Perhatikan Tips Ini Agar Kuat Melakukan Lari Jarak Jauh! | Dunia Informasi Kesehatan Perhatikan Tips Ini Agar Kuat Melakukan Lari Jarak Jauh!


Lari jarak jauh atau yang dikenal juga dengan lari maraton memang tidak dapat dilakukan begitu saja. Pasalnya jenis olahraga ini memang berbeda dengan aktivitas lari pada umumnya seperti joging, yang biasanya akan dilakukan dalam jarak tempuh yang dekat dan dalam waktu yang tidak lama.

Hal tersebut tentu saja berbeda dengan jenis lari jarak jauh atau maraton, jenis olahraga tersebut biasanya dilakukan dengan jarak tempuh yang relatif jauh dan tetunya membutuhkan waktu yang lama. Maka dari itulah mengapa dikatakan bahwa untuk melakukan lari maraton ini memang membutuhkan cara tersendiri.

Perhatikan Tips Ini Agar Kuat Melakukan Lari Jarak Jauh!
Ilustrasi Latihan Lari Jarak Jauh © Shutterstock

7 Tips Menjalankan Program Lari Jarak Jauh

Karena mungkin tidak semua kalangan akan mampu melakukan salah satu jenis olahraga berat tersebut. Jarak tempuh yang relatih jauh dan membutuhkan waktu yang sangat lama diketahui merupakan kendala yang harus sangat diperhatikan. Maka dari itulah bagi Anda yang ingin mencoba lari jarak jauh lakukanlah beberapa tips dibawah ini.

1. Latihan Rutin dan Teratur

Agar kuat melakukan lari jarak jauh/maraton maka Anda pun harus rajin latihan secara rutin dan teratur. Latihan tesebut dapat dilakukan dengan berlari minimal 30 menit atau setengah jam hingga kisaran dua jam. Namun latihan ini jangan dilakukan secara sembarangan dan harus terprogram dengan baik dan juga komitmen yang kuat.

2. Kondisi

Poin ini diketahui masih berhubungan dengan poin pertama tadi. Karena program latihan lari yang dilakukan pun akan bergantung pada kondisi hingga kebutuhan, kemampuan, dan tujuan dari si pelari itu sendiri. Karena sifatnya yang tak mutlak, maka program tersebut pun akan membutuhkan pembaharuan bahkan hingga lokasi latihan yang berbeda-beda.

3. Konsistensi

Lari marathon atau lari jarak jauh tentu saja harus dilakukan secara konsisten. Ya, yang perlu diingat bahwa ini adalah olahraga lari bukan jalan kaki atau jalan cepat. Maka dari itulah jangan pernah mencampurkan latihan lari Anda dengan berjalan kaki. Karena hal tersebut dapat menimbulkan beberapa risiko, khususnya risiko pada bagian otot-otot kaki.
Baca Juga : 7 Manfaat dan Fakta Unik Hidung Pesek yang Jarang Diketahui

4. Kecepatan yang Stabil

Sebagaimana yang telah dijelaskan di poin ketiga tadi, bahwa ini adalah olahraga lari bukan jalan kaki atau jalan cepat. Untuk itulah guna mencapai hasil yang optimal maka Anda harus mampu menjaga kecepatan berlari yang stabil. Hal tersebut juga sebenarnya salah satu cara untuk menjaga kondisi tubuh tetap hangat, sehingga stamina pun dapat terjaga dengan baik.

5. Hindari Latihan Instan

Semua yang bersifat instan tentu saja tidak selalu baik, terlebih untuk program latihan olahraga seperti lari marathon. Untuk program latihan maraton yang serius dan profesional, maka Anda pun harus memiliki seorang trainer yang profesional juga. Dengan begitu Anda pun dapat menjadi seorang pelari yang baik dan dapat mengikuti berbagai ajang roadrun.

6. Latihan yang Tepat

Melakukan program latihan lari jarak jauh yang tepat adalah menggunakan seorang instruktur yang berpengalaman. Dengan latihan yang tepat, maka seorang pelari pun dapat mengetahui kemampuannya dalam berlari maraton. Karena latihan lari yang tepat tidak hanya fokus pada tujuan garis finish dengan perolehan waktu yang baik saja. Melainkan juga menghindari cedera pada kaki saat usai berlari.
Baca Juga : Hindari 5 Jenis Makanan Ini Jika Tidak Ingin Asam Lambung Anda Naik!

7. Efektif Bagi Wanita

Dibandingkan dengan pria, program latihan lari jaak jauh ini sebenarnya lebih efektif dan bermanfaat bagi wanita. Tidak hanya dapat memperoleh prestasi, namun dengan komitmen yang kuat, program tersebut akan memberikan bonus lain yakni mengurangi berat badan dalam waktu yang relatif cepat.

Itulah beberapa tips untuk program lari jarak jauh yang harus diperhatikan, jika ingin menjadi seorang pelari profesional maka sudah tentu harus memiliki komitmen yang kuat saat menjalankannya. Telebih jika mengingat bahwa jenis olahraga lari jarak jauh atau maraton ini merupakan olahraga berat yang tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close