Inilah 6 Cara Mengatasi Gatal Alergi Dengan Obat Medis dan Obat Alami | Dunia Informasi Kesehatan Inilah 6 Cara Mengatasi Gatal Alergi Dengan Obat Medis dan Obat Alami


Inilah 6 Cara Mengatasi Gatal Alergi Dengan Obat Medis dan Obat Alami
Duniainformasikesehatan.com - Cara mengatasi gatal alergi pada saat ini memang sudah sangat beragam dan bermacam-macam. Mengatasi alergi yang berdampak gatal pada kulit tentunya tidak hanya dapat di atasi dengan obat-obatan medis saja, melainkan juga dapat diatasi dengan berbagai macam cara alami. Karena keluhan seperti alergi tentu saja harus segera diatasi dan jangan dibiarkan begitu saja.

Alergi yang terjadi pada kulit hingga menimbulkan gatal-gatal diketahui di sebabkan oleh beberapa faktor. Jika dibiarkan, kondisi tersebut biasanya akan memasuki tahap dermatitis atau perdangan pada kulit dengan rasa gatal dan terdapat ruam. Lalu, bagaimana cara mengatasi gatal alergi tersebut? Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi gatal alergi yang dapat di coba.

Menggunakan Air Perasan Jeruk Lemon (Obat Alami)

Kandungan vitamin C, asam asetat, asam sitrat, hingga kandungan antibakteri yang terdapat di dalam jeruk lemon diketahui dapat menjadi antialergi. Untuk mengatasi gatal karena alergi, maka dapat mencelupkan kapas ke dalam air perasan jeruk lemon lalu di oleskan dan di gosokan pada bagian kulit yang gatal karena alergi. Hanya saja memang cara ini hanya untuk daerah gatal yang kecil dan tidak terlalu luas.

Baca Juga : Ketahui Penyebab Timbulnya Jerawat dan Bagaimana Cara Menghilangkannya

Menggunakan Larutan Baking Soda (Obat Alami)

Untuk mengobati gatal karena alergi yang sudah cukup parah hingga ke seluruh tubuh, maka dapat menggunakan larutan air dengan baking soda. Campurkan sekitar satu gelas baking soda dengan satu ember air hangat, kemudian gunakan air larutan tersebut untuk mandi atau berendam hingga rasa gatal di seluruh tubuh berkurang. Larutan ini pun diketahui dapat membantu meredakan bengkak pada kulit karena gatal alergi.

Menggunakan Daun Kemangi (Obat Alami)

Salah satu bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi gatal alergi pada kulit yakni daun kemangi. Karena di dalam daun kemangi diketahui terdapat kandungan minyak esensial seperti salah satunya ialah eugenol. Untuk mengobati gatal karena alergi, maka rebuslah sekitar 100 gram daun kemangi dengan air secukupnya hingga mendidih. Tutup rapat saat mendidihkannya lalu gunakan airnya saat hangat untuk mengompres bagian kulit yang gatal.

Menggunakan Krim/Salep Hydrocortisone (Obat Medis Topikal)

Salah satu varian salep atau krim yang ampuh untuk mengatasi gatal karena alergi adalah dengan salep atau krim Hydrocortisone ini. Akan tetapi sebaiknya penggunaan obat topikal ini dibawah pengawasan ahli kesehatan seperti dokter kulit. Salep Hydrocortisone ini diketahui dapat mengatasi alergi yang di sebabkan oleh gigitan serangga. Perhatikan juga efek sampingnya saat akan menggunakan obat topikal ini agar tidak membuat alergi semakin parah.

Menggunakan Salep Protopic (Obat Medis Topikal)

Protopic juga diketahui merupakan salah satu obat medis topikal yang dapat digunakan untuk mengatasi gatal alergi pada kulit. Krim atau salep ini diketahui bekerja dengan cara atau sistem yang mengurangi reaksi kekebalan tubuh yang bekerja terlalu rendah atau terlalu besar. Produk obat topikal ini juga dapat diperoleh di apotik terdekat dan harganya tidak terlalu mahal. Namun penggunaannya tetap harus sesuai anjuran dan dosis yang telah di tentukan.

Baca Juga : Cara Alami Menghilangkan Keloid Dengan Cepat dan Aman

Menggunakan Obat Alergi Loratadine (Obat Medis Oral)

Berbeda dari dua jenis obat alergi sebelumnnya, Loratadine ini merupakan salah satu obat medis oral atau obat yang diminum untuk penyembuhan dari dalam. Obat oral ini bekerja dengan mengurangi dan menekan kadar histamin berlebih di dalam tubuh. Akan tetapi terdapat kontra indikasi yang harus sangat diperhatikan, dan sebaiknya penggunaan jenis obat oral medis ini pun dibawah anjuran ahli atau dokter kulit.

Beberapa varian obat medis dan obat alami di atas memang diketahui ampuh dan efektif dalam mengatasi gatal alergi pada kulit. Akan tetapi jika sudah menggunakan obat-obatan di atas alergi tak kunjung sembuh, maka sebaiknya segera menghubungi dan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk perawatan dan penyembuhan yang lebih intensif.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close