6 Cara Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan | Dunia Informasi Kesehatan 6 Cara Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan


Hampir setiap ibu hamil pada umumnya akan selalu mencari beragam cara mengecilkan perut pasca melahirkan. Tidak dapat dipungkiri memang bahwa penampilan usai melahirkan kerap membuat rasa percaya diri jadi hilang. Pasalnya bentuk tubuh ibu pasca melahirkan akan cenderung lebih besar atau gemuk dari sebelumnya.

Dan kondisi tersebut jelas merupakan kondisi yang paling tidak diinginkan oleh setiap wanita pada umumnya. Terlebih usai melahirkan, bagian tubuh seperti perut, paha, hingga lengan pun akan menjadi lebih besar. Maka dari itulah tidak sedikit ibu pasca melahirkan yang akan selalu mencari cara untuk mengecilkan bagian tubuh tersebut.

6 Cara Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan yang Lebih Sehat
Ilustasi Perut yang Membesar Saat Mengandung ©Shutterstock

Memang, pada dasarnya terdapat cukup banyak metode yang dapat dicoba untuk mengecilkan tubuh pasca melahirkan. Hanya saja dari setiap metode tersebut tentu akan memiliki kuntungan dan kerugian masing-masing. Mulai dari metode modern hingga metode alami dapat dicoba untuk mengecilkan perut pasca melahirkan.

Cara Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan

Akan tetapi, metode yang biasanya akan lebih banyak dianjurkan adalah metode alami yang lebih sehat dan tidak menimbulkan efek samping negatif bagi tubuh. Pasalnya setelah melahirkan, ibu masih memiliki kewajiban lain yakni menyusui sang buah hati. Sebagai referensi, inilah beberapa cara mengecilkan perut pasca melahirkan yang sehat dan alami.

1. Merubah Porsi Makan

Jika biasanya ibu makan dalam porsi besar/banyak namun hanya 2 atau 3 kali sehari, maka saat akan mengecilkan perut pasca melahirkan sebaiknya makan dalam jumlah atau porsi yang sedikit namun lebih sering. Cara ini diketahui lebih efektif mengecilkan perut karena asupan makanan yang masuk tidak langsung banyak yang berpotensi menimbun lemak.

2. Menggunakan Korset

Cara ini bertujuan agar kulit perut yang kendur karena masa kehamilan menjadi kencang kembali. Karena jika tidak menggunakan korset usai melahirkan, biasanya bagian perut akan menjadi semakin kendur. Untuk mengencangkannya, salah satunya yakni dengan menggunakan korset khusus untuk ibu usai melahirkan ini setiap hari.

3. Melatih Otot Perut

Untuk menghilangkan lemak pada bagian perut pasca melahirkan dapat juga dilakukan dengan cara olahraga ringan. Salah satunya yakni dengan melatih otot perut dengan gerakan seperti sit up. Ibu dapat berbaring pada matras kemudian menekuk kedua kaki dengan telapak menyentuh lantai. Posisikan lengan menyilang pada bagian dada, dan angkat kepala juga pundak. Tahan beberapa detik, dan ulangi cara tersebut hingga beberapa kali.

4. Menyusui

Banyak yang tidak menyadari bahwa sebenarnya dengan menyusui juga dapat membantu mengecilkan perut usai melahirkan. Pasalnya saat menyusui, sedikitnya ibu akan mengeluarkan kalori hingga 5000 kalori saat menyusui si kecil. Kendati demikian, perhatikan juga asupan makanan untuk menjaga nutrisi agar ASI tetap berkualitas.

5. Hindari Makanan Berlemak

Jika ingin mengecilkan perut pasca melahirkan maka sebaiknya konsumsilah makanan yang rendah lemak, terlebih lemak jenuh. Untuk mendapat asupan lemak, maka dapat menggantinya dengan jenis lemak baik atau lemak tak jenuh. Sehingga tidak akan memicu penimbunan lemak serta dapat menjaga kualitas ASI untuk si kecil.
Baca Juga : Pria Ini Minum Air Galon Selama 30 Hari dan Hasilnya Sunggu Mengejutkan!

6. Berolahraga

Jika tubuh dirasa sudah membaik dan sanggup melakukan berbagai aktivitas seperti dulu, maka ibu pun dapat mulai berolahraga untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut. Tidak perlu melakukan olahraga berat, ibu dapat mencoba senam yoga, aerobik, atau jalan pagi. Selain menghilangkan lemak, olahraga juga dapat mengencangkan kembali otot-otot yang kendur pasca melahirkan.

Cara mengecilkan perut pasca melahirkan di atas tadi merupakan cara yang mungkin dapat dikatakan lebih sehat. Namun jika ingin hasil yang optimal, cara di atas tadi sebaiknya dilakukan secara rutin dan teratur setiap harinya. Pasalnya cara ini bukanlah merupakan cara instan yang akan memberikan hasil yang cepat. Namun hasilnya dipastikan akan terus dirasakan atau permanen.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close