Anda Buta Warna! Jika Gagal Ikut Tes Mata Ini! | Dunia Informasi Kesehatan Anda Buta Warna! Jika Gagal Ikut Tes Mata Ini!


Bagi sebagian besar orang masih banyak belum mengetahui perbedaan warna yang benar, dan mungkin itu adalah indikasi ada mengalami buta warna. Penderita penyakit buta warna biasanya sulit membedakan warna, misalnya warna biru menjadi warna hijau dan begitu juga sebaliknya.

Menurut artikel yang kami lansir dari Wikipedia, buta warna adalah  suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu yang disebabkan oleh faktor genetis.

Anda Buta Warna! Jika Gagal Ikut Tes Mata Ini!
Ilustrasi tes buta warna (c) mercola.com

Buta warna merupakan kelainan genetika yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebut "sex linked Genes", karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X. Artinya kromosom Y tidak membawa faktor buta warna. Hal inilah yang membedakan antara penderita buta warna pada laki-laki dan perempuan. Seorang perempuan terdapat istilah 'pembawa sifat', hal ini menujukkan ada satu kromosom X yang membawa sifat buta warna.

Perempuan dengan pembawa sifat, secara fisik tidak mengalami kelainan buta warna sebagaimana wanita normal pada umumnya, tetapi wanita dengan pembawa sifat berpotensi menurunkan faktor buta warna kepada anaknya kelak. Apabila pada kedua kromosom X mengandung faktor buta warna maka seorang wanita tersebut menderita buta warna.

Saraf sel pada retina terdiri atas sel batang yang peka terhadap hitam dan putih, serta sel kerucut yang peka terhadap warna lainnya. Buta warna terjadi ketika syaraf reseptor cahaya di retina mengalami perubahan, terutama sel kerucut.
Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan Mata

Untuk Anda yang ingin mencoba ikut tes apakah anda mengalami buta warna atau tidak silahkan tonton video ini. Dalam video ini anda akan dites untuk menyebutkan angka yang berada dalam video tersebut dalam beberapa warna, jika anda gagal menjawabnya ada kemungkinan anda mengalami "Buta Warna" jadi silahkan dicoba!


Sumber video : https://www.youtube.com/watch?v=8oKUw1DhNJk

Bagaimana? apakah anda lulus menjawab semua angkanya? Jika anda gagal kami sarankan agar anda mengunjungi dokter mata untuk mengecek apakah benar anda mengalami buta warna. Jika iya segera obati penyakit tersebut sebelum terlambat.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close