Sering Merasa Kedinginan? Mungkin ini Penyebabnya... | Dunia Informasi Kesehatan Sering Merasa Kedinginan? Mungkin ini Penyebabnya...


Sering Merasa Kedinginan? Mungkin ini Penyebabnya...
Duniainformasikesehatan.com - Pernahkah Anda merasa kedinginan, padahal cuaca sedang hangat dan tak seorang pun di dekat Anda yang merasakan dingin seperti Anda? Normalkah ini atau ini pertanda ada yang tak beres dengan sistem tubuh Anda?

Menurut Roshini Rajapaksa, MD, asisten profesor kedokteran di NYU School of Medicine, umumnya wanita cenderung merasa lebih dingin daripada pria. Pasalnya, wanita harus menghemat lebih banyak panas di sekitar organ vitalnya dan ini bisa menyebabkan tangan dan kaki terasa dingin.

Jika Anda memiliki kadar lemak tubuh yang relatif rendah, Anda mungkin akan merasa lebih dingin daripada orang lain di sekitar Anda. Tidak cukup tidur, kelelahan, metabolisme dan sirkulasi darah yang lambat juga bisa menyebabkan kedinginan.

Dehidrasi adalah kemungkinan lainnya. Air membantu tubuh memertahankan panas dan melepaskannya lebih lambat untuk menjaga suhu tubuh agar tetap nyaman.

Kemungkinan penyebab lain adalah kurang zat besi atau vitamin B12. Keduanya berperan dalam kemampuan tubuh mengatur suhu. Selain itu, ada juga kemungkinan tiroid Anda kurang aktif.

Jika Anda merasakan dingin terutama di tangan dan kaki, paling besar kemungkinannya adalah itu karena masalah sirkulasi darah. Gangguan kardiovaskular adalah salah satu penyebabnya, contohnya pada penyakit Raynaud, di mana pembuluh darah menyempit secara ekstrem ketika tubuh Anda merasakan dingin.

Baca juga : 7 Mitos Tentang Tubuh Gemuk yang Perlu Anda Ketahui!

Jika kedinginan sering membuat Anda tidak nyaman, buatlah janji dengan dokter. Dokter dapat menentukan apakah rasa dingin itu memerlukan terapi sederhana, seperti Anda harus lebih sering berolahraga atau lebih banyak makan zat besi, atau itu adalah tanda penyakit yang lebih serius sehingga membutuhkan pengobatan yang lebih rumit.

Sumber : Kompas.com

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close