Rambut Kering? Begini Cara Perawatannya Agar Sehat Kembali | Dunia Informasi Kesehatan Rambut Kering? Begini Cara Perawatannya Agar Sehat Kembali


Rambut Kering? Begini Cara Perawatannya Agar Sehat Kembali
Duniainformasikesehatan.com - Rambut kering terlihat mengerikan karena mudah kusut dan susah diatur. Terkena angin sedikit saja jadi berantakan seperti nggak pernah disisir. Bahaya kan kalau kita di tempat kerja yang meminta kita untuk tampil selalu rapi.

Apalagi rambut kering menyebabkan masalah lanjutan seperti ujung rambut yang pecah-pecah, rontok dan rambut merah. Namun selalu ada solusi dibalik semua masalah. Dan sebelum kita lompat ke solusi mari kenali penyebab rambut kering tersebut.

Baca juga : 5 Tips Mudah Merawat Rambut yang Tipis

Penyebab pertama adalah karena sinar matahari. Sinar matahari yang mengandung ultraviolet kadar tinggi merusak rambut, apalagi rambut yang minyaknya sedikit. Karena itu menggunakan minyak rambut yang dilengkapi dengan pelindung spf akan bisa mengurangi dampak matahari pada kerusakan rambut.

Penggunaan hair dryer juga secara otomatis akan merusak rambut karena dengan memanaskan rambut maka kelembaban rambut akan hilang. Rambut kering inilah yang menjadi sangat tergantung dengan penambahan minyak rambut untuk menjaga kelembabannya.

Penggunaan pengeriting rambut juga sama berbahanya dengan hair dryer karena membakar rambut tepat di batangnya.

Rambut menjadi kering bisa juga disebabkan karena shampoo yang tidak cocok. Beberapa orang memiliki kulit kepala yang sensitif dan shampo bisa menganggu produksi minyak pada kulit kepala. Akibatnya rambut menjadi kering, rontok atau merah.

Bahan kimia yang terkandung pada gel, minyak rambut, pewangi rambut atau apapun bisa mengikat minyak rambut dan menguap hingga rambut menjadi kering. Jadi waspadalah jika rambut anda gatal-gatal, mungkin minyak rambut atau gel anda tidak cocok. Memilih minyak rambut yang sama dengan milik saudara adalah pendekatan yang baik karena biasanya karakternya mirip.

Cara merawat rambut kering menggunakan alpukat mungkin baru anda dengar sekarang ini namun buah alpukat memiliki kehebatan sendiri dalam hal menciptakan kelembaban pada kulit kepala. Caranya sangat mudah, cukup menggunakan sebutir buah alpukat matang, buang isi dan kulitnya lalu hancurkan dagingnya sampai halus.

Daging cincang inilah yang digunakan sebagai kompres kulit kepala selama 30-40 menit. Setelah itu dikeramasi seperti biasa. Kompres alpukat ini mampu meningkatkan kelembaban kulit kepala 60-80% selama seminggu.

Minyak zaitun juga memiliki efek yang sama dengan alpukat, namun karena berupa minyak maka minyak zaitun bisa langsung melumuri rambut secara merata. Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama basahi rambut dengan air dingin lalu ratakan minyak zaitun pada seluruh rambut lalu diamkan selama 30 menit. Stelah itu bilas dengan cara keramas menggunakan sampo. Rambut anda dijamin langsung lembab dan sehat.

Cuka apel bisa membantu kelembaban rambut jika ada gangguan produksi minyak oleh kulit kepala akibat kulit kepala yang kotor. Cuka apel yan gmengandung alpha histolic acid sangat effektif mengupas kotoran yang menempel pada kulit kelapa, termasuk kotoran debu dan asap kendaraan bermotor.

Baca juga : 5 Cara Membuat Rambut Tetap Lurus dan Berkilau

Resep terakhir melibatkan tiga sendok minyak zaitun, satu sendok madu asli dan 3 sendok air perasan lemon yang dicampur jadi satu sampai benar-benar merata. Kemudian oleskan pada kepala disertai pijitan-pijitan supaya campuran tadi meresap sekaligus mengupas kotoran. Jika sudah anda yakini merata, coba diamkan selama sejam penuh. Selanjutnya dikeramasi sampai bersih.

Cara-cara diatas sangat efektif menyembuhkan rambut kering dan bisa anda lakukan berkali-kali tanpa takut efek samping dan over dosis. Namun yang patut anda perhatikan adalah untuk menghentikan penyebabnya. Dengan menahan diri untuk tidak menyiksa rambut, mungkin anda tidak perlu menyiapkan berbagai terapi aneh-aneh untuk menangani kulit kepala yang kering. (*)

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close