Hindari 6 Makanan dan Minuman Ini, Karena Dapat Membuat Gigi Anda Kuning | Dunia Informasi Kesehatan Hindari 6 Makanan dan Minuman Ini, Karena Dapat Membuat Gigi Anda Kuning


Hindari 6 Makanan dan Minuman Ini, Karena Dapat Membuat Gigi Anda Kuning
Duniainformasikesehatan.com - Senyum cerah dan gigi putih tentu penting untuk meningkatkan rasa percaya diri. Namun, usia yang bertambah akan membuat gigi kita bertambah kusam. Selain itu, pola makan yang buruk juga dapat memudarkan warna putih mutiara dan membuat gigi menguning.

Sejalan usia, enamel permukaan mulai retak dan mengikis dentin, membuat zat-zat makanan, termasuk warna makanan, terserap ke arahnya. Inilah yang menyebabkan noda menempel menjadi plak dan tartar pada gigi dan akhirnya membuat penampilan gigi menjadi kuning, menurut American Dental Association and Crest.

Baca juga : 8 Obat Sakit Gigi Berlubang Alami

Anda mungkin akan terkejut makanan apa saja yang bisa membawa malapetaka pada kesehatan gigi Anda. Identifikasi dan hindari mengonsumsi makanan penyebab gigi menguning ini.

1. Teh hitam

Jenis teh mengandung banyak tanin bisa menodai gigi Anda lebih cepat daripada jika Anda mengonsumsi teh hijau.

Jika Anda masih ingin mengonsumsi teh, Anda dapat mengganti teh hitam dengan teh hijau atau teh putih untuk mengurangi efek tanin.

2. Minuman manis dan soda

Banyak merek soda, minuman manis dan minuman olahraga mengandung asam sitrat, gula asam, dan asam fosfat, yang akan mengikis enamel dalam jangka panjang, terutama jika Anda meminumnya tanpa menyikat gigi atau berkumur sesudahnya. Minuman-minuman itu sering mengandung pewarna karamel yang dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi.

3. Penambah rasa

Kecap, cuka dan saus juga bisa membuat warna gigi berubah. Jika Anda menggunakannya terlalu banyak dalam memasak, jangan heran jika Anda menemukan gigi Anda jadi lebih menguning, meski Anda tidak merokok atau minum kopi dan soda.

4. Berbagai rempah-rempah

Beberapa rempah-rempah seperti kunyit, cabai atau rempah kari rempah-rempah bisa menghitamkan gigi Anda, karena mereka mudah melekat pada enamel. Inilah sebabnya, mengapa sebaiknya Anda menyikat gigi segera setelah memakannya.

5. Jus buah

Meski dalam banyak hal, jus lebih baik dari kopi, tapi dalam hal mengubah warna gigi - mereka memiliki efek yang sama. Jus mengandung kualitas asam yang dapat mengikis enamel Anda. Tapi, ini berlaku untuk jus dalam kemasan, bukan jus segar buatan sendiri.

6. Wine

Wine merah dan putih mengandung tanin dan polifenol, yang berkontribusi terhadap perubahan warna gigi menjadi lebih kusam. Selain itu, anggur putih memiliki sifat asam yang dapat mengikis enamel Anda jika Anda meminumnya terlalu sering.

Sumber : Medical Daily

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close