Ramuan Obat Herbal Flu dan Pilek untuk Pengobatan Alternatif | Dunia Informasi Kesehatan Ramuan Obat Herbal Flu dan Pilek untuk Pengobatan Alternatif


Duniainformasikesehatan.com - Ragam obat herbal flu dan pilek berikut ini tentu dapat dijadikan sebagai pengobatan alternatif selain menggunakan beragam obat-obatan medis. Disaat obat medis sudah dirasa kurang ampuh dalam mengatasi penyakit, maka ramuan herbal yang terbuat dari berbagai bahan alami dapat menjadi pilihan untuk pengobatan.

Influenza atau pilek diketahui merupakan penyakit yang mengganggu saluran pernapasan, pada umumnya penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus yang menular. Sebenarnya untuk mengatasi penyakit seperti flu dan pilek ini tidak harus selalu menggunakan obat-obatan medis. Pasalnya jika sudah kebiasaan, maka lama-kelamaan tubuh akan kebal terhadap obat-obatan tersebut.

Ramuan Obat Herbal Flu dan Pilek untuk Pengobatan Alternatif
Ilustrasi Terserang Penyakit Influenza dan Pilek © Shutterstock

Untuk itulah mengobati dengan cara alami sebenarnya merupakan salah satu cara yang paling tepat ketika mengatasi pilek dan influenza ini. Selain tidak akan membuat tubuh menjadi kebal, beragam obat atau ramuan herbal juga tidak memiliki senyawa kimia dan tidak akan menimbulkan bermacam-macam efek samping negatif bagi tubuh.

Cara Membuat Obat Herbal Flu dan Pilek

Hanya saja biasanya banyak kalangan cenderung menginginkan hal yang instan untuk mengatasi penyakit flu dan pilek tersebut. Contohnya seperti menggunakan beragam obat-obatan medis. Padahal menggunakan beragam bahan alami pun dikenal ampuh dalam mengatasi flu dan pilek. Dan berikut ini adalah beberapa ramuan obat herbal flu dan pilek yang dapat dicoba.

1. Ramuan Lempuyang, Biji Pepaya, dan Kulit Kina

Siapkan terlebih dahulu lempuyang wangi sebesar 1 jari, biji pepaya 30 butir, kulit kina sebesar 2 jari, 1 gelas air matang, 3 sendok makan madu, dan 2 sendok makan air jeruk nipis. Cuci bersih lempuyang wangi, biji pepaya, dan kulit kina hingga bersih, setelah itu haluskan dan campurkan dengan air, madu, dan air jeruk nipis, aduk rata. Peras dan minum air sarinya hingga 3 kali sehari masing-masing sebanyak ½ gelas.

2. Ramuan Daun Kaki Kuda

Untuk membuat ramuan herbal flu dan pilek ini maka siapkan terlebih dahulu daun kaki kuda sebanyak 1 genggam dan juga garam secukupnya. Cuci bersih terlebih dahulu daun kaki kuda lalu dihaluskan dengan cara ditumbuk. Peras dan saring kemudian ambil air sarinya, tambahkan sedikit garam lalu aduk hingga garam larut. Setelah itu minumlah ramuan tersebut.

3. Ramuan Jeruk Purut

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu 1 buah jeruk purut segar, bagi dua buah jeruk purut tadi lalu peras dan saring untuk mendapatkan air sarinya. Campurkan air sari jeruk purut tadi dengan air hangat sebanyak 60 cc dan aduk hingga merata. Setelah itu, minum langsung ramuan herbal tersebut selagi hangat untuk meredakan flu dan pilek.
Baca Juga : Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Terkena Penyakit Asam Urat!

4. Ramuan Daun Bawang Putih dan Jahe

Siapkan 2 batang daun bawang putih, 15 gram jahe, serta air bersih sebanyak 400 cc. Cuci bersih daun bawang putih dan jahe lalu potong kasang. Rebus semua bahan tersebut dengan air dan biarkan mendidih hingga airnya surut menjadi setengahnya. Saat dalam kondisi hangat, minum ramuan tersebut hingga 2 kali dalam sehari.

5. Ramuan Jahe, Bawang Merah, dan Bawang Putih

Siapkan bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih, dan jahe, masing-masing sebanyak 10 gram. Cuci bersih semua bahan tersebut terlebih dahulu kemudian potong kasar, masukan potongan bahan tersebut pada 1 gelas air panas dan diamkan hingga menjadi hangat. Setelah hangat, minum air ramuan tersebut hingga 2 kali dalam sehari.
Baca Juga : Miliki Rambut Sehat dan Cantik Dengan Perawatan Masker Rambut Alami

6. Ramuan Kencur dan Kelapa

Siapkan buah kelapa sebanyak ¼ butir dan kencur sebesar 1 rimpang, kemudian cuci bersih kedua bahan tersebut lalu parut dan campur parutannya dengan 1 gelas air matang. Aduk hingga semua bahan tercampur rata lalu peras dan saring airnya. Minum air perasan tersebut sebanyak 1 kali dalam sehari.

Itulah beberapa macam obat herbal flu dan pilek yang dapat dicoba sebelum menggunakan berbagai macam obat-obatan medis. Mengatasi penyakit seperti flu dan pilek tentu saja tidak harus mengandalkan beragam obat-obatan medis. Namun dapat juga menggunakan beragam ramuan herbal seperti contoh di atas tadi.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close