6 Cara Mengobati Gigi Berlubang Dengan Metode Perawatan Alami | Dunia Informasi Kesehatan 6 Cara Mengobati Gigi Berlubang Dengan Metode Perawatan Alami


Duniainformasikesehatan.com - Cara mengobati gigi berlubang tentu saja tidak harus selalu menggunakan obat-obatan medis atau menambal gigi berlubang tersebut. Melainkan dapat juga menggunakan metode lain yang mungkin dapat dikatakan lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping negatif. Contohnya yakni dengan menggunakan metode alami.

Sakit gigi memang merupakan permasalahan yang sangat mengganggu, terutama saat gigi sudah berlubang karena terjadi kerusakan pada gigi. Sebenarnya kondisi gigi berlubang tidak dapat diobati, karena cara mengatasinya yakni dengan perawatan rutin, ditambal, atau bahkan dicabut. Namun bukan berarti tak ada cara untuk menyembuhkannya.

6 Cara Mengobati Gigi Berlubang Dengan Metode Perawatan Alami
Ilustrasi Perawatan Gigi Berlubang © Shutterstock

Karena perawatan tersebut tidak harus selalu dilakukan di berbagai ahli gigi atau dokter gigi saja, namun juga dapat dilakukan sendiri dirumah menggunakan beragam bahan alami. Pasalnya sakit gigi yang dirasakan akan sangat mengganggu dan menghambat aktivitas. Dan hingga saat ini tak sedikit kalangan yang merasa bingung ketika akan mengatasi permasalahan tersebut.

Cara Mengobati Gigi Berlubang Secara Alami

Sebenarnya tidak perlu bingung, karena perawatan untuk sakit gigi berlubang tidaklah sesulit yang dibayangkan. Terlebih jika menggunakan beragam bahan alami yang akan dengan mudah kita temukan di lingkungan sekitar kita. Bagaimana caranya? Inilah beberapa cara mengobati gigi berlubang yang mudah secara alami.

1. Menggunakan Belimbing Wuluh Muda

Untuk mengobati sakit gigi berlubang, maka siapkan terlebih dahulu belimbing wuluh muda sebanyak 1 atau 2 buah. Cuci bersih kemudian haluskan dengan cara ditumbuk. Setelah itu, tempelkan belimbing wuluh tersebut pada bagian gigi berlubang, diamkan selama kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan cara berkumur.

2. Menggunakan Bawang Putih

Siapkan terlebih dahulu 1 atau 2 siung bawang putih, kupas bawang tersebut kemudian cuci bersih dan haluskan dengan cara ditumbuk. Setelah halus, campurkan dengan seikit garam halus dan tempelkan pada bagian gigi yang berlubang dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. Bersihkan bawang putih tersebut dengan cara berkumur menggunakan air hangat.

3. Menggunakan Air Garam

Larutan air garam memang dikenal mujarab untuk mengatasi sakit gigi, tidak terkecuali pada sakit gigi berlubang. Larutkan 3 hingga 4 sendok makan garam kedalam 1 gelas air hangat. Setelah larut, gunakan air garam tersebut untuk berkumur selama kurang lebih 1 menit dan fokuskan pada bagian gigi berlubang. Lakukan cara tersebut hingga beberapa kali.

4. Menggunakan Merica atau Lada Halus

Siapkan terlebih dahulu lada halus, garam, dan air hangat secukupnya. Kemudian campurkan lada dengan sedikit garam dan air hangat hingga berubah menjadi seperti pasta. Setelah itu, oleskan pasta tersebut pada bagian gigi berlubang dan diamkan selama setengah jam. Kemudian berkumurlah dengan air hangat untuk membersihkannya.

5. Menggunakan Daun Jambu Biji

Selain dapat mengobati diare, ternyata daun jambu biji juga dapat digunakan untuk mengobati gigi berlubang. Siapkan 9 lembar daun jambu biji segar, cuci bersih kemudian haluskan dengan cara ditumbuk. Tempelkan pada bagian gigi berlubang dan biarkan selama 30 menit. Untuk membersihkannya, gunakanlah air hangat untuk berkumur.
Baca Juga : Obat sakit gigi paling ampuh dengan bawang putih

6. Menggunakan Bunga Matahari dan Jahe

Untuk membuat ramuan tradisional ini maka Anda harus menyiapkan terlebih dahulu 5 gram jahe, 50 gram bunga matahari, dan 600 cc air. Didihkan air lalu masukan jahe dan bunga matahari kemudian rebus hingga airnya surut setengahnya atau menjadi sekitar 300 cc. Saring air rebusan tersebut, lalu minumlah selagi hangat.

Demikian tadi adalah beberapa cara mengobati gigi berlubang selain dengan obat-obatan medis atau metode perawatan dokter gigi. Untuk menghindari sakit gigi maka hendaknya selalu memperhatikan kesehatan dan kebersihan mulut setiap harinya. Semoga informasi kesehatan gigi di atas dapat menjadi ulasan yang bermanfaat untuk Anda semua.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close