Jangan Anggap Sepele dan Waspadalah Pada Ciri Penyakit Ginjal Ini! | Dunia Informasi Kesehatan Jangan Anggap Sepele dan Waspadalah Pada Ciri Penyakit Ginjal Ini!


Jangan Anggap Sepele dan Waspadalah Pada Ciri Penyakit Ginjal Ini!
Duniainformasikesehatan.com - Pada dasarnya memang tidak akan setiap orang akan mengetahui beragam ciri penyakit ginjal. Jika tidak diperhatikan dengan baik, ciri-ciri dari penyakit ini memang tidak akan mudah terdeteksi oleh kita. Pasalnya tanda atau gejalanya sendiri memang tidak terlihat signifikan dan kerap dianggap sebagai gejala biasa saja.

Akan tetapi jika Anda sayang dengan tubuh Anda, maka mulai saat ini perhatikanlah kondisinya jika saja ada yang mulai terasa berbeda. Karena jika sudah menderita penyakit seperti penyakit ginjal, maka dipastikan akan sulit disembuhkan bahkan memicu komplikasi dengan penyakit lain. Bagi Anda yang belum mengetahui cirinya, maka inilah beberapa ciri penyakit ginjal.

Sesak Nafas

Salah satu gejala yang harus di waspadai dari penyakit ginjal adalah sesak nafas. Kondisi ini biasanya terjadi karena sisa cairan hasil metabolisme tubuh tidak seluruhnya terbuang dan mengendap bahkan hingga ke paru-paru. Hal tersebutlah yang menyebabkan sesak nafas tiba-tiba bahkan dapat berlangsung lama jika cairan tersebut tidak di keluarkan.

Baca Juga : Cara Mengatasi dan Menghindari Diri Dari Depresi

Anemia / Kurang Darah

Saat tubuh kekurangan oksigen, maka terdapat kemungkinan jika sel darah merah di dalam tubuh pun akan ikut berkurang. Hal tersebut karena oksigen memiliki peran serta yang kuat terhadap tingkat produksi sel darah merah di dalam tubuh. Sehingga saat asupan oksigen berkurang, maka sudah tentu produksi sel darah merah pun akan menurun dan menyebabkan anemia.

Mudah Lelah

Kondisi ini mungkin dapat dikatakan sebagai lanjutan dari gejala anemia tadi. Saat tubuh kekurangan sel darah merah, maka sudah tentu tubuh akan terasa lemas dan mudah lelah. Hal tersebut juga berhubungan dengan kurangnya asupan oksigen yang berfungsi untuk memecah makanan menjadi energi. Saat asupan energi hanya sedikit maka tubuh pun akan mudah lelah.

Nyeri di Sekitar Pinggang

Salah satu ciri lain dari penyakit ginjal adalah mulai merasa nyeri atau sakit di area sekitar pinggang walaupun tidak pernah beraktifitas berat. Hal tersebut dikarenakan mulai terdapat batu ginjal yang menyumbat di ureter atau saluran kemih. Saat batu ginjal tersebut semakin besar, maka rasa nyeri pada pinggang pun biasanya akan semakin meningkat.

Nyeri Saat Buang Air Kecil

Selain nyeri di bagian pinggang, gejala penyakti ginjal juga dapat di cirikan dengan adanya rasa nyeri saat buang air kecil. Kondisi tersebut tentu saja karena adanya penyumbatan saluran kemih karena batu ginjal dan menyebabkan penekanan pada bagian tersebut yang pada akhirnya menimbulkan rasa nyeri saat buang air kecil.

Sirkulasi Urin Tidak Menentu

Saat urin berkurang atau urin berlebihan, maka sebaiknya di waspadai karena terdapat kemungkinan bahwa kondisi ginjal sudah tidak sehat lagi. Jika sudah mengalami hal seperti terlalu sering atau bahkan jarang buang air kecil maka biasanya ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik sehingga tidak mampu mengeluarkan sisa cairan hasil metabolisme tubuh.

Warna Urin Cenderung Keruh

Ciri dari kondisi ginjal yang sudah tidak sehat adalah perubahan warna pada urin. Jika ginjal sehat maka urin pun tidak akan berwarna atau bening. Sedangkan saat ginjal sudah mulai terganggu, maka warna urin biasanya akan mulai berubah mulai dari kuning pekat, keruh, bahkan hingga berawarna cokelat keruh karena bercampur dengan darah.

Baca Juga : 5 Makanan Ini Ternyata Bisa Membantu Menghilangkan Tidur Mendengkur

Bengkak Pada Pelupuk Mata

Saat pelupuk mata mengalami pembengkakan tanpa sebab yang jelas, maka hendaknya dapat diwaspadai sebagai salah satu ciri dari penyakit ginjal. Pelupuk maya yang membengkak ini diketahui disebabkan oleh cairan sisa metabolisme tubuh yang bercampur pada darah hingga membuat hampir seluruh tubuh membengkak termasuk pelupuk mata.

Jika Anda sudah mengalami beberapa gejala tersebut, maka hendaknya dapat mewaspadai hal tersebut sebagai ciri penyakit ginjal. Saat ada yang berbeda dari tubuh Anda, maka hendaknya janganlah dianggap sebagai hal biasa karena berpotensi menjadi ciri dari sebuah penyakit. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang bermanfaat.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close