6 Cara Mengatasi Wajah Berminyak yang Efektif Mengunakan Bahan Alami | Dunia Informasi Kesehatan 6 Cara Mengatasi Wajah Berminyak yang Efektif Mengunakan Bahan Alami


Duniainformasikesehatan.com - Salah satu cara mengatasi wajah berminyak yang dirasa tepat tentu saja menggunakan berbagai macam bahan alami. Hal tersebut tentu saja karena bahan alami tidak memiliki kandungan senyawa kimia yang dapat memicu berbagai efek samping negatif. Berbeda dengan kosmetik, jika salah penggunaan maka akan membuat kadar minyak di wajah menjadi semakin banyak.

Permasalahan seperti wajah berminyak memang dapat dikatakan sebagai sebuah keluhan yang umum terjadi pada berbagai kalangan. Kondisi wajah berminyak sendiri diketahui karena kondisi sebum berlebih yang di hasilkan oleh salah satu kelenjar pada kulit yakni sebaceous. Sehingga kulit akan tampak mengkilap karena kadar minyak berlebih.

6 Cara Mengatasi Wajah Berminyak yang Efektif Mengunakan Bahan Alami
Ilustrasi Kulit Wajah Berminyak © Shutterstock
Sebum sendiri sebenarnya merupakan zat lilin yang memiliki fungsi utama untuk melindungi kulit wajah. Namun jika kadarnya berlebihan, maka hal tersebut jelas akan menjadi keluhan dan masalah yakni wajah berminyak. Dan wajah dengan kadar minyak berlebih sendiri memiliki protensi yang lebih besar untuk memicu timbulnya jerawat.
Baca Juga : 6 Cara Mengecilkan Pipi Tembem Ini Terbukti Efektif dan Ampuh

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami

Maka dari itulah sebaiknya kondisi wajah berminyak sendiri tidak dibiarkan dan sebaiknya segera diatasi secara intensif. Tidak harus menggunakan berbagai kosmetik khusus untuk perawatan wajah, namun Anda dapat memanfaatkan beragam bahan alami. Dan inilah beberapa cara mengatasi wajah berminyak menggunakan bahan-bahan alami.

1. Gel Lidah Buaya

Untuk mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah maka dapat mencoba menggunakan gel lidah buaya. Siapkan beberapa batang tanaman lidah buaya kemudian cuci bersih dan kupas kulitnya. Oleskan gel lidah buaya yang terdapat pada daging tanaman lidah buaya tersebut secara merata pada kulit wajah, diamkan hingga kering lalu bilas dan bersihkan. Lakukan cara tersebut hingga tiga kali dalam sehari.

2. Almond dan Madu

Siapkan kacang almond dan madu alami asli setelah itu haluskan kacang almond dengan cara ditumbuk. Campurkan dengan madu secukupnya hingga teksturnya berubah menjadi seperti krim atau pasta. Siapkan kain bersih kemudian gunakan untuk mengoleskan scrub alami tersebut pada kulit wajah. Saat menggosok lakukan sedikit tekanan, lalu bilas dan bersihkan wajah dengan air dingin.

3. Alpukat dan Tomat

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu satu buah tomat segar dan buah alpukat matang. Haluskan kemudian campurkan keduanya lalu aduk hingga tercampur rata. Oleskan secara merata pada wajah lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit agar meresap pada kulit wajah. Setelah itu, bilas dan bersihkan wajah dengan air dingin.

4. Mentimmun

Efek dingin pada mentimun diketahui dapat membantu mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit wajah. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan mentimun segar dengan cara diblender hingga halus. Campurkan beberapa tetes madu alami asli dan aduk hingga tercampur rata. Oleskan secara merata pada kulit wajah dan diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas dan bersihkan wajah dengan air hangat.

5. Cuka

Cuka putih atau cuka sari apel juga ternyata dapat digunakan untuk mengatasi kadar minyak berlebih pada kulit wajah. Campurkan cuka dengan air kemudian oleskan pada wajah secara merata menggunakan media seperti kapas. Diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bilas dan bersihkan wajah dengan air dingin.
Baca Juga : Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Terkena Penyakit Asam Urat!

6. Lemon dan Madu

Untuk membuat masker wajah alami ini maka siapkan terlebih dahulu jus lemon dan juga madu alami asli. Campurkan kedua bahan tersebut dengan takaran satu sendok makan jus lemon dan satu sendok makan madu. Kemudian oleskan pada seluruh permukaan wajah hingga leher dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas dan bersihkan wajah dengan air dingin.

Itulah beberapa cara mengatasi wajah berminyak menggunakan bahan-bahan alami yang mudah kita temukan di sekitar kita. Cara ini juga terhitung efektif dan ampuh jika dilakukan secara rutin dan teratur. Selain itu, sudah tentu cara ini tidak akan menimbulkan efek samping negatif bagi kulit wajah. Semoga informasi kecantikan di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda semua.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close