Cara Membuat Masker Alami untuk Rambut yang Mudah dan Praktis | Dunia Informasi Kesehatan Cara Membuat Masker Alami untuk Rambut yang Mudah dan Praktis


Cara membuat sendiri masker alami untuk rambut sebenarnya tidaklah sesulit yang kita bayangkan selama ini. Banyak kalangan yang mungkin merasa bahwa untuk membuat masker rambut alami tersebut merupakan hal yang sulit dilakukan. Namun pada nyatanya, hal tersebut tidaklah sesulit yang dipikirkan.

Mengapa menggunakan bahan alami? Dewasa ini mungkin tidak sedikit kalangan yang mencoba merawat rambut dengan beragam kosmetik khusus rambut yang ada. Namun terkadang hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan yang dimiliki. Dengan kata lain, rambut tetap rusak atau memiliki beragam permasalahan.

Cara Membuat Masker Alami untuk Rambut yang Mudah dan Praktis
Ilustrasi Rambut Indah Dengan Perawatan Alami © Shutterstock
Hal tersebut tentu saja karena faktor penggunaan kosmetik perawatan khusus untuk rambut tersebut memang cocok-cocokan. Ya, karena sebagian besar bahan yang digunakan untuk membuat kosmetik tersebut adalah bahan atau senyawa kimia. Maka dari itulah tak heran jika bersifat cocok-cocokan bahkan akan merusak jika memang tidak cocok dengan kulit kepala.

Pilihan Masker Alami untuk Rambut

Untuk itulah mengapa bahan-bahan alami sebenarnya lebih banyak dianjurkan dan direferensikan hingga saat ini. Selain murah dan mudah diperoleh, bahan-bahan alami juga tidak mengandung senyawa kimia yang berbahaya bagi rambut dan kulit kepala. Bagi Anda yang ingin mencobanya, berikut ini adalah beberapa varian masker alami untuk rambut yang dapat dicoba.

1. Masker Pisang

Untuk membuat masker pisang maka sediakan terlebih dahulu beberapa bahan berikut ini :
  • Pisang matang sebanyak 1 buah
  • Telur ayam sebanyak 1 butir
  • Madu sebanyak 3 sendok makan
  • Minyak zaitun sebanyak 5 sendok teh
Lumatkan pisang kemudian campurkan dengan semua bahan yang tersisa, setelah semua bahan tercampur rata maka oleskan pada seluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Pijat lembut dan perlahan lalu biarkan terlebih dahulu kurang lebih sekitar ½ jam. Setelah itu, barulah bilas dan bersihkan rambut dengan cara keramas hingga bersih.

2. Masker Alpukat

Membuat masker alpukat mungkin dapat dikatakan lebih mudah, karena Anda hanya tinggal menyiapkan satu buah alpukat segar kemudian ambil dagingnya dan dihaluskan dengan cara diblender. Setelah itu, oleskan merata pada seluruh permukaan rambut dan lakukan pemijatan lembut lalu biarkan selama 20 menitan. Bilas dan bersihkan rambut dengan cara keramas.
Baca Juga : 6 Cara Mengatasi Jerawat Batu yang Mudah Menggunakan Bahan Alami

3. Masker Susu dan Madu

Untuk membuat masker rambut dari bahan alami tersebut maka akan membutuhkan bahan-bahan seperti :
  • Susu sebanyak 100 gram
  • Madu alami asli sebanyak 1 sendok makan
Campurkan kedua bahan tadi hingga berubah bentuk menjadi seperti krim, setelah itu oleskan secara merata pada seluruh bagian rambut hingga kulit kepala. Pijat secara lembut dan perlahan lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas dan bersihkan rambut dengan cara keramas, usahakan membilas hingga benar-benar bersih dan tidak terdapat sisa masker tadi.

4. Masker Yoghurt dan Putih Telur

Untuk membuat masker rambut alami ini maka sediakan terlebih dahulu beberapa bahan seperti :
  • Yoghurt sebanyak 6 sendok makan (sebaiknya gunakan yang plain/tanpa rasa)
  • Putih telur dari 1 butir telur (pisahkan bagian kuningnya)
Campurkan yoghurt dan putih telur tadi lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata. Oleskan secara merata pada seluruh permukaan rambut lalu pijat secara lembut dan perlahan. Biarkan masker rambut alami tersebut selama kurang lebih sekitar setengah jam, setelah itu barulah bilas dan bersihkan rambut dengan cara keramas hingga benar-benar bersih.
Baca Juga : 6 Cara Mencerahkan Wajah yang Ampuh dan Cepat Secara Alami

5. Masker Wortel dan Minyak Kemiri

Masker rambut alami ini dapat dibuat dengan menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan seperti :
  • Wortel segar sebanyak 1 buah (ukuran besar)
  • Minyak zaitun sebanyak 2 sendok makan
Kupas wortel lalu haluskan dengan cara diblender, hasilnya campurkan dengan minyak zaitun dan aduk hingga semua bahan tercampur rata. Oleskan pada seluruh permukaan rambut dan juga kulit kepala kemudian pijat secara lembut. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dan bersihkan rambut dengan cara keramas hingga tidak terdapat sisa-sisa masker alami tadi.

Sebenarnya sangat mudah bukan membuat masker alami untuk rambut? Jika dapat melakukan perawatan rambut sendiri di rumah yang aman dan tidak berbahaya, tentunya Anda pun tidak harus selalu mengunjungi pusat-usat kecantikan rambut yang membutuhkan waktu dan buget khusus. Semoga informasi kecantikan di atas dapat menjadi sumber referensi yang bermanfaat.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.