Cowok dengan Ketiak Lebat, Tampak Jantan atau Menjijikkan? Ini Jawabannya | Dunia Informasi Kesehatan Cowok dengan Ketiak Lebat, Tampak Jantan atau Menjijikkan? Ini Jawabannya


Cowok dengan Ketiak Lebat, Tampak Jantan atau Menjijikkan? Ini Jawabannya
Duniainformasikesehatan.com - Majalah Men's Health Amerika pernah mengadakan survei, apakah bulu ketiak termasuk simbol kejantanan atau haruskah bulu ketiak dicukur?

Kebanyakan peserta survei menjawab, seharusnya pria mencukur bulu ketiak mereka. Setidaknya kadang-kadang.

Dari 4.044 orang yang disurvei, 68 persen mengatakan bahwa mereka memangkas rambut ketiak mereka; 52 persen mengatakan mereka melakukannya untuk estetika, dan 16 persen mengatakan mereka melakukannya untuk alasan atletik.

Baca juga : Tips Ampuh Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Alami dan Permanen

Lima atau sepuluh tahun yang lalu, jawaban atas survei ini mungkin akan sangat berbeda, kata Craig Whitely berspekulasi. Whitely adalah ahli perawatan pria terkemuka di Hollywood.

Whitely mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, dorongan untuk mencukur tidak hanya untuk rambut kemaluan.

"Jika Anda sudah melakukan beberapa bentuk pencukuran dan punya alatnya, mengapa Anda tidak melakukannya sekalian? katanya.

Anda mungkin berpikir, mencukur rambut ketiak bukan sesuatu yang jantan tapi itu semua baik untuk Anda.

Survei terhadap wanita menyebutkan, rambut ketiak yang terlalu lebat dianggap menjijikkan.

Dalam perspektif ilmu pengetahuan, diduga rambut ketiak berguna untuk menarik lawan jenis (asal tidak terlihat menjijikkan), kata Daniel Lieberman, Ph.D., profesor biologi evolusi manusia di Harvard University.

Ketiak Anda memiliki banyak kelenjar apokrin yang menghasilkan keringat.

Keringat ini terdiri dari steroid, lipid, protein dan zat kimia lain yang berfungsi sebagai alat informasi dan komunikasi di bawah alam sadar.

Mungkin, manusia zaman dulu memerlukan itu untuk menarik pasangan, secara sadar ataupun tidak.

Tapi hal ini, hampir pasti tidak berlaku lagi sekarang.

Apalagi, rambut ketiak yang dibiarkan terlalu lebat bisa menjadi sarang kuman apabila Anda lalai membersihkannya dengan saksama setiap hari.

Berikut adalah tiga langkah untuk perawatan rambut ketiak Anda:

1. Potong dalam keadaan basah
Tentu saja Anda bisa memotongnya dalam kondisi kering, tapi Whitely merekomendasikan Anda menggunakan alat pemangkas waterproof (tahan air) dan melakukannya di kamar mandi.

Basahi sedikit dengan air hangat. Air hangat dapat melembutkan rambut dan mengurangi risiko rambut tertarik sehingga kulit terluka, katanya.

2. Jaga agar tetap pendek

Jika Anda memiliki rambut ketiak yang kaku tegak, Whitely merekomendasikan untuk mencukurnya sekitar 2,5 Cm atau kurang dan meninggalkan setidaknya dua sentimeter kurang untuk menjaga ketiak Anda tetap bersih dan terhindar dari gatal-gatal (terutama jika Anda tipe yang malas membersihkan ketiak).

Anda bisa mencukur habis rambut ketiak, tapi mungkin Anda akan ditertawakan teman-teman gym Anda.

3. Rawat setelah cukur

Setelah pemangkasan, gunakan aftershave balm yang bebas pewangi untuk mencegah reaksi alergi.

Pastikan produk Anda tidak mengandung alkohol, terutama jika tipe kulit Anda sensitif, karena bisa menyebabkan iritasi. Tunggu dua sampai tiga menit sebelum Anda mengaplikasikan deodoran. (Kompas)

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close