperti gigi berlubang.

Baca Juga : Tanda-Tanda Makanan Ini Tak Layak Konsumsi Lagi

Diabetes Melitus atau Kencing Manis

Dan efek negatif terakhir dari terlalu banyak mengkonsumsi kadar gula adalah terserang penyakit diabetes melitus atau kencing manis. Saat tubuh sudah menderita penyakit tersebut, maka biasanya akan sulit di sembuhkan bahkan mampu memicu komplikasi dengan penyakit lain. Dan jenis penyakit ini juga merupakan jenis penyakit yang paling umum di derita karena kelebihan mengkonsumsi gula hingga saat ini.

Dengan mengetahui beberapa efek negatif gula bagi kesehatan tubuh di atas tadi, maka saat ini harusnya Anda dapat lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi gula. Sayangilah tubuh Anda sedini mungkin sebelum berbagai penyakit menghampiri dan menjangkit Anda. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi refernsi yang bermanfaat.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close