7 Cara Atasi Mata Kuning yang Aman dan Efektif | Dunia Informasi Kesehatan 7 Cara Atasi Mata Kuning yang Aman dan Efektif


7 Cara Atasi Mata Kuning yang Aman dan Efektif
Duniainformasikesehatan.com - Mata kuning atau bola mata yang berwana kuning memang kerap menjadi salah satu indikasi bahwa organ internal pada tubuh seseorang tengah tidak sehat dan mengalami gangguan. Salah satunya yang paling berhubungan adalah organ tubuh seperti hati. Saat hati mengalami gangguan kesehatan, maka salah satu dampaknya memang akan membuat bola mata berwarna kuning.

Akan tetapi selain karena faktor tersebut, keluhan mata kuning pun sebenarnya dapat terjadi karena faktor lain. Beberapa di antaranya seperti karena kurang tidur/istirahat, stres berlebihan, iritasi karena debu dan asap, terlalu sering berada di depan komputer, dll. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi mata kuning yang aman dan efektif.

Menggunakan Daun Sirih
Untuk mengatasi mata kuning dengan daun sirih dapat dilakukan dengan cara merebus daun sirih dengan air hingga mendidih. Seelah mendidih dan airnya sedikit berkurang lalu dinginkan terlebih dahulu, setelah dingin maka gunakan air rebusan tersebut sebagai tetes mata atau untuk merendam mata. Lakukan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga : 4 Aroma Relaksasi yang Dapat Meningkatkan Mood

Menggunakan Kentang dan Mentimun
Kentang dan mentimun juga diketahui dapat mengatasi keluhan seperti mata kuning. Caranya yakni menghaluskan kentang dan mentimun secara bersamaan dengan blender. Setelah itu, gunakan kapas untuk dicelupkan pada jus tersebut lalu di kompreskan pada mata dan diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dan bersihkan mata dengan air bersih.

Menggunakan Es Batu dan Mentimun
Salah satu cara untuk mengatasi mata kuning yang dapat di coba adalah menggunakan es batu dan juga air sari mentimun. Caranya yakni haluskan terlebih dahulu mentimmun dan peras serta saring untuk mendapatkan air sarinya. Setelah itu, masukan bongkahan es batu pada sebuah handuk kecil yang lembut dan celupkan pada air sari mentimun lalu kompreskan pada mata.

Menggunakan Minyak Lavender
Selain bahan alami di atas, minyak lavender juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi keluhan seperti mata kuning yang disebabkan oleh iritasi. Caranya yakni dengan mencampurkan minyak lavender dengan air dingin, setelah itu masukan kapas hingga menyerap airnya dan kompreskan pada kedua mata Anda. Dengan cara ini, mata akan terasa rileks dan warnanya pun akan kembali cerah.

Menggunakan Daun Mint, Minyak Almond, dan Madu
Campuran ketiga bahan alami tersebut diyakini dapat membantu mengatasi mata kuning yang disebabkan oleh iritasi. Caranya yakni dengan menghaluskan terlebih dahulu daun mint kemudian campurkan dengan minyak almond dan madu. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut pada mata namun jangan sampai masuk ke dalam kelopak mata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit lalu bilas dan bersihkan menggunakan air dingin.

Menggunakan Susu
Satu lagi cara lain yang dapat digunakan untuk mengatasi mata kuning adalah dengan mengompres mata menggunakan susu. Namun untuk hasil terbaik, maka sebaiknya gunakan susu cair yang dingin. Celupkan kapas pada susu cair tersebut lalu peras sedikit dan kompreskan pada mata. Diamkan selama beberapa saat hingga mata rileks, kemudian bilas dan bersihkan dengan air dingin.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Alami

Mengkonsumsi Wortel
Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa sayuran seprti wortel adalah salah satu jenis sayuran yang paling baik untuk kesehatan mata. Wortel memiliki kandungan vitamin A dan juga vitamin C yang tinggi sehingga dapat menyehatkan mata. Maka dari itulah dengan mengkonsumsi wortel secara rutin dan teratur, warna bola mata pun akan kembali putih bersih dan juga cerah.

Jika keluhan mata kuning yang di alami adalah karena penyakit dalam, maka sudah tentu harus ditangani secara intensif karena memiliki banyak keterkaitan dengan penyakit dalam. Tentunya janganlah diatasi dengan cara yang sembarangan agar tidak bertambah parah. Semoga informasi kesehatan mata di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu dan bermanfaat.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close