Sakit Kepala? Hati-Hati, Kemungkinan Ponsel Andalah Penyebabnya! | Dunia Informasi Kesehatan Sakit Kepala? Hati-Hati, Kemungkinan Ponsel Andalah Penyebabnya!


Sakit Kepala? Hati-Hati, Kemungkinan Ponsel Andalah Penyebabnya!
Duniainformasikesehatan.com - Di zaman yang serba canggih ini hampir setiap orang memiliki ponsel, fungsinya untuk menghubungi orang tercinta, teman ataupun hanya sekedar untuk mendengar musik dan bermain games.

Namun ternyata, penggunaan ponsel secara konstan juga tidak baik bagi kesehatan karena radiasi dan radiofrekuensinya bisa menimbulkan keluhan pada kepala anda.

Ada beberapa keluhan yang bisa timbul karenanya, yaitu sakit kepala dan gangguan tidur. Ya, terdapat penelitian yang menyimpulkan adanya hubungan antara penggunaan ponsel dan sakit kepala.

Bagaimana mekanismenya? Mari kita simak penjelasannya dibawah ini :

Radiofrekuensi dan Sakit Kepala

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa radiasi dari ponsel dapat menyebabkan sakit kepala. Penelitian yang dilakukan di Swedia dan Amerika Serikat ini menemukan bahwa pasien mengalami sakit kepala yang lebih sering setelah terpapar gelombang radiofrekuensi. Padahal, sebelumnya mereka tidak merasakan keluhan sakit kepala.

Dampak buruk lainnya dari radiasi ponsel adalah gangguan tidur. Orang yang menggunakan ponsel sebelum tidur, diketahui memerlukan waktu yang lebih lama untuk masuk ke dalam fase tidur yang lebih dalam. Nah, apabila tidur kurang nyenyak, sakit kepala juga bisa menyerang.

Menurunkan Radiasi dari Ponsel

Bagi Anda yang pekerjaan sehari-harinya harus berhubungan dengan ponsel, tentu hal ini cukup mengkhawatirkan. Namun, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan radiasi dari ponsel:
  • Pasanglah headset atau speakerphone saat menelepon. Kurangi menggunakan ponsel secara langsung.
  • Matikan ponsel di malam hari, terutama saat hendak tidur.
  • Jangan menyimpan ponsel di kantong celana, khususnya jika sedang berada di rumah dan tidak menggunakan ponsel. 
Walaupun penelitian tersebut berskala kecil dan efek radiasi ponsel masih memerlukan riset lanjutan, hasil dari penelitian tetap patut diperhatikan. Bersikaplah bijaksana dan berhati-hati dalam menggunakan ponsel. Tidak mau, ‘kan, jika kesehatan Anda terganggu hanya gara-gara ponsel?

Sumber : https://www.klikdokter.com/rubrikspesialis/anti-nyeri/sakit-kepala/sakit-kepala-mungkin-ponsel-anda-penyebabnya

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close