Ayo..!! Siapa yang Memiliki Ingatan Lebih Kuat, Pria atau Wanita? | Dunia Informasi Kesehatan Ayo..!! Siapa yang Memiliki Ingatan Lebih Kuat, Pria atau Wanita?


Ayo..!! Siapa yang Memiliki Ingatan Lebih Kuat, Pria atau Wanita?
Duniainformasikesehatan.com - Pria terkenal dengan reputasi sebagai makhluk yang mudah lupa. Lupa akan tanggal ulang tahun orang terkasih, tanggal pernikahan, atau peristiwa penting lainnya. Di sisi lain, wanita memiliki ingatan yang lebih baik, lebih akurat, dan lebih spesifik. Jadi, apakah bisa disimpulkan bahwa wanita lebih mudah mengingat daripada pria?

Sebuah penelitian yang dilansir dari medicaldaily.com menunjukkan bahwa ada penjelasan ilmiah tentang hal ini.

"Temuan kami menggarisbawahi bahwa susunan hormon wanita terutama yang berkaitan dengan produksi hormon estradiol ovarium membuat wanita memiliki memori yang lebih kuat dan tajam dibandingkan pria," terang Dr. JoAnn Pinkerton, peneliti dari The North American Menopause Society (NAMS). "Kami menemukan bahwa wanita berusia paruh baya memiliki memori yang lebih unggul dibandingkan dengan pria di usia yang sama."

"Meski memiliki memori yang lebih kuat, penurunan kualitas mengingat juga bisa terjadi pada wanita yang memasuki masa pra menopause dan selama menopause. Hal ini terjadi karena saat menopause, produksi hormon estrogen lebih rendah. Penurunan ini berpengaruh langsung pada neutrotansmitter otak yang berfungsi untuk mengatur suasana hati, fungsi kognitif seperti berpikir dan mengingat, serta mengelola stres. Periode ini dikenal dengan istilah brain fog."

"Jika tidak ditangani segera, brain fog akan berujung dengan masalah memori yang lebih serius seperti demensia atau Alzheimer di kemudian hari," pungkasnya.

Sumber : Merdeka

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close