Jangan Simpan Buah Semangka di Dalam Kulkas | Dunia Informasi Kesehatan Jangan Simpan Buah Semangka di Dalam Kulkas


Jangan Simpan Buah Semangka di Dalam Kulkas
Duniainformasikesehatan.com - Buah semangka merupakan icon buah iklim tropis yang menggugah selera orang untuk menyantapnya. Semangka ini terkenal dengan bentuknya yang lonjong dan isi dagingnya merah dan kandungan airnya yang tinggi membuat kita yang menikmatinya seperti minum jus.

Biasanya, buah ini ditaruh kedalam kulkas agar menjadi dingin dan lebih enak untuk dimakan.

Namun tahukah Anda bahwa semangka sebaiknya jangan disimpan di kulkas?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Agrikultur Amerika Serikat memberikan anjuran untuk tidak menyimpan buah semangka di dalam kulkas.

Pemerintah menganjurkan bahwa semangka harus tetap disimpan di dalam suhu ruangan, karena suhu yang dingin akan mengurangi kandungan gizi pada semangka.

Ketika dingin, semangka akan mempunyai kandungan vitamin dan nutrisi lain yang lebih sedikit dibandingkan dengan semangka yang disimpan pada suhu ruangan. Pasalnya, suhu ruangan membuat semangka akan terus memproduksi vitamin dan nutrisi lainnya setelah dipetik. Dan ketika disimpan di dalam kulkas, maka produksi vitamin dan nutrisi lain pada semangka tersebut akan berjalan lebih lambat.

Penelitian tersebut melakukan uji coba pada beberapa buah semangka dengan menyimpan buah tersebut dalam suhu 21°c, 12°c, dan 5°c. Setelah 14 hari, semangka yang disimpan di dalam suhu 21°c mempunyai kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan semangka yang disimpan dalam suhu 5°c. Apabila dibandingkan dengan buah semangka yang baru dipetik, semangka yang disimpan dalam suhu 21°c selama 14 hari mempunyai kandungan lycopene 40% dan beta-carotene 139% lebih tinggi.

Anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah semangka ketika musim panas untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik, karena semangka mengandung lebih dari 90% air.

Tingginya kandungan air di dalam semangka membuat buah ini sangat bermanfaat apabila Anda ingin menurunkan berat badan. Semangka sangat kaya akan vitamin A dan C, beta-carotene, lycopene, zat besi, zink, kalium, dan zat gizi lainnya.

Oleh karena itu, buah semangka merupakan makanan yang sangat dianjurkan ketika Anda sedang dalam proses diet. Pasalnya, semangka dapat membantu menurunkan berat badan dan membuat tubuh kita tetap fit, karena semangka mengandung berbagai vitamin dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Zat besi di dalam semangka berperan dalam meningkatkan energi tubuh, menjaga stamina dan membuat kita lebih aktif. Zat besi juga mempunyai peranan penting di dalam pertumbuhan fisik, khususnya pada anak-anak dan remaja. Kurangnya zat besi di dalam tubuh akan menyebabkan penyakit anemia.

Di samping itu, semangka juga kaya akan lycopene yang merupakan antioksidan penting bagi tubuh untuk melawan radikal bebas dan mencegah kanker.

Jadi, sebaiknya hindari untuk menyimpan buah semangka di dalam kulkas apabila Anda menginginkan segudang manfaat buah semangka.

Sumber : https://www.klikdokter.com/healthnewstopics/health-topics/jangan-simpan-buah-semangka-di-dalam-kulkas

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close