Cara Alami Menghilangkan Keloid dengan Cepat dan Aman | Dunia Informasi Kesehatan Cara Alami Menghilangkan Keloid dengan Cepat dan Aman


Cara Alami Menghilangkan Keloid dengan Cepat dan Aman
Duniainformasikesehatan.com - Keloid adalah pertumbuhan sel kulit yang lebih dari yang seharusnya pada daerah pasca luka karena supply kolagen yang berlebihan. Umumnya keloid tidak berasa, tidak sakit dan tidak membahayakan.

Namun orang kadang risih karena bentuknya yang mengganggu pemandangan. Apalagi jika terjadi di daerah muka. Pada beberapa kasus keloid terasa gatal yang kalau digaruk menimbulkan luka yang kemudian menjadi keloid tambahan.

Cara menghilangkannya bermacam-macam, ada perawatan bahan kimia (semacam lotion), ada yang dioperasi dan ada pula yang menggunakan laser. Namun tindakan-tindakan ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan memiliki resiko komplikasi.

Baca juga : Macam-Macam Jenis Penyakit Kulit!

Anda bisa menghilangkan keloid secara alami dengan madu. Namun madu yang dimaksud harus asli, bukan campuran. Apalagi madu populer yang banyak tambahan vitamin dan omega, pasti tidak asli. Madu adalah humectant yang menyembuhkan kulit dan melembabkan. Cara pemakaiannya sangat mudah, cukup oleskan madu pada keloid sehari 3x. Keloid lama-lama akan pudah dan menghilang.

Cara lain yang cukup ampuh adalah menggunakan bawang putih. Diyakini bawang putih adalah obat alami pencegah proliferasi fibroblas yang merupakan penyebab munculnya keloid. Caranya juga tidak sulit, cukup dengan mengambil 1-2 siung bawang putih lalu tumbuk sampai halus dan tempelkan pada daerah keloid. Tunggu 10-15 menit baru bilas.

Sesaat setelah ditempelkan anda akan merasakan reaksi bawang putih pada kulit. Rasanya seperti digigit semut kecil-kecil. Jika anda merasakan panas dan anda tidak dapat menahannya berarti kulit anda sensitif terhadap bawang putih. Segera bilas menggunakan air bersih.

Anda juga bisa menggunakan baking soda sebagai penghilang keloid. Baking soda bersifat abrasif, dia akan mengabrasi daerah berkeloid dan meninggalkan kulit normal. Namun anda harus bersifat hati-hati jangan sampai mengenai kulit normal nanti malah jadi keloid tambahan. Caranya mudah cukup campurkan baking soda dengan air supaya bentuknya pasta dan mudah dioleskan.

Oleskan secara memutar pada daerah keloid sambil sedikit ditekan. Lakukan hal ini secara rutin, sedikit demi sedikit keloid akan diabrasi oleh baking soda sampai habis. Sebaiknya anda menggunakan sarung tangan latex yang tipis atau sarung tangan kain karena jangan sampai jari anda yang sehat yang malah terabrasi.

Lemon adalah buah yang memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi karena itu dipercaya bisa menyembuhkan keloid. Caranya cukup mudah, ambil sebutir lemon lalu peras airnya sampai habis. Simpan perasan air lemon pada botol kaca atau mangkuk supaya bisa digunakan berkali-kali. Oleskan air itu pada daerah luka dan biarkan sampai mengering. Setelah kering lap dengan air hangat dengan sedikit ditekan dan gerakan memutar. Lakukan hal ini 2 kali sehari maka sedikit demi sedikit keloid akan menghilang.

Cara teraakhir adalah terapi lidah buaya. Lidah buaya sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan bisa meningkatkan kelembaban kulit dalam jangka waktu cukup lama. Caranya cukup oleskan daging bagian dalam daun lidah buaya pada daerah luka lalu biarkan mengering.

Antioksidan yang terdapat pada daging lidah buaya akan terserap oleh kulit dan mempercepat perbaikan kulit. Setelah kering gosok perlahan dengan memutar menggunakan lap kain yang dibasahi air hangat. Lakukan dengan ditekan. Sel-sel kulit mati akan terkelupas dan tergantikan dengan sel-sel baru. Kejadian ini perlu dilakukan secara berulang sampai akhirnya sl-sel keloid habis dan digantikan dengan sel-sel baru yang normal.

Perlu diketahui cara-cara alami diatas menekankan penyembuhan secara normal dengan mengandalkan pertumbuhan sel kulit. Karena itu menyembuhkan keloid yang baru lebih mudah dibanding keloid yang sudah lama.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close