Inilah Bahaya Minyak Goreng Bagi Kesehatan yang Kerap Diabaikan | Dunia Informasi Kesehatan Inilah Bahaya Minyak Goreng Bagi Kesehatan yang Kerap Diabaikan


Inilah Bahaya Minyak Goreng Bagi Kesehatan yang Kerap Diabaikan
Duniainformasikesehatan.com - Disamping perannya yang penting untuk memasak namun tidak banyak kalangan yang menyadari berbagai bahaya minyak goreng bagi kesehatan. Dikatakan memiliki peranan yang penting karena memang minyak goreng tidak pernah lepas dari urusan masak-memasak. Sama seperti garam yang juga tidak pernah dapat lepas dari berbagai macam masakan.

Namun tahukah Anda? Bahwa di dalam perannya yang penting dalam urusan memasak, ternyata minyak goreng juga memiliki dampak negatif untuk kesehatan. Tentu tak heran terlebih jika minyak goreng yang digunakan adalah minyak goreng curah yang dijual dengan kisaran harga terjangkau dan relatif murah.

Baca Juga : Bagaimana Cara Akupuntur Menyembuhkan Tubuh yang Sakit?

Lalu, apa saja bahaya dari minyak goreng yang jarang diketahui oleh banyak orang? Berikut ini adalah beberapa bahaya minyak goreng bagi kesehatan yang dapat kita ketahui bersama.

Banyak Mengandung Lemak Jahat/Lemak Jenuh

Ya, salah satu hal yang paling tidak dapat dipungkiri adalah tingginya kandungan lemak jenuh yang ada pada minyak goreng. Jika terus-terusan di konsumsi, maka lemak jenuh tersebut pada akhirnya akan menumpuk di dalam tubuh dan berubah menjadi lemak jahat. Kandungan lemak jenuh yang tinggi dalam tubuh berpotensi menyumbat pembuluh darah yang akan berdampak pada munculnya berbagai macam jenis penyakit mematikan.

Mudah Memicu Penyakit Jantung

Selain menyumbat pembuluh darah, kandungan LDL yang tinggi pada minyak goreng juga dapat dengan mudah memicu penyakit jantung. Pasalnya kadar lemak jenuh yang tinggi di dalam tubuh juga dapat menempel bahkan menyelimuti jantung dan mengganggu kinerja jantung. Dengan saluran darah yang juga tersumbat akibat plak yang dipicu oleh lemak, maka tak heran jika kinerja jantung untuk memompa darah akan semakin berat dan akhirnya melambat.

Berpotensi Memicu Stroke

Adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh tumpukan LDL atau lemak jahat tidak hanya membebani jantung. Saat kinerja jantung sudah tidak optimal dan sirkulasi darah menjadi tidak stabil, maka saat itu juga seseorang akan berpotensi terkena serangan stroke. Hal tersebut dikarenakan pembuluh darah kaku dan juga tegang akibat sirkulasi darah tak lancar karena kinerja jantung yang mulai tidak beraturan.

Menurunkan Kadar Lemak Baik / HDL

Tubuh manusia memang membutuhkan asupan lemak sebagai pelengkap metabolisme, namun bukan asupan lemak jenuh atau LDL melainkan asupan lemak baik atau HDL. Dan yang perlu diketahui, saat kandungan lemak jenuh atau LDL meningkat di dalam tubuh, maka secara otomatis kadar lemak baik atau HDL akan berkurang. Padahal HDL atau lemak baik ini berfungsi untuk membersihkan salurah pembuluh darah.

Memicu Timbulnya Kadar Racun Karsinogen

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa karsinogen ini merupakan salah satu zat yang paling mudah memicu penyakit kanker. Kondisi ini diketahui berpotensi timbul ketika Anda kerap menggunakan minyak sayur. Karena walaupun dibuat dari sayuran, namun masih berupa minyak yang masih memiliki beragan potensi negatif. Terlebih minyak yang dibuat dari kacang-kacangan, karena jenis minyak tersebut rawan terhadap racun jamur aflatoksin.

Baca Juga : 7 Produk Kecantikan Terbaik untuk Malam Hari

Pemicu Utama Penyakit Kolesterol

Ya, salah satu bahaya dari penggunaan minyak goreng yang paling umum adalah mempermudah seseorang terjangkit penyakit kolesterol. Saat kadar lemak di dalam berlebihan, maka selain obesitas ada juga salah satu penyakit yang pasti menghampiri yakni penyakit kolesterol tinggi. Penjelasannya masih sama seperti di awal tadi, karena penyakit ini timbul akibat kandungan LDL yang tinggi hingga menyumbat sirkulasi pada pembuluh darah.

Melalui beberapa bahaya minyak goreng bagi kesehatan diatas, maka bukan berarti Anda dilarang untuk menggunakan minyak gorengg saat memasak. Hanya saja setelah mengetahui dampak negatifnya, hendaknya mulai mengurangi penggunaan minyak goreng dalam kebutuhan memasak setiap harinya. Dengan begitu, kandungan LDL di dalam tubuh Anda pun tidak akan terus bertambah dan memicu banyak penyakit mematikan.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close