5 Cara Mengatasi Punggung Pegal Dalam Masa Kehamilan | Dunia Informasi Kesehatan 5 Cara Mengatasi Punggung Pegal Dalam Masa Kehamilan


Bagi seorang ibu yang baru saja hamil mungkin mengatasi permasalahan seperti punggung pegal akan sedikit membingungkan. Tentu saja hal yang wajar karena saat kehamilan pertama biasanya seorang ibu tidak akan memiliki pengalaman mengenai kehamilan. Salah satu contohnya seperti berbagai macam kendala yang akan dialami seperti punggung pegal.

Dan hal tersebut jelas membutuhkan perhatian serta jangan dibiarkan begitu saja, pasalnya rasa pegal pada bagian punggung tersebut biasanya akan terjadi dalam waktu yang cukup lama. Khususnya saat sudah memasuki masa usia hamil tua atau sudah hamil besar, karena dalam kondisi tersebut maka punggung pun akan semakin tertarik karena perut yang membesar.

5 Cara Mengatasi Punggung Pegal Dalam Masa Kehamilan
Ilustasi Punggung Pegal Saat Kehamilan © Shutterstock

Keluhan tersebut memang merupakan permasalahan umum yang selalu dikeluhkan oleh setiap ibu hamil pada umumnya. Kondisi tersebut terjadi karena kenaikan berat tubuh ibu hamil dan membuat otot serta ligamen pada seluruh bagian tubuh jadi lebih mengendur. Pada bagian punggung, kondisi tersebut memang dapat menyebabkan rasa pegal dan tidak nyaman.

Atasi Punggung Pegal Saat Kehamilan Dengan Cara Ini!

Keluhan tersebut tentu saja bukan berarti tidak dapat di atasi, karena terdapat beberapa cara untuk mengatasi punggung yang pegal saat masa kehamilan. Bagi Anda para ibu yang tengah berada pada masa kehamilan, maka sudah tentu harus mengetahui cara mengatasinya. Dan berikut ini adalah beberapa cara mengatasi punggung pegal saat masa kehamilan.

1. Membiasakan Tubuh Dalam Posisi yang Benar

Saat gravitasi tubuh mulai berpindah ke bagian depan, maka sebaiknya ibu harus mulai membiasakan diri memposisikan tubuh dengan baik untuk mengindari keluhan pegal pada punggung. Caranya yakni berdiri dengan tegak kemudian angkat dagu Anda dan pastikan pundak bersandar rileks ke bagian belakang.
Baca Juga : 6 Jenis Sayuran yang Baik Untuk Ibu Hamil

2. Menggunakan Pakaian yang Tepat

Jika tidak nyaman menggunakan berbagai macam pakaian maka sebaiknya jangan terlalu dipaksakan. Gunakan busana yang dapat membuat Anda merasa nyaman seperti contohnya busana khusus untuk para ibu hamil. Atau Anda juga dapat menggunakan aksesories tambahan yang tepat seperti ikat pinggang yang dapat menyokong bagian perut.

3. Posisi Tidur yang Tepat

Jika tidak ingin mengalami pegal pada bagian punggung maka ibu dapat mencoba untuk tidur dengan cara menyamping. Posisi tidur tersebut dapat dilakukan dengan cara menekuk salah satu lutut atau menekuk keduanya. Ibu juga dapat mengganjal bagian perut dengan menggunakan bantal yang berukuran kecil atau yang berukuran sebesar tubuh.

4. Mencoba Dipijat atau Menggunakan Bantalan Khusus

Saat punggung terasa pegal maka cobalah untuk menggunakan bantalan khusus yang dapat di isi dengan air hangat atau air es. Mengompres punggung yang pegal memang merupakan salah satu cara efektif untuk menghilangkan rasa pegal dan tidak nyaman yang dirasakan. Atau ibu juga dapat mencoba pijat namun dengan teknik yang tepat atau menggunakan jasa pijat khusus.
Baca Juga : Cara Mudah Perawatan Rambut di Rumah Dengan Bahan Alami

5. Membiasakan Aktif Dalam Rutinitas Keseharian

Saat dalam masa kehamilan maka bukan berarti ibu pun bermalas-malasan, karena sebaiknya membiasakan diri melakukan beragam aktivitas agar tubuh pun terbiasa dan menjadi tidak mudah lelah. Lakukan olahraga ringan atau aktivitas ringan lainnya yang memang tidak berbahaya, dengan begitu punggung pun akan terbiasa dan tidak akan mudah merasa pegal.

5 cara mengatasi punggung pegal di atas tadi memang diketahui merupakan cara yang paling efektif dan terhitung sangat mudah dilakukan. Bagi ibu hamil yang kerap merasakan pegal pada punggung, maka tidak ada salahnya mencoba beberapa tips di atas tadi. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi referensi yang membantu sekaligus bermanfaat bagi Anda semuanya.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close