1001 Cara Menghilangkan Ketombe Parah Tanpa Sisa | Dunia Informasi Kesehatan 1001 Cara Menghilangkan Ketombe Parah Tanpa Sisa


1001 Cara Menghilangkan Ketombe Parah Tanpa Sisa
Duniainformasikesehatan.com - Ketombe parah memang sangat susah untuk dihilangkan. Ketombe parah ini merupakan akumulasi dari ketombe-ketombe yang selama ini dibiarkan bertumpuk di kepala anda sehingga menjadi banyak dan susah untuk dihilangkan. Namun Anda tak perlu khawatir, ketombe parah sekalipun masih bisa disembuhkan asalkan Anda mengetahui cara menghilangkannya.

Sebelum kita membahas cara menghilangkannya, ada baiknya kita ketahui dulu penyebabnya. Ketombe umumnya disebabkan oleh kulit kepala terkelupas. Namun menurut artikel yang kami lansir dari Wikipedia, memberikan penjelasannya sebagai berikut.

Sejalan dengan bertumbuhnya kulit, sel-sel epidermal akan terdorong keluar, di mana mereka pada akhirnya mati dan terkelupas dari kepala. Pada umumnya, pengelupasan ini terlalu kecil untuk dapat terlihat mata. Namun, kondisi tertentu menyebabkan pergantian/pertumbuhan sel menjadi terlalu cepat, khususya umum terjadi di kulit kepala. Pada orang berketombe, sel-sel kulit mungkin mati dan digantikan setiap kira-kira dua minggu sekali, sedangkan pada orang tanpa ketombe, siklus ini berlangsung satu bulan sekali. Hasilnya, sel-sel kulit mati akan terlepas dan menumpuk dalam jumlah yang besar, yang tampak sebagai serpihan-serpihan kecil berwarna putih atau kelabu di kulit kepala.

Jadi intinya adalah semua orang pasti akan mengalami ketombe, tapi tergantung apakah ketombe biasa atau akan menjadi ketombe parah nantinya. Ketombe sudah parah atau bandel biasanya disebut juga dengan "ketombe kronis"/ ketombe parah.

Cara Menghilangkan Ketombe Parah

Oke, sekarang bagaimana cara menghilangkan ketombe sudah terlanjur parah ini? Biasanya kita menghilangka ketombe parah ini dengan menggunakan shampo, tapi ternyata masih banyak lagi cara lain untuk mengobati ketombe parah ini.

Mari kita simak bersama - sama cara menghilangkan ketombe parah berikut ini :

1. Kenali Dulu Penyebab Ketombe Parah Ini

Seperti yang kami jelaskan di atas, anda harus mengetahui penyebab ketombe parah ini terlebih dahulu. Dengan mengetahui penyebabnya, nanti Anda pasti tidak akan mengulangi hal ini karena menyebabkan ketombe parah ini terjadi.

2. Gunakan Obat Aspirin

Caranya gampang, cukup haluskan dua tablet aspirin sampai halus seperti bubuk. Kemudian tuangkan shampo ke telapak tangan dan campurkan dengan bubuk aspirin tersebut. Pijat kepala anda dengan campuran shampo dan aspirin tersebut layaknya anda menggunakan shampo seperti biasanya.

3. Dengan Baking Soda 

Baking soda juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk menghilangkan ketombe parah ini. Caranya pun gampang sekali, cukup basahi rambut dan gosokkan baking soda pada kulit kepala kemudian bilas sampai bersih dan kering. Ulangi cara tersebut sampai ketombe parah menghilang. Rambut akan terasa kering pada awalnya, namun tak perlu khawatir, kulit kepala akan mulai memproduksi minyak alami, membuat rambut terasa lembut dan bebas dari ketombe.

4. Perasan Jeruk Nipis dan Lemon

Selain baking soda, jeruk nipis dan lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe kronis ini. Cara cukup teteskan perasan jeruk nipis atau lemon ke atas kulit kepala anda, biarkan selama beberapa menit. Kemudian basuh kepala anda sampai bersih. Cukup ulangi sehari satu kali saja, dan ketombe parah akan hilang.

5. Gel Lidah Buaya

Bahan satu ini memang sudah terkenal untuk menghitamkan dan membersihkan rambut anda dari berbagai kotoran. Termasuk ketombe parah yang bandel juga bisa dibersihkan oleh lidah buaya ini. Biasanya lidah buaya ini sudah dikemas dalam bentuk gel, sehingga cukup mudah digunakan. Gunakan seperti anda menggunakan gel rambut lainnnya. 

6. Cuka Apel

Caranya dengan menggunakan campuran segelas air dan dua sendok makan cuka sari apel untuk membasuh kulit kepala. Biarkan sejenak kemudian bilas. Jika terasa masih ada ketombe parahnya, gunakan cara ini. Yaitu dengan membasuh 3 sendok makan cuka sari apel pada rambut dan memijat kulit kepala dengan itu sebelum keramas. Tunggu beberapa menit, lalu bilas dan cuci rambut seperti biasa.

7. Obat Kumur

Untuk mengobati masalah ketombe parah, anda bisa menggunakan shampo penghilang ketombe terlebih dahulu kemudian bilas dengan obat kumur mengandung alkohol. Cara ini dikenal cukup efektif untuk membunuh bakteri dan jamur penyebab ketombe parah di kulit kepala Anda.

8. Garam

Garam selain sebagai pemberi rasa pada makanan ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe bandel / parah. Caranya cukup gampang, cukup tabur garam secukupnya pada kepala anda, kemudian pijat perlahan. Biasanya akan menyebabkan sedikit rasa perih jika kulit kepala ada lukanya. Namun tak perlu khawatir, justru garam tersebut akan membantu membuang kotoran dan ketombe yang bersarang di kulit kepala anda.

Pengobatan ketombe parah versi Wikipedia

Pengelupasan dapat dikurangi, khususnya bagi mereka yang mengalami masalah ketombe tidak terlalu banyak, dengan perawatan rambut yang tepat. Beberapa orang memiliki persepsi salah dengan menolak membasuh rambut mereka, dan berpikir bahwa shampoo dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan bisa membuat ketombe mereka menjadi lebih banyak. Sebenarnya, dengan mencuci rambut secara reguler, kulit-kulit mati akan terlepas sebelum terkumpul banyak dan terlihat. Shampooyang tepat akan membantu mengembalikan tingkat keasaman kuilt kepala baik, memecah minyak, dan mencegah sel-sel kulit mati bertumpuk menjadi serpihan terlihat. Namun, shampoo yang tidak ditujukan secara khusus untuk pengobatan, ataupun shampoo yang bukan untuk pengobatan seborrhoeic dermatitis, tidak memiliki efek untuk mengobati kulit yang teriritasi dan merah. Pengobatan ketombe bisa dilakukan dengan memberikan shampoo yang tepat.

Anda juga bisa menonton video dari Dr. OZ Indonesia tentang penyebab ketombe dan bagaimana cara menghilangkannya. Silahkan lihat videonya dibawah ini :

Itulah 1001 cara menghilangkan ketombe parah yang bersarang dikulit kepala anda. Semoga cara ini dapat membantu anda dari masalah ketombe parah ini. Silahkan bagikan artikel ini agar lebih banyak orang  terbantu dan bebas dari masalah ketombe parah / kronis ini.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close