Waspada, Ini 5 Penyakit Mematikan yang Ditularkan Hewan di Sekitarmu | Dunia Informasi Kesehatan Waspada, Ini 5 Penyakit Mematikan yang Ditularkan Hewan di Sekitarmu


Waspada, Ini 5 Penyakit Mematikan yang Ditularkan Hewan di Sekitarmu
Duniainformasikesehatan.com - Manusia dan hewan memiliki hubungan yang saling terkait. Hewan bisa berfungsi sebagai sumber makanan, memudahkan pekerjaan manusia, atau menghibur hatimu yang galau lewat tingkah lucu anjing dan kucing.

Meski memiliki manfaat, namun hubungan hewan dan manusia juga memiliki sisi gelap. Adanya bakteri, virus, atau kuman lainnya di dalam hewan bisa mengancam kesehatan tubuh manusia. Bahkan penyebaran virus ini bisa menimbulkan penyakit mematikan seperti penjelasan di bawah ini.

Ebola

Ebola telah menjadi virus yang paling menakutkan sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1976. Virus yang berasal dari benua Afrika ini telah menginfeksi lebih dari 30.000 orang dan menewaskan lebih dari 11.000 orang sejak tahun 2013. Bahkan di tahun 2015, virus ini semakin mengganas karena virus ini bisa bermutasi sendiri dan menyebar lebih cepat dari sebelumnya.

Hingga saat ini hewan kelelawar diidentifikasi sebagai tersangka utama dari tersebarnya virus ini. Menyebar lewat cairan tubuh yang terinfeksi, risiko tingkat kematian karena Ebola sangat tinggi, hingga 90%. Para peneliti kesehatan pun berusaha keras untuk menemukan metode pengobatan yang efektif dalam menumpas Ebola.

Rabies

Rabies dikenal sebagai penyakit yang ditularkan melalui gigitan hewan seperti kelelawar atau anjing. Penyakit rabies sendiri sering dianggap sebagai penyakit kuno. Namun nyatanya di jaman modern seperti ini, rabies telah membunuh sekitar 56.000 per tahunnya.

Gejala awal dari rabies meliputi halusinasi dan produksi air liur berlebihan. Kemudian bisa menghancurkan sistem saraf dan merusak organ vital tubuh.

Malaria

Reputasi dari penyakit malaria agak sedikit meredup karena penyakit demam berdarah atau Zika. Namun jangan salah, malaria juga bisa menyebabkan kematian dengan 214 juta kasus hingga tahun 2015 kemarin.

Ada 4 spesies utama Plasmodium nyamuk yang menyebabkan malaria, namun Plasmodium falciparum yang paling mematikan.

Penyakit sapi gila

Penyakit sapi gila atau yang bernama latin bovine spongiform encephalopathy merupakan penyakit prion yang mematikan. Prion sendiri adalah bentuk protein cacat yang ketika menumpuk di tubuh bisa mengubah struktur otak.

Seperti namanya, penyakit sapi gila ditemukan pada daging sapi yang terkontaminasi prion dari pakan mereka. Untuk mencegah meluasnya penyakit ini, maka standar dari proses pemotongan hewan lebih ditingkatkan.

Influenza

Sebenarnya ada 2 jenis virus influenza yaitu A dan B. Jenis influenza B adalah flu yang menular dari orang ke orang. Sedangkan influenza A ditularkan melalui hewan.

Dalam keadaan tertentu, virus influenza A akan berbaur dengan virus lain yang kemudian menciptakan jenis flu mematikan seperti flu burung atau flu babi. Hingga saat ini para peneliti masih menemukan formula yang tepat untuk mengobati virus flu.

Keberadaan hewan di sekitarmu ternyata bisa menularkan penyakit berbahaya nan mematikan. Kamu sendiri bisa menghindarinya dengan meminimalisir kontak langsung dengan hewan yang berpotensi menimbulkan bahaya serta selalu menerapkan pola hidup sehat agar sistem kekebalan tubuh menguat.

Sumber : Merdeka

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close