Ingin Miliki Hati yang Sehat? Konsumsilah Jenis Makanan Sehat Ini! | Dunia Informasi Kesehatan Ingin Miliki Hati yang Sehat? Konsumsilah Jenis Makanan Sehat Ini!


Ingin Miliki Hati yang Sehat? Konsumsilah Jenis Makanan Sehat Ini!
Duniainformasikesehatan.com - Setiap individu pada umumnya tentu saja akan selalu menginginkan organ hati yang sehat di dalam tubuh mereka. Dengan hati yang sehat, maka sistem metabolisme tubuh pun tidak akan tergangu dan akan berjalan lancar. Tentu saja menjaga kesehatan organ hati ini tidak hanya dilakukan melalui pola dan gaya hidup sehat saja, melainkan juga dari pola mengkonsumsi makanan.

Karena seperti yang kita ketahui bersama, bahwa fungsi utama hati adalah untuk menyaring berbagai macam racun dan zat berbahaya yang dapat mengancam kesehatan tubuh. Maka dari itulah hati juga dikatakan sebagai salah satu organ paling vital yang berada di dalam tubuh kita. Saat hati mengalami gangguan, maka kesehatan tubuh pun secara otomatis akan ikut terganggu.

Baca Juga : Kenali 6 Alasan Si Kecil Susah Makan Sayur dan Buah

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan organ hati maka sebaiknya Anda lebih selektif dalam mengkonsumsi makanan. Jika Anda ingin memiliki hati yang sehat, maka cobalah konsumsi beberapa jenis makanan sehat berikut ini.

Buah Alpukat

Makanan yang baik untuk kesehatan jantung pertama yang dapat di konsumsi adalah buah alpukat ini. Di dalam buah alpukat ini diketahui terkandung glutathione yang dapat berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Kandungan baik ini akan membantu menyaring zat berbahaya dari hati hingga melindungi berbagai sel-sel hati dari kondisi kerusakan.

Jeruk Bali

Tidak berbeda jauh dengan buah alpukat, buah jeruk bali ini juga diketahui mengandung antioksidan dan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Sehingga saat Anda mengkonsumsi buah-buahan ini, maka kadar racun yang terdapat di dalam tubuh pun akan berkurang. Terelbih, buah jeruk bali ini juga memiliki senyawa naringenin yang dapat mengoksidasi lemak pada hati.

Kunyit

Selain menjadi bumbu dapur, ternyata kunyit juga dapat bermanfaat untuk organ tubuh seperti hati. Kunyit dapat membantu mengurai jumlah kerusakan karena radikal bebas yang terdapat di dalam organ hati. Kunyit juga akan membantu mencerna lemak serta menghasilkan empedu yang juga akan menjadi pembersih racun secara alami bagi hati.

Bawang Putih

Satu lagi bumbu dapur yang juga ternyata sangat baik untuk kesehatan hati yakni bawang putih. Bawang putih diketahui memiliki kandungan selenium dan alisin yang dapat membersihkan racun. Senyawa alisin tersebut merupakan antioksidan, antijamur, dan antibiotik, sedangkan selenium akan membantu meningkatkan kemampuan pada senyawa antioksidan.

Kopi

Melalui penelitian yang pernah dilakukan oleh para ahli membuktikan, bahwa mereka yang mengkonsumsi dua cangkir kopi setiap hari memiliki prosentase hingga 44% terhindar dari jenis penyakit hati. Kendati demikian, diketahui bahwa mengkonsumsi kopi tetap tidak dapat mengatasi efek negatif akibat terlalu banyak mengkonsumsi alkohol.

Sayuran Berdaun Hijau

Selain buah-buahan, sayuran berdaun hijau juga diketahui sangat baik untuk kesehatan hati. Dalam sayuran berdaun hijau ini diketahui terdapat kandungan klorofil atau zat hijau daun yang dapat membantu menstimulasi organ hati untuk bekerja lebih efisien. Jenis sayuran ini juga diketahui dapat membantu menghilangkan efek samping dari racun yang terdapat didalam jenis makanan berpestisida atau mengandung logam berat.

Kubis

Selain bayam, sayuran seperti kubis juga diketahui sangat baik untuk kesehatan hati. Mengapa demikian? Pasalnya di dalam sayuran kubis ini terdapat kandungan sulfur yang yang cukup tinggi. Dimana senyawa alami tersebut diyakini dapat membantu membersihkan racun yang terdapat di dalam hati. Selain itu, kubis juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

Baca Juga : Hati-hati, Ini Bahaya Tidur Terlalu Lama Bagi Kesehatan Tubuh!

Itulah 7 macam jenis makanan yang diketahui dapat membantu menjaga kesehatan hati. Jika Anda ingin memiliki hati yang sehat, maka sebaiknya ubahlah gaya dan pola hidup Anda menjadi lebih sehat. Khususnya selektif dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi, karena makanan dapat menjadi faktor utama masuknya berbagai zat racun ke dalam tubuh.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close