6 Cara Alami yang Cepat dan Mudah untuk Atasi Tumit Pecah Pecah | Dunia Informasi Kesehatan 6 Cara Alami yang Cepat dan Mudah untuk Atasi Tumit Pecah Pecah


Keluhan seperti tumit pecah pecah memang dapat terjadi pada siapa saja, namun biasanya kalangan wanitalah yang akan lebih banyak memiliki keluhan tersebut. Kendati terdapat dibagian tubuh paling bawah yakni tumit kaki, namun tetap saja keluhan ini dapat menyebabkan rasa percaya diri seseorang jadi menurun.

Bagian tumit kaki yang pecah-pecah tersebut disebabkan oleh keringnya kulit pada bagian kaki tersebut. Kondisi tersebut bukanlah merupakan kondisi kulit kering biasa yang umum terjadi, namun kondisinya dapat dikatakan memiliki tingkatan yang lebih tinggi dengan sebutan seperti iktitosis atau yang lebih dikenal dengan sebutan kulit bersisik.

6 Cara Alami yang Cepat dan Mudah untuk Atasi Tumit Pecah Pecah
Ilustrasi Kaki dan Tumit Sehat Tanpa Pecah-Pecah © Shutterstock

Selain mengganggu penampilan, kondisi kulit kering pada bagian tumit kaki tersebut juga akan mengganggi kenyamanan khususnya saat menggunakan alas kaki seperti sepatu atau sandal tertentu. Maka dari itulah mengapa kondisi kulit kering pada tumit kaki tersebut sebaiknya dapat diatasi sedini mungkin.

Cara Mengatasi Tumit Pecah Pecah Secara Alami

Beberapa faktor penyebab tumit pecah-pecah yang dapat diketahui antara lain seperti faktor cuaca, berat badan berlebih, masalah kulit yang kronis, faktor penyakit, hingga karena kelainan kelenjar keringat, dll. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Bagi Anda yang membutuhkan referensinya, berikut ini adalah beberapa cara alami untuk mengatasi tumit pecah pecah.

1. Krim Pisang dan Alpukat

Siapkan sebuah pisang dan setengah buah alpukat, campurkan keduanya kemudian haluskan hingga menjadi seperti krim. Setelah itu, oleskan pada bagian tumit yang kering dan pecah-pecah, biarkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bilas dan bersihkan. Kedua kandungan bahan alami tersebut diketahui dapat membantu melembabkan kulit.
Baca Juga : 6 Cara Mencerahkan Wajah yang Ampuh dan Cepat Secara Alami

2. Jus Lemon

Untuk membuat jus lemon ini maka siapkan dua buah lemon segar kemudian buatlah menjadi jus dengan campuran air yang sedikit lebih banyak. Setelah jadi, tuangkan pada sebuah wadah yang berukuran cukup besar, kemudian gunakan untuk merendam bagi tumit kaki yang kering dan pecah-pecah. Diamkan selama 10 menit lelu bilas dan bersihkan.

3. Susu dan Madu

Siapkan susu murni dan madu secukupnya, campurkan kedua bahan tersebut dan tuangkan pada sebuah wadah yang berukuran cukup besar. Setelah itu, gunakan campuran susu dan madu tadi untuk merendam bagian tumit kaki yang pecah-pecah. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas dan bersihkan hingga benar-benar bersih.

4. Alpukat

Pertama-tama siapkan satu buah alpukat matang kemudian ambil bagian dagingnya, haluskan daging buah alpukat tersebut hingga berubah menjadi seperti krim. Langkah selanjutnya, oleskan krim buah alpukat tersebut pada bagian tumit kaki yang kering dan pecah lalu pijatlah secara perlahan. Diamkan selama 20 menit terlebih dahulu, kemudian bilas dan bersihkan.

5. Pepaya

Untuk membuat krim pepaya maka siapkan terlebih dahulu pepaya matang secukupnya, setelah itu haluskan pepaya dengan sendok makan hingga berubah menjadi seperti krim. Kemudian oleskan krim tersebut pada bagian tumit kaki yang pecah-pecah dan pijat secara perlahan. Diamkan terlebih dahulu selama beberapa saat, lalu bilas dan bersihkan.
Baca Juga : 6 Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Mudah dan Cepat

6. Gunakan Sepatu dan Kaus Kaki yang Tepat

Selain menggunakan krim, sebaiknya perhatikan juga penggunaan sepatu dan kaus kaki. Gunakan sepatu tertutup agar kelembaban kulit kaki dapat terjaga dan jangan gunakan kaus kaki berbahan nylon atau rayon. Karena bahan kaus kaki tersebut hanya akan membuat kulit menjadi lebih kering dan tidak lembab.

Selain beberapa cara di atas, hal utama lainnya yang juga harus dilakukan adalah menjaga kebersihan kaki serta konsumsilah air mineral yang cukup setiap harinya. Demikian di atas tadi adalah beberapa cara alami untuk mengatasi keluhan seperti tumit pecah pecah. Semoga informasi kesehatan di atas dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close