Pilihan Menu Berbuka Puasa yang Sehat dan Mengenyangkan! | Dunia Informasi Kesehatan Pilihan Menu Berbuka Puasa yang Sehat dan Mengenyangkan!


Bicara soal varian menu buka puasa yang sehat, tentunya terdapat sangat banyak hidangan sehat yang dapat dipilih untuk menu berbuka puasa. Namun karena banyaknya menu atau hidangan yang ada pada saat ini, biasanya sebagian besar kalangan lebih tertarik pada jenis makanan yang terlihat lezat dibandingkan jenis makanan sehat.

Terlebih setelah seharian penuh berpuasa menahan lapar dan juga dahaga, maka saat berbuka puasa sebagian besar orang akan selalu menginginkan makanan yang spesial untuk disantap. Padahal jika dilihat dari sisi kesehatan, sebenarnya berpuasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu cara untuk menyehatkan tubuh.

Pilihan Menu Buka Puasa yang Sehat
Pilihan Menu Berbuka Puasa yang Sehat © Sidomi.com

Tentunya dengan cara menjaga pola makan saat sahur dan berbuka, dengan begitu kesehatan tubuh pun dapat terjaga dengan baik. Akan tetapi biasanya tidak banyak kalangan yang memperhatikan hal tersebut. Namun bagi Anda yang ingin memiliki pola hidup lebih sehat di bulan Ramadhan ini, maka dapat mencoba varian menu sehat saat berbuka puasa.

Menu Buka Puasa yang Sehat

Saat berbuka puasa memang merupakan waktu untuk mengembalikan cadangan energi di dalam tubuh. Untuk itulah makanan yang dikonsumsi sebenarnya harus mampu memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. Adapun beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat berbuka puasa antara lain seperti serat, karbohidrat, dan protein.

Jika ingin mengkonsumsi makanan yang sehat saat berbuka puasa, maka hendaknya memilih berbagai menu makanan yang mengandung nutrisi tersebut. Bagi Anda yang membutuhkan referensi menu makanan tersebut, inilah beberapa varian menu buka puasa yang sehat namun tetap lezat dan praktis.

1. Kurma

Kurma rupanya tidak hanya sebagai simbolis sebagai makanan manis yang wajib dikonsumsi saat berbuka puasa. Namun ternyata kurma juga kaya akan serat dan juga potassium yang akan membantu mengembalikan fungsi otot dan syaraf. Walaupun begitu, sebaiknya berhati-hati dan jangan mengkonsumsi kurma terlalu banyak mengingat kandungan gulanya yang sangat tinggi.
Baca Juga : Resiko Terlalu Sering Mengkonsumsi Obat Sakit Maag Saat Puasa!

2. Appetizer (Makanan Pembuka)

Jika menu makanan sehat yang dipilih saat berbuka puasa, maka selain kurma Anda juga dapat mengkonsumsi makanan seperti puding buah, sop buah, es kacang merah, atau juice buah-buahan. Dibanding dengan makanan lain, tentu varian makanan olahan dari buah-buahan akan lebih sehat dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain itu, buah-buahan juga kaya akan serat.

3. Menu Utama

Dan untuk main course atau menu utama, selain kaya serat juga sebaiknya makanan yang dikonsumsi kaya akan karbohidrat dan protein namun rendah lemak. Untuk makanan yang kaya akan serat dan karbohidrat maka menu seperti nasi beras merah, roti gandum, atau mi namun dari gandum dapat menjadi pilihan.

Sedangkan untuk menu makanan yang kaya akan protein maka Anda dapat mencoba hidangan atau menu seperti ayam namun tanpa kulit, ikan, telur, hingga kacang-kacangan. Untuk pengolahannya sendiri, jika ingin menu yang sehat maka sebaiknya gunakan minyak goreng yang tinggi akan lemak tak jenuh.
Baca Juga : Tips Menjalankan Puasa Bagi Penderita Diabetes

4. Sup

Selain menu tersebut, jika ingin menu makanan menjadi lebih sehat maka sertakan juga sayur-sayuran untuk mengimbangi kandungan protein dan karbohidrat yang dikonsumsi. Untuk menu sayuran dapat dimasak sesuai selera seperti dibuat sup atau dibuat tumisan. Dengan menu tersebut, maka dipastikan bahwa hidangan berbuka puasa pun menjadi lebih sehat.

Dari sekian banyak menu makanan sehat di atas, jangan lupakan air putih sebagai pelengkap dari menu makanan untuk berbuka puasa. Karena saat berpuasa, tubuh juga harus memperoleh asupan mineral yang cukup. Oleh karena itu penuhi juga kebutuhan mineral tubuh dengan minum air putih yang cukup saat berbuka puasa.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.