Waspadai Ancaman Bahaya Teknologi pada Kesehatan Fisik dan Psikis! | Dunia Informasi Kesehatan Waspadai Ancaman Bahaya Teknologi pada Kesehatan Fisik dan Psikis!


Duniainformasikesehatan.com - Di era modern seperti sekarang ini mungkin tidak banyak kalangan yang peduli dan mengetahui beragam bahaya teknologi untuk kesehatan. Pesatnya perkembangan teknologi yang ada saat ini di Indonesia memang membuat banyak hal lebih mudah dilakukan. Dengan kondisi tersebut maka tak heran jika banyak kalangan yang terlena dengan teknologi modern saat ini.

Tidak hanya perangkat sepeti komputer atau laptop saja, namun kini dengan pesatnya perkembangan teknologi maka semakin banyak gadget yang bermunculan. Beberapa diantaranya yang kini banyak digunakan adalah smartphone dan tablet. Dimana gadget tersebut mungkin saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok lain bagi hampir seluruh individu.
Waspadai Ancaman Bahaya Teknologi untuk Kesehatan Fisik dan Psikis!
Ilustasi Kecanduan Smartphone yang Tidak Mengenal Waktu © Shutterstock
Namun tahukah Anda? Bahwa kondisi tersebut justru hanya menghadirkan kebiasaan buruk yang salah satunya adalah kecanduan gadget. Kebiasaan tersebut membuat seseorang ketergantungan pada gadget yang digunakan hingga tidak dapat lepas walau hanya sebentar. Dan kondisi tersebut jelas akan mengganggu kesehatan tubuh bahkan hingga pada psikis seseorang.

Bahaya Teknologi untuk Kesehatan yang Kerap Diabaikan

Akan tetapi seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa sayangnya tidak banyak kalangan individu yang menyadari dan perduli terhadap hal tersebut. Padahal saat terlalu lama memainkan gadget, maka akan berdampak pada kesehatan tubuh Anda. Ingin tahu lengkapnya? Inilah beberapa bahaya teknologi untuk kesehatan yang dapat kita ketahui bersama.

1. Membuat Penglihatan Memburuk

Ya, salah satu risiko yang sudah pasti akan dialami jika terus-menerus menatap layar gadget adalah memburuknya penglihatan pada mata. Hal tersebut tentu saja karena mata akan lelah dan tegang hingga menyebabkan gangguan buruk pada indera penglihatan tersebut. Maka dari itulah, hendaknya mengistirahatkan mata dan jagalah jarak mata dengan layar gadget yang digunakan.

Baca juga : Ini Bahayanya Jika Kelamaan Nonton TV!

2. Kecanduan Gawai

Selain penglihatan memburuk, terlalu sering menggunakan gadget juga akan membuat seseorang menjadi kecanduan dan ketergantungan. Stimulasi yang diberikan gadget memang diketahui dapat memprovokasi kegembiraan dan membuat dunia sendiri hingga menjadi ketergantungan. Sehingga saat sedang santai, maka seseorang pun akan langsung memainkan gadget mereka.

3. Kurang Gerak

Selain dua poin di atas tadi, kelamaan menggunakan gadget juga akan membuat seseorang menjadi pasif dan kerap berdiam diri. Jika dari sisi medis, jelas hal tersebut bukanlah merupakan hal yang baik untuk kesehatan tubuh. Saat seseorang kurang menggerakan badannya, maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit karena imunitas akan menurun.

4. Demensia Elektronik

Salah satu kebiasaan buruk lain yang akan dirasakan saat selalu mengandalkan teknologi adalah menurunnya daya ingat seseorang. Salah satu contohnya yakni penggunaan GPS, memang terhitung lebih mudah namun fitur tersebut hanya akan membuat seseorang malas mengingat rute jalan. Dengan begitu, memori otak pun akan sangat jarang terlatih untuk mengingat banyak hal.

5. Pegal dan Nyeri Leher

Saat sudah berada di depan gadget, maka seseorang akan menghabiskan waktu rata-rata hingga berjam-jam dengan kondisi membungkuk untuk melihat layar gadget. Tanpa disadari, kondisi tersebut justru hanya akan menimbulkan keluhan tersendiri seperti pegal dan nyeri leher. Selain pegal dan nyeri, juga akan menyebabkan tegang pada otot leher.

Baca juga : Duduk Terlalu Lama Dapat Menyebabkan Kematian!
Beberapa poin di atas tadi adalah bahaya teknologi untuk kesehatan yang kerap diabaikan oleh banyak kalangan pengguna gadget. Karena saat sudah memainkan gadget, seseorang tersebut akan lupa banyak hal dan cenderung tidak memperdulikan keadaan di lingkungan sekitar. Termasuk kondisi tubuh mereka sendiri. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close