6 Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami | Dunia Informasi Kesehatan 6 Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami


Duniainformasikesehatan.com - Apakah Anda salah seorang yang kini tengah bingung mencari cara mengobati gusi bengkak? Sebenarnya tidak perlu bingung, karena dewasa ini cara mengatasi gusi bengkak sudah tersedia dalam berbagai macam metode atau cara. Tentu saja mengatasi kondisi tersebut hendaknya tidak dilakukan sembarang atau asal-asalan.

Terlebih jika mengingat bahwa pada gusi pun terdapat cukup banyak syaraf yang memiliki tingkat sensitifitas cukup tinggi. Oleh sebab itulah mengapa cara mengatasi gusi bengkak tersebut sebaiknya dilakukan secara hati-hati. Kondisi gusi yang bengkak juga diketahui disebabkan oleh beberapa faktor.

6 Cara Mengobati Gusi Bengkak yang Cepat Menggunakan Bahan Alami
Ilustasi Gusi Bengkak dan Sakit © Shutterstock

Beberapa penyebab umum yang paling mudah membuat gusi menjadi bengkak adalah kekurangan vitamin C, kurangnya menjaga kebersihan mulut, hingga karena faktor pemasangan kawat gigi. Ada juga faktor penyebab lain seperti karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat hingga karena faktor kehamilan.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Obat Alami

Sebelum menggunakan beragam jenis obat-obatan medis, sebenarnya mengatasi gusi bengkak ini juga dapat diobati dengan beberapa jenis bahan alami. Bahkan penggunaan bahan alami ini sudah terkenal ampuh dalam mengatasi penyakit gigi dan gusi. Penasaran dengan obat alami ini? Berikut ini adalah beberapa cara mengobati gusi bengkak dengan bahan-bahan alami.

1. Air Jeruk Nipis

Untuk mengatasi gusi bengkak maka dapat mencoba menggunakan air sari jeruk nipis. Caranya yakni dengan menyiapkan sebuah jeruk nipis kemudian belah dan peras, saring hingga bisa mendapatkan air sarinya. Setelah itu, campurkan air sari jeruk nipis tersebut dengan segelas air hangat dan gunakanlah untuk berkumur. Sebaiknya gunakan cara ini pada malam hari saat akan pergi tidur dan pada pagi hari saat baru bangun tidur.
Baca juga : Diet Jeruk Nipis, Alternatif Diet Sehat Alami

2. Air Garam

Larutan air garam ini tentunya sudah dikenal sebagai salah satu obat alami dalam mengatasi gusi bengkak. Cara pengobatannya pun sangatlah mudah, Anda tinggal mencampurkan 1 sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat. Setelah itu gunakan untuk berkumur minimal hingga 3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Madu Alami Asli

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada madu ternyata diketahui dapat membantu mengatasi gusi yang bengkak. Namun sebaiknya madu yang digunakan untuk pengobatan adalah madu alami asli yang belum dicampur dengan bahan lain. Anda cukup mengoleskan madu pada bagian gusi yang bengkak, dan lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.
Baca juga : 7 Manfaat Madu yang Menakjubkan!

4. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh asli juga dikenal memiliki banyak manfaat, dan ternyata salah satunya dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak. Cara mengobatinya adalah dengan mengoleskan langsung minyak cengkeh yang asli pada bagian gusi yang bengkak. Biarkan selama beberapa saat agar menyerap, lalu berkumurlah. Lakukan cara ini minimal 2 kali dalam sehari.

5. Bawang Merah

Satu lagi bahan alami yang juga dapat membantu mengatasi gusi bengkak yakni menggunakan bawang merah. Cara pengobatannya yakni dengan menghaluskan bawang merah kemudian campurkan dengan sedikit garam. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut pada bagian gusi yang bengkak dan diamkan beberapa saat. Bersihkan dengan cara berkumur dengan air hangat.

6. Air Sari Lemon

Selain jeruk nipis, air sari jeruk lemon juga ternyata ampuh dalam mengobati gusi bengkak. Siapkan terlebih dahulu 1/2 buah jeruk lemon ukuran sedang, kemudian peras dan saring hingga mendapatkan air sarinya. Campurkan air sari lemon tersebut dengan 1/2 gelas air hangat, aduk terlebih dahulu kemudian gunakan untuk berkumur hingga 2 kali sehari.

Selain menggunakan cara alami di atas, tentu saja cara mengobati gusi bengkak juga dapat menggunakan beragam obat-obatan medis. Namun jika Anda berada di rumah, tentu saja pertolongan pertama yang paling mudah adalah menggunakan obat alami di atas tadi. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu dan bermanfaat.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.