7 Makanan Penambah Berat Badan Anak | Dunia Informasi Kesehatan 7 Makanan Penambah Berat Badan Anak


7 Makanan Penambah Berat Badan Anak
Duniainformasikesehatan.com - Kita sebagai orang tua pasti sedih jika melihat anaknya kurus dan kurang bertenaga diakibatkan suka memilih makanan dan jarang mengkonsumsi makanan yang bergizi. Hampir setiap anak di Indonesia suka mengkonsumsi "fast food", sehingga wajar kalau kesehatan anda menjadi rawan terhadap berbagai macam penyakit.

Apalagi untuk anak anda yang malas makan, biasanya tubuhnya akan cenderung kurang dan kurang gizi. Maka dari itu kami akan berbagi sedikit tips apa saja makanan yang bisa menambah berat badan anak anda, tentu saja makanan tersebut disukai anak anda. Apa saja 7 makanan penambah berat badan anak tersebut? Simak selengkapnya dibawah ini :

1. Mentega, margarin, atau minyak zaitun

Saat menyiapkan makanan anak, berilah mentega, margarin, atau minyak zaitun pada makanannya. Hal ini akan membuat makanan memiliki kalori yang jauh lebih tinggi, dan tentu saja terasa lebih lezat. Mentega atau margarin juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat puding yang enak dan disukai anak.

2. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang banyak direkomendasikan untuk meningkatkan berat badan anak. Alpukat memang salah satu buah yang paling tinggi kalori, serta mengandung asam lemak tak jenuh, asam folat, dan magnesium yang berguna bagi kesehatan tubuh. Untuk Makanan Pendamping ASI (MPASI), alpukat dapat dicampur dengan ASI atau susu yang biasa diminum oleh anak.

3. Pisang

Pisang juga termasuk buah yang tinggi kalori dan umumnya disukai anak, karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut. Pisang dapat dimakan langsung, atau dapat juga dijadikan smoothies atau kolak pisang sebagai variasinya.

4. Produk susu sapi

Susu sapi dan produk susu sapi lainnya merupakan makanan yang baik untuk anak. Selain tinggi kalori, produk susu juga tinggi kalsium sehingga berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Produk susu sapi yang umumnya disukai anak, di antaranya keju, yoghurt, es krim, butter, krim kocok, dan sebagainya. Produk susu dapat dikonsumsi langsung atau dapat menjadi bahan dasar untuk membuat makanan lain. Pastikan bahwa anak tidak memiliki alergi susu sapi sebelum mengonsumsi makanan ini.

5. Kacang-kacangan dan selai kacang

Kacang-kacangan dan selai kacang dapat diberikan untuk meningkatkan berat badan anak. Kacang tanah atau kacang merah dapat dicampurkan ke dalam sup anak, sementara itu selai kacang dapat dioleskan di atas roti. Makanan ini tinggi kalori, serta sarat protein dan vitamin B.

6. Camilan yang mengandung karbohidrat yang tinggi

Berikan camilan yang tinggi karbohidrat untuk membantu meningkatkan berat badan anak. Camilan tersebut bisa berupa kentang goreng atau panggang, mi atau bihun, jagung rebus, dan biskuit bayi. Buatlah suasana makan yang menyenangkan agar anak makan dengan penuh semangat.
Baca juga : Cara Mengatasi Obesitas pada Anak yang Mulai Beranjak Dewasa

7. Telur dan daging

Bila tidak ada tanda alergi, telur dan daging dapat dikonsumsi sejak anak berusia enam bulan. Telur baik untuk dikonsumsi karena selain tinggi kalori, telur juga mengandung protein dan omega-3 yang berguna bagi perkembangan otak. Daging juga tinggi kalori, tinggi protein, dan mengandung vitamin B12 serta besi untuk mencegah anemia.

Itulah 7 makanan penambah berat badan anda, dan ke tujuh makanan tersebut tidak susah untuk ditemukan disekitar anda. Jadi tidak ada alasan anda bingung lagi untuk menaikkan berat badan anda. Semoga bermanfaat ya..!!

Ref : https://www.klikdokter.com/rubrikspesialis/gizi-balita/nutrisi-untuk-balita/tujuh-makanan-penambah-berat-badan-anak

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close