Sering Alami Stres Berlebihan? Ini Resiko Penyakit yang Akan Menyerang Tubuh! | Dunia Informasi Kesehatan Sering Alami Stres Berlebihan? Ini Resiko Penyakit yang Akan Menyerang Tubuh!


Sering Alami Stres Berlebihan? Ini Risiko Penyakit yang Akan Menyerang Tubuh!
Duniainformasikesehatan.com - Perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelumnya bahwa stres berlebihan ternyata dapat memicu beragam penyakit di dalam tubuh. Hal ini biasanya jarang disadari oleh banyak orang, khususnya mereka yang mungkin kurang bisa mengontrol tingkat stres yang dialami. Stres sendiri dapat muncul dengan mudah melalui banyak faktor dalam keseharian kita.

Faktor pekerjaan yang terus menumpuk, permasalahan dengan keluarga, pasangan, ataupun teman, hingga melakukan aktivitas yang kurang disenangi dapat dikatakan sebagai faktor penyebab utama tingkat stres berlebihan. Dan tahukah Anda? Bahwa ternyata stres berlebihan setiap harinya dapat menimbulkan banyak penyakit yang merugikan tubuh kita.

Baca Juga : Benarkah Pria Stres Lebih Menyukai Wanita Berisi?

Oleh sebab itu, hendaknya cobalah untuk berupaya mengontrol stres berlebihan setiap harinya. Karena jika tidak demikian, inilah risiko penyakit yang berpotensi menyerang tubuh saat Anda mengalami tingkat stres yang berlebihan.

Tekanan Darah Meningkat

Salah satu akibat dari stres berlebihan setiap harinya yakni tekanan darah meningkat atau darah tinggi. Karena saat otak mengalami tingkat stres yang tinggi, maka dipastikan bahwa tekanan darah pun akan ikut meningkat. Efek lainnya yakni emosi yang mudah meluap karena tekanan darah yang tinggi hingga risiko terkena penyakit lain seperti stroke.

Serangan Jantung

Saat tekanan stres meningkat, maka diketahui bahwa tubuh pun akan memproduksi hormon stres yang ternyata dapat menjadi racun bagi jantung. Terlebih saat stres sudah sangat berlebihan, jantung pun akan ikut berdetak lebih kencang dari biasanya. Hal tersebut karena tingkat emosi seseroang yang tengah mengalami stres sangatlah tinggi. Kondisi tersebutlah yang dapat memicu serangan jantung.

Stroke

Selain serangan jantung, kondisi stres berlebihan juga diketahui dapat berpotensi menimbulkan stroke. Saat emosi meningkat dan dan tekanan darah juga meningkat, maka jantung pun akan ikut berdetak lebih kencang yang membuat aliran darahpun dipompa lebih cepat. Dan kondisi tersebut diketahui berpotensi menyebabkan penyumbatan aliran darah di pembuluh darah.

Sakit Kepala

Salah satu jenis penyakit yang juga kerap muncul saat Anda mengalami stres berlebihan adalah sakit kepala. Tentu saja bukan hal yang mengherankan, karena saat mengalami stres maka otak pun akan dipaksa untuk bekerja keras lebih dari biasanya. Lama-kelamaan, kondisi tersebut dapat menyebabkan sakit kepala khususnya sakit kepala sebelah atau migrain.

Sulit Tidur / Insomnia

Keluhan kesehatan lain yang juga akan timbul saat seseorang mengalami stres berlebihan adalah sulit untuk tidur aatu mengalami insomnia. Kondisi ini diketahui karena saat seseorang mengalami stres maka perasaannya tidak akan tenang. Terlebih, saat mengalami stres maka tubuh pun akan memproduksi hormon adrenalin yang mampu meningkatkan kewaspadaan dan membuat mata menjadi sulit terpejam atau tidur.

Kram Otot

Percaya atau tidak, stres berlebihan juga berpotensi menyebabkan kram otot bahkan hingga mengalami kejang. Kondisi ini terjadi karena saat mengalami stres maka tubuh pun akan ikut mengalami ketegangan. Dengan kondisi tersebut maka dipastikan otot pun akan ikut tegang dan kram. Biasanya yang paling sering terjadi pada bagian leher dan punggung.

Baca Juga : 6 Manfaat Masker Wortel untuk Kecantikan Kulit Wajah

Asam Lambung Meningkat

Sebenarnya mungkin tidak sedikit orang yang merasakan keluhan seperti mual saat sedang mengalami stres berlebih. Memang tak heran, karena saat seeorang mengalami stres maka kadar produksi asam lambung pun akan ikut meningkat. Saat itu terjadi, maka perut pun akan merasa mual atau perih, bahkan mengalami muntah jika kondisinya sudah cukup parah.

Itulah beberapa keluhan kesehatan yang dipastikan akan selalu muncul saat seseorang mengalami stres berlebihan. Oleh sebab itu, kendalikan tingkat stres Anda agar berkurang sehingga tubuh tidak mudah terserang berbagai macam jenis penyakit. Semoga informasi kesehatan diatas dapat menjadi sumber referensi yang membantu dan bermanfaat.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close