6 Cara Mengatasi Jerawat Batu yang Mudah Menggunakan Bahan Alami | Dunia Informasi Kesehatan 6 Cara Mengatasi Jerawat Batu yang Mudah Menggunakan Bahan Alami


Banyak kalangan mungkin yang masih merasa bingung terhadap cara mengatasi jerawat batu yang terdapat di wajah. Sebuah hal yang wajar karena memang kondisi jerawat batu sendiri berbeda dengan jerawat biasa pada umumnya. Karena jerawat batu sendiri biasanya akan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan jerawat biasa.

Jerawat batu atau cystic acne ini adalah jerawat dengan kondisi peradangan yang parah dari jerawat biasa. Maka dari itulah ukurannya sendiri lebih besar dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Tentu saja kondisi tersebut sangat mengganggu, terlebih jerawat batu juga dapat muncul dimana saja pada bagian area wajah.

6 Cara Mengatasi Jerawat Batu yang Mudah Menggunakan Bahan Alami
Ilustrasi jerawat batu pada wajah © Shutterstock
Selain mengganggu karena rasanya yang menyakitkan, tentu saja jerawat batu juga akan mengganggu penampilan. Tak jarang mereka yang tengah memiliki jerawat batu akan mudah kehilangan rasa percaya diri mereka. Dan perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya bahwa jerawat batu sendiri timbul karena disebabkan oleh beberapa faktor.

Cara Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami

Mulai dari faktor genetik atau keturunan, kulit sensitif, dan yang pasti kurang higienis karena tidak pernah menjaga kebersihan kulit wajah. Untuk mengatasinya pun diketahui dapat dilakukan menggunakan berbagai macam cara, salah satunya yakni dengan cara alami. Bagi Anda yang ingin mengetahuinnya, maka inilah beberapa cara mengatasi jerawat batu secara alami.

1. Rutin dan Teratur Membersihkan Wajah

Salah satu cara untuk mencegah jerawat batu agar tidak timbul semakin banyak di wajah adalah dengan rutin dan teratur membersihkan wajah. Terutama saat akan pergi tidur, karena saat tidur biasanya kulit wajah akan mengalami regenerasi kulit. Jangan lupa juga untuk mengeringkannya sebaiknya menggunakan handuk yang lembut agar tidak menambah iritasi pada kulit wajah.

2. Penuhi Waktu Istirahat

Salah satu penyebab timbulnya jerawat batu adalah karena faktor stres berlebih dan juga insomnia. Maka dari itulah cara mengatasinya sendiri adalah dengan mencukupi kebutuhan istirahat tubuh setiap harinya. Penuhilah waktu stirahat minimal hingga 8 jam sehari. Selain itu, saat beristirahat juga biasanya kulit akan mengalami regenerasi untuk membuang sel kulit mati.
Baca Juga : 6 Cara Menyamarkan Bekas Jerawat Dengan Makeup Ringan

3. Konsumsi Air Mineral

Untuk membantu mengatasi jerawat batu juga dapat memenuhi kebutuhan air mineral di dalam tubuh. Dengan minum air putih minimal hingga 8 gelas sehari maka kebutuhan mineral di dalam tubuh pun dapat terpenuhi. Karena mineral sendiri diketahui dapat membantu menghilangkan toksin dan sisa metabolisme dalam tubuh melalui kulit lewat keringat.

4. Masker Madu, Jeruk Nipis, dan Kunyit

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu semua bahannya, setelah itu kupas kunyit lalu haluskan dan campurkan dengan madu dan air perasan jeruk nipis. Setelah tercampur rata, oleskan pada bagian kulit wajah yang berjerawat batu dan diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit. Kemudian, bilas dan bersihkan wajah dengan air bersih.

5. Lidah Buaya

Gel lidah buaya memang dikenal memilliki segudang manfaat bagi tubuh, salah satunya yakni bagi kulit wajah. Untuk mengatasi jerawat batu, Anda hanya tinggal mengoleskan gel atau lendir yang terdapat di dalam tanaman lidah buaya pada bagian kulit wajah yang berjerawat, diamkan terlebih dahulu kemudian bilas dan bersihkan. Lakukan setiap pagi dan sore hari.
Baca Juga : Ingin Miliki Jantung Sehat? Lakukan Beberapa Cara Berikut Ini!

6. Kentang

Untuk membuat masker kentang maka siapkan terlebih dahulu sebuah kentang segar berukuran besar. Cuci bersih kemudian kupas dan haluskan kentang hingga lembut, oleskan masker kentang tersebut pada bagian kulit wajah yang terdapat jerawat batu dan biarkan terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menitan. Setelah itu, bilas dan bersihkan wajah menggunakan air bersih.

Cara mengatasi jerawat batu di atas tadi tidak membutuhkan peralatan atau bahkan bahan-bahan khusus. Sehingga terhitung sangat praktis dan dapat dilakukan di rumah dengan mudah. Dengan cara alami, maka biaya yang dikeluarkan pun tidak akan terlalu mahal. Semoga informasi keehatan wajah di atas dapat menjadi referensi yang membantu serta bermanfaat.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close