8 Cara Efektif Meningkatkan Kemampuan Otak Anda | Dunia Informasi Kesehatan 8 Cara Efektif Meningkatkan Kemampuan Otak Anda


8 Cara Efektif Meningkatkan Kemampuan Otak Anda
Duniainformasikesehatan.com - Otak merupakan salah satu organ paling penting di tubuh manusia. Otak merupakan pusat dari segala macam aktivitas yang ada ditubuh anda, sehingga otak ini dianggap sangat penting.

Menurut data yang kami lansir dari WikipediaOtak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf di dalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Seringkali peran otak sebagai sebuah organ dalam tubuh terabaikan karena banyak hal yang kita tidak ketahui tentang otak. Jika Anda menginginkan otak yang bisa memberikan berbagai pemikiran tak terbatas, inilah 8 cara efektif untuk meningkatkan kemampuan otak seperti yang dirilis dari lifehack.com.

Pantau keseimbangan gula darah Anda

Bila gula darah terlalu tinggi, maka akan membahayakan bagian putih dalam otak. Bagian putih merupakan tempat neuron berinteraksi mengirimkan pesan satu sama lainnya. Jadi bila gula darah normal dan seimbang, maka bagian ini dapat bereaksi lebih cepat.

Makan asam lemak yang cukup

Asupan asam lemak yang cukup sangat dibutuhkan untuk otak yang sehat. Contoh makanan yang bisa Anda konsumsi adalah ikan cod, salmon, sarden atau tuna. Kekurangan asam lemak dalam otak dapat menyebabkan demensia, depresi hingga schizophrenia.

Kurangi kadar stres

Ketika Anda stres, maka hormon kortisol akan dilepaskan oleh tubuh. Bila terlalu banyak, hormon ini dapat membahayakan bagianhippocampus yang bertanggung jawab untuk menyimpan memori dan menyebabkan alzheimer.

Lakukan simulasi otak

Simulasi otak dapat Anda lakukan dengan cara melakukan permainan otak. Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan berpikir, mengingat, serta berbicara dengan orang lain.

Kurangi infeksi pada tubuh

Ketika tubuh terinfeksi akibat luka atau pembengkakan karena masuknya virus dan bakteri, maka sistem imun akan diaktifkan oleh Gut Associated Lymphoid Tissues (GALT). Terlalu lama menggunakan GALT akan menyebabkan neuron melemah dan mengurangi kemampuan berpikir. Untuk mengatasi ini, memakan sayur, buah-buahan dan kacang merupakan cara terbaik.

Meminum teh hijau

Meminum teh hijau akan meningkatkan kemampuan otak Anda karena mengandungcatechins yang bisa meningkatkan fokus dan perhatian selama bekerja.

Latihan fisik

Anda memang sering mendengar ini, tetapi salah satu kunci penting meningkatkan kemampuan otak adalah dengan cara melatih fisik Anda. Dengan latihan selama 20 menit setiap harinya dapat meningkatkan kecepatan proses informasi dan fungsi memori Anda.

Tidur yang nyenyak dan pulas

Banyak orang menganggap ketika tidur, maka otak juga ikut tidur. Kenyataannya adalah ketika Anda tidur, otak akan membersihkan dirinya dari racun yang ada. Bila kekurangan tidur, maka tidak semua racun akan keluar dan menyebabkan otak terganggu.

Ref : Liputan6 dan Wikipedia

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.