Cara Efektif Mengatasi Sariawan Di Tenggorokan | Dunia Informasi Kesehatan Cara Efektif Mengatasi Sariawan Di Tenggorokan


Cara Efektif Mengataasi Sariawan Di Tenggorokan
Duniainformasikesehatan.com - Memiliki keluhan seperti sariawan di tenggorokan memang sangat mengganggu. Ya, keluhan seperti sariawan atau faringitis memang tidak hanya dapat terjadi pada lidah, bibir, atau di area mulut saja. Melainkan juga dapat terjadi pada area tenggorokan. Dan tidak dipungkiri memang bahwa kondisi tersebut sangat menyiksa dan juga mengganggu.

Penyebab sariawan sendiri bermacam-macam. Selain karena tubuh yang kekurangan vitamin C, sariawan juga disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, virus, terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengiritasi atau iritan, merokok, hingga trauma di tenggorokan. Kondisi sariawan ini dapat di atasi dengan cara alami atau menggunakan metode pengobatan medis.

Bagi anda yang membutuhkan referensi untuk mengatasi sariawan di tenggorokan atau faringitis, maka inilah beberapa cara mengatasi sariawan di tenggorokan yang cepat dan efektif.

Selektif Memilih Makanan

Saat mengalami faringitis atau sariawan di tenggorokan maka sebaiknya perhatikan juga makanan yang di konsumsi. Hindari beberapa jenis makanan seperti makanan berminyak pekat, makanan pedas, makanan bersantan, dll. Karena jenis makanan tersebut mengandung asam yang tinggi dan hanya akan memperburuk kondisi iritasi pada sariawan.

Baca Juga : Kulit Pisang Bisa Bantu Sembuhkan Sakit Kepala? Ini Buktinya!

Konsumsi Makanan Bervitamin Tinggi

Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi, saat Anda terkena sariawan di tenggorokan maka sebaiknya konsumsi juga makanan yang kaya akan zat besi dan vitamin B12. Sebaiknya makanan yang di konsumsi memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang sempurna seperti karbohidrat, vitamin, protein, dan mineral.

Larutan Air Garam

Untuk menghilangkan rasa pering dan nyeri di tenggorokan akibat sariawan, maka Anda dapat mencoba berkumur menggunakan larutan air garam ini. Cara membuatnya pun sangatlah mudah, cukup menyiapkan satu gelas air hangat kemudian campurkan dengan 1/4 sendok makan garam halus. Aduk hinga tercampur rata dan gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 1 menit. Cara ini dapat dilakukan 3 hingga 4 kali sehari untuk meredakan nyeri dan perih di tenggorokan.

Penuhi Kebutuhan Istirahat

Saat tubuh mengalami sariawan, maka sudah tentu sistem metabolisme tubuh sedang terganggu. Maka dari itulah saat Anda mengalami faringitis atau sariawan di tenggorokan sebaiknya memenuhi waktu istirahat setiap harinya. Minimalnnya penuhi waktu tidur Anda hingga 8 jam setiap malam agar tubuh dapat memperbaiki dan meregenerasi sel yang rusak.

Konsumsi Air Mineral Hingga 2 Liter Perhari

Diketahui bahwa salah satu penyebab sariawan adalah kurangnya asupan cairan di dalam tubuh. Maka dari itu saat Anda mengalami sariawan maka cobalah untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air mineral minimal 8 hingga 10 gelas setiap harinya. Dan tentunya akan lebih baik jika Anda dapat meminum air putih hingga 2 liter atau lebih setiap harinya.

Menggunakan Jus Bawang

Membayangkannya saja mungkin sudah membuat kita merasa mual. Namun terlepas dari itu semua, bawang merah dikenal memiliki kandungan anti jamur dan anti bakteri yang sangat tinggi. Untuk itulah dengan berkumur menggunakan jus bawang yang dicampur dengan madu alami ini akan membantu menyembuhkan faringitis atau sariawan di tenggorokan.

Baca Juga : 3 Alasan Utama Kenapa Non Perokok Bisa Terkena Kanker Paru-Paru

Hindari Kebiasaan Buruk

Jika Anda memiliki kebiasaan seperti merokok atu mengkonsumsi minuman beralkohol, maka sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Karena kebiasaan tersebut hanya akan memperburuk kondisi infeksi pada sariawan yang di derita. Hindari juga kebiasaan mengkonsumsi makanan atau minuman panas agar iritasi di tenggorokan tidak memburuk.

Menjaga Kebersihan Mulut

Tidak dapat dipungkiri bahwa virus dan bakteri penyebab faringitis yang masuk ke tenggorokan disalurkan melalui mulut. Maka dari itulah agar sariawan di tenggorokan tidak bertambah parah hendaknya dapat menjaga kebersihan mulut dengan cara teratur menggosok gigi. Karena sisa makanan yang terdapat di dalam mulut memiliki potensi yang sangat besar untuk menginfeksi radang atau sariawan yang terdapat di tenggorokan.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close