Tips Menjalankan Puasa Bagi Ibu Hamil Dengan Cara yang Sehat | Dunia Informasi Kesehatan Tips Menjalankan Puasa Bagi Ibu Hamil Dengan Cara yang Sehat


Melakukan ibadah puasa bagi ibu hamil tentunya tidak perlu dijadikan sebuah kendala atau hal yang mengganggu. Karena jika para ibu hamil sudah mengetahui caranya, maka berpuasa saat hamil tidak akan menjadi salah satu cara untuk menyehatkan tubuh. Pada dasarnya memang tidak ada larangan berpuasa bagi ibu hamil.

Karena jika ditanya apakah berpuasa dapat mempengaruhi kesehatan bagi ibu dan janin? Jawabannya adalah aman-aman saja selama ibu memang tengah berada dalam kondisi yang fit atau sehat. Akan tetapi tetap saja hal tersebut harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari ahlinya, karena kondisi setiap ibu hamil akan berbeda-beda dan tidak selalu sama.

Tips Menjalankan Puasa Bagi Ibu Hamil Dengan Cara yang Sehat
Ilutrasi Berpuasa Saat Hamil © Blogsisihidup

Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya bahwa sudah terdapat beberapa penelitian yang membuktikan bahwa kondisi bayi di dalam kandungan (kondisi dan kesehatannya) tidak dipengaruhi oleh kegiatan sepeti berpuasa. Hal tersebut juga diketahui berlaku juga pada kondisi IQ bayi yang juga tidak akan ikut terpengaruh.

Cara Menjalankan Puasa Bagi Ibu Hamil

Pada dasarnya, menurut kajian penelitian memang terdapat perubahan kondisi antara ibu hamil yang berpuasa dan tidak berpuasa. Namun diketahui juga bahwa perubahan tersebut tidak memberikan dampak negatif atau bahaya bagi kondisi ibu ataupun janin. Maka dari itulah bagi para ibu hamil semua sebenarnya tidak perlu begitu khawatir saat ingin melakukan ibadah puasa.

Namun tetap saja banyak hal yang juga harus diperhatikan saat melakukan ibadah puasa tersebut, terdapat juga ketentuan-ketentuan tertentu yang wajib dipatuhi oleh ibu hamil agar tidak membahayakan kondisinya. Bagi para ibu hamil yang ingin berpuasa, maka inilah beberapa tips puasa bagi ibu hamil yang aman serta menyehatkan.

1. Tips Saat Sahur

Berpuasa tentunya akan diawali dengan makan sahur, hal ini bertujuan agar disaat berpuasa nanti tubuh tetap mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan. Namun memang tidak sebanyak hari biasanya saat tidak berpuasa. Terlebih bagi ibu hamil, tentunya banyak asupan nutrisi yang akan dibutuhkan. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat sahur :
  1. Minumlah air putih sebanyak-banyaknya untuk memenuhi asupan mineral dalam tubuh.
  2. Untuk mencegah anemia, ibu hamil juga sebaiknya mengkonsumsi susu saat makan sahur.
  3. Untuk mencegah permasalahan seperti insulin shock maka sebaiknya hindari banyak mengkonsumsi makanan manis saat sahur. Karena hal tersebut dapat membua ibu cepat lemas serta mudah lapar saat berpuasa.
  4. Ibu hamil juga wajib mengkonsumsi buah-buahan segar saat makan sahur, dengan kandungan serat yang tinggi pada buah-buahan maka dapat melancarkan sistem pencernaan saat berpuasa.
  5. Hindari makan pedas serta makanan lain yang berpotensi mengakibatkan banyak kendala saat berpuasa pada nantinya.
Baca Juga : Pilihan Menu Berbuka Puasa yang Sehat dan Mengenyangkan!

2. Tips Saat Berpuasa

Tanamkanlah niat yang benar-benar bulat saat berpuasa, jangan dijadikan keluhan namun berpikir positiflah untuk beribadah di bulan suci Ramadhan. Dengan begitu, risiko terhadap stress berlebih akan menjadi lebih kecil dan menjadi dampak positif bagi kehamilan. Penuhi kebutuhan istirahat namun jangan juga terlalu berlebihan.

Adapun beberapa kondisi yang harus diwaspadai, dan sebaiknya ibu hamil segera membatalkan puasa jika terjadi kondisi-kondisi seperti dibawah ini :
  1. Mengalami muntah-muntah hingga lebih dari 3 kali.
  2. Mengalami diare atau sering buang air besar yang disertai gejala seperti melilit dan mulas.
  3. Mengalami mimisan karena pecahnya pembuluh darah, yang menandakan bahwa kondisi tubuh sudah tidak stabil.
  4. Mengalami kondisi seperti lemas, pusing, hingga berkunang-kunang, yang menjadi tanda hipoglikemia dikhawatirkan juga sebagai pertanda kekurangan gizi.
  5. Mengeluarkan keringat dingin yang menjadi pertanda bahwa kondisi tubuh sudah tidak kuat untuk melanjutkan puasa.

CARA CEPAT HAMIL
Untuk Anda Yang Belum Punya Momongan
Atau Sudah Punya Anak Tapi Susah Hamil Lagi

silahkan download Ebooknya dibawah ini :
 Cara Cepat Hamil


3. Tips Saat Berbuka Puasa

Saat berbuka puasa tentunya merupakan saat yang dinanti setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Namun sebaiknya tidak lapar mata dan mengkonsumsi berbagai macam makanan, khususnya bagi para ibu hamil. Adapun beberapa tips saat berbuka puasa bagi ibu hamil antara lain seperti :
  1. Berbukalah dengan yang manis, namun sebaiknya batasi juga kadar gula yang dikonsumsi dan jangan terlalu banyak.
  2. Hindari mengkonsumsi air dingin atau air es, namun minumlah air hangat agar kinerja lambung tidak terganggu.
  3. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan saat baru berbuka puasa agar makanan cepat turun. Dan setelah turun, makanlah dengan porsi standar atau porsi yang lebih banyak untuk mengganti dan memenuhi nutrisi yang berkurang setelah seharian berpuasa.
  4. Dan saat akan beristirahat (tidur) maka disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi camilan atau makanan ringan yang tidak berbahaya dan sehat. Sertai juga dengan minum air hangat agar proses produksi ASI lancar dan tidak terhambat.
Baca Juga : Tips Menjalankan Puasa Bagi Penderita Diabetes

Demikian tadi adalah beberapa tips Puasa bagi ibu hamil dengan pola yang lebih sehat. Sehingga walaupun dapam kondisi hamil, ibu tetap dapat menjalankan ibadah berpuasa saat bulan Ramadhan. Kondisi kehamilan tentu saja bukan merupakan kendala atau halangan saat ibu ingin melakukan ibadah di bulan yang baik ini.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close