5 Bakteri yang Bermanfaat bagi Tubuh | Dunia Informasi Kesehatan 5 Bakteri yang Bermanfaat bagi Tubuh


5 Bakteri yang Bermanfaat bagi Tubuh
Ilustrasi bakteri © Shutterstock
Duniainformasikesehatan.com - Bakteri dikenal sebagai mikroorganisme atau makhluk kecil bersel satu yang mengganggu kesehatan tubuh dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Padahal, keberadaan bakteri tidak hanya yang bersifat negatif, yang kita ketahui selama ini bahwa bakteri merupakan penyebab daya tahan tubuh menurun dan terserang penyakit, melainkan juga yang bersifat positif.

Bakteri yang memiliki sifat dan menguntungkan bagi kesehatan dan tubuh disebut dengan Probiotik, Probiotik ini secara alami berada pada sistem pencernaan. Sedangkan bakteri yang berfungsi sebagai suplemen untuk perkembangan Probiotik agar dapat bermanfaat bagi manusia disebut dengan Prebiotik. 

Prebiotik dapat ditemukan pada makanan-makanan bergizi seperti pada buah-buahan, asparagus, brokoli, gandum, bawang-bawang, serta produk susu yang mengandung FOS (Frukto Oligosakarida) dan GOS (Galakto Oligosakarida).

Bakteri yang menguntungkan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh banyak dibudidayakan untuk keperluan manusia dan diperjualbelikan. Karena sifatnya positif dan menguntungkan bagi kesehatan tubuh, beberapa jenis bakteri pun memiliki andil besar dalam penghasil vitamin, antibiotik, bisosida, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui apa saja nama dan fungsi bakteri menguntungkan yang bermanfaat bagi tubuh, yuk simak uraian berikut ini!

Acidophilus Bifidus

Bakteri ini merupakan jenis bakteri menguntungkan yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, Acidophilus Bifidus dapat berfungsi untuk mencegah tumbuhnya jamur penyebab gangguan kesehatan di dalam tubuh manusia.

Tobacillus Acidophilus

Bakteri yang disebut bakteri laktat ini merupakan bakteri asam yang dapat ditemukan pada produk yoghurt, sour cream, frozen yoghurt (froyo) dan buttermilk. Bakteri tobacillus acidophilus berguna untuk mengubah karbohidrat dan glukosa menjadi asam laktat.

Bacillus Coagulans

Bakteri probiotik ini dapat ditemukan pada suplemen makanan yang dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki gangguan dan masalah kesehatan karena bakteri ini bermanfaat dalam pengobatan masalah sistem pencernaan manusia seperti sindrom iritasi usus, diare, dan inflamasi usus.

Streptomyces

Bakteri ini merupakan salah satu bakteri yang memiliki andil dalam pembuatan antibiotik. Antibiotik merupakan zat yang terdapat pada obat-obatan yang berfungsi untuk menghambat dan mencegah munculnya biotik-biotik berbahaya di dalam tubuh yang menyebabkan gangguan kesehatan dan munculnya penyakit.

Baca juga : Ini Bahaya Konsumsi Sisa Air Minum Dalam Kemasan Setelah 24 Jam

E-Coli

Bakteri yang notabene terdapat pada sistem pencernaan yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan dalam tubuh. Selain itu, bakteri E-Coli juga dapat memproduksi vitamin K dan vitamin B kompleks. Walau bakteri ini berbahaya dan menyebabkan gangguan pencernaan jika masuk ke dalam tubuh melalui air dan makanan belum matang yang kita konsumsi. Namun, bakteri ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan pencernaan dan kesehatan tubuh mengingat kesehatan pencernaan akan berpengaruh pada kesehatan tubuh lainnya. (*)

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close