Inilah 6 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Usai Berolahraga | Dunia Informasi Kesehatan Inilah 6 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Usai Berolahraga


Duniainformasikesehatan.com - Hingga saat ini mungkin tak banyak kalangan yang sudah mengetahui ragam makanan yang baik dikonsumsi usai berolahraga. Kendati seperti hal yang sepele, namun nyatanya hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya saat berolahraga, seseorang akan membutuhkan energi lebih banyak dibandingkan dengan melakukan aktivitas seperti biasanya.

Maka dari itulah disaat usai berolahraga, sebaiknya tubuh mendapatkan kembai nutrisi yang tepat dan seimbang untuk menggantikan energi yang telah dikuras saat berolahraga. Berolahraga memang merupakan aktivitas yang sangat dianjurkan oleh setiap ahli kesehatan. Tujuan utamanya yakni untuk membuat tubuh tetap fit dan segar.

Inilah 6 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Usai Berolahraga
Makanan yang Baik Dikonsumsi Usai Berolahraga © Shutterstock

Namun jika tidak dilakukan dengan benar, maka aktivitas tersebut justru akan menjadi bumerang yang menghadirkan penyakit bagi tubuh. Salah satu contohnya yakni saat asupan makanan tidak diperhatikan usai berolahraga. Terlebih jika jenis olahraga yang dilakukan masuk pada kategori olahraga berat, maka sudah tentu energi yang dibutuhkan pun akan terhitung jauh lebih besar.

Makanan yang Baik Dikonsumsi Usai Berolahraga

Pada dasarnya, makanan yang paling baik dikonsumsi usai berolahraga adalah jenis makanan yang meengandung banyak mineral, karbohidrat, dan protein. Nutrisi tersebut diketahui cukup cepat memulihkan energi yang terbuang saat berolahraga. Bagi Anda yang penasaran, maka inilah beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi usai berolahraga.

1. Air Mineral

Ya, mineral adalah nutrisi yang paling dibutuhkan usai berolahraga. Selain dapat menghilangkan dahaga, air mineral juga sangat dibutuhkan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang usai berolahraga. Dengan mengkonsumsi air mineral yang cukup, maka cairan di tubuh pun akan terganti dan tubuh tidak akan mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan.

2. Pisang

Buah-buahan yang satu ini memang dikenal memiliki kadar kalium dan karbohidrat yang cukup tinggi. Untuk itulah mengapa pisang sangat baik dikonsumsi setelah melakukan aktivitas seperti olahraga. Kandungan karbohidrat yang terkandung di dalam pisang juga dapat membantu mengembalikan glikogen dan dapat membangun masa otot.
Baca Juga : Tidur Menghadap Kekiri Setiap Malam, Apakah yang Akan Terjadi?

3. Telur

Telur rebus adalah makanan yang lain yang juga baik dikonsumsi usai berolahraga. Pasalnya telur diketahui memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan juga memiliki kandungan vitamin D. Dengan mengkonsumsi telur rebus ini, maka sebagian kadar protein yang hilang saat berolahraga dapat terganti.

4. Sereal Gandum dan Susu

Salah satu makanan lain yang juga baik dikonsumsi usai berolahraga adalah sereal gandum yang dicampur dengan susu. Kedua jenis makanan tersebut diketahui sangat kaya akan protein dan karbohidrat yang sangat dibutuhkan tubuh usai berolahraga. Namun sebaiknya sereal yang dipilih adalah sereal utuh dan susu yang rendah lemak agar menjadi makanan yang lebih sehat.

5. Jus Jeruk

Buah jeruk diketahui memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, juga diketahui memiliki kadar kalium yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi jus jeruk tentunya sangat baik saat usai berolahraga. Karena dengan mengkonsumsi jus jeruk maka tubuh akan mendapatkan nutrisi yang seimbang dan memperoleh cairan pengganti untuk tubuh.
Baca Juga : 6 Cara Mengobati Gigi Berlubang Dengan Metode Perawatan Alami

6. Nasi Beras Merah, Sayuran, dan Ikan Tuna

Ketiga jenis makanan ini diketahui merupakan makanan yang paling baik untuk mengganti energi pasca berolahraga. Hal tersebut diketahui karena nasi beras merah memiliki kandungan serat dan karbohidrat yang sangati tinggi dan sayuran memiliki beragam vitamin, mineral, hingga kandungan antioksidan. Sedangkan ikan tuna sendiri memiliki kadar protein yang sangat tinggi namun rendah lemak.

Tentunya masih banyak jenis buah-buahan atau makanan lain yang dapat dikonsumsi usai berolahraga. Namun memang sebaiknya jenis makanan yang baik dikonsumsi usai berolahraga adalah jenis makanan yang dapat mengganti energi yang dikeluarkan saat berolahraga. Karena saat energi tersebut tidak terganti, maka tidak menutup kemungkinan tubuh akan menjadi lemas dan daya tahan tubuh pun menurun.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.