7 Resep Obat Herbal Sakit Gigi Dari Bahan Alami | Dunia Informasi Kesehatan 7 Resep Obat Herbal Sakit Gigi Dari Bahan Alami


Hinggga saat ini berbagai macam obat herbal sakit gigi memang masih banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Wajar saja, karena varian obat-obatan tradisional tersebut merupakan warisan nenek moyang yang hingga saat ini masih dilestarikan. Walaupun sudah banyak varian obat medis, namun obat herbal juga tidak sedikit penggunanya.

Sakit gigi memang salah satu problem yang akan sangat mengganggu keseharian kita, tidak hanya mengganggu aktifitas makan saja namun juga berpotensi menimbulkan berbagai gangguan lain seperti sakit kepala sebelah. Untuk itulah mengapa permasalahan seperti sakit gigi harus segera diatasi dengan berbagai cara.

7 Resep Obat Herbal Sakit Gigi Dari Bahan Alami
Ilustrasi sakit gigi © Shutterstock

Salah satunya yakni dengan menggunakan obat-obatan herbal, yang diketahui lebih aman karena tidak mengandung berbagai macam zat kimia. Sehingga tidak akan berbahaya sekalipun digunakan setiap hari, serta tidak akan menimbulkan efek samping negatif. Bagi Anda yang tengah membutuhkan referensi, maka inilah beberapa obat herbal sakit gigi yang dapat dicoba.

Varian Obat Herbal Sakit Gigi Dari Bahan Alami

1. Cengkeh dan Daun Sirih

Cara membuat ramuan herbal untuk sakit gigi dari kedua bahan alami ini tidaklah sulit. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu cengkeh dan dauh sirih secukupnya, cuci bersih keduanya kemudian rebus dengan air namun jangan terlalu banyak hingga mendidih. Setelah hangat, gunakan untuk berkumur hingga beberapa kali dalam sehari.
Baca Juga : Masker Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah

2. Obat Sakit Gigi dengan Bawang Putih

Membuat ramuan herbal dari bahan alami ini juga tidaklah sulit, karena Anda hanya tinggal menyiapkan satu butir bawang putih kemudian kupas dan bersihkan. Haluskan bawang putih kemudian campurkan dengan segelas air hangat, gunakan berkumur lalu buang hingga sakit gigi terasa berkurang. Cara ini dapat dilakukan hingga beberapa kali dalam sehari.

3. Garam dan Merica

Selain menjadi bumbu dapur, ternyata garam dan merica juga dapat membantu mengatasi sakit gigi. Caranya pun sangat mudah, siapkan sedikit garam dan merica kemudian tuangkan beberapa tetes air dan aduk hingga menjadi seperti pasta. Oleskan pasta tersebut pada bagian gigi berlubang, diamkan beberapa saat kemudian berkumur dengan air hangat dan buang.

4. Daun Inggu Kering

Salah satu khasiat dari daun inggu ini memang dapat mengobati sakit gigi. Cara membuat ramuan herbal dari bahan alami ini adalah dengan menyiapkan daun inggu kering sebanyak 4 gram dan 2 cangkir air bersih. Rebus keduanya hingga mendidih lalu dinginkan dan saring, dunakan air rebusan tersebut untuk berkumur hingga beberapa kali.

5. Biji Jarak Cina

Bahan alami yang satu ini juga diyakini dapat membantu mengobati sakit gigi. Cara membuatnya adalah siapkan terlebih dahulu biji jarak cina sebanyak 1 butir, haluskan dengan cara ditumbuk hinggga benar-benar halus. Seduh dengan segelas air panas dan aduk hingga bercampur rata lalu dinginkan, saring terlebih dahulu airnya dan gunakan untuk berkumur lalu dibuang.
Baca Juga : Tips Menjalankan Puasa Bagi Penderita Diabetes

6. Bunga Matahari

Ternyata bunga matahari juga dapat digunakan untuk membuat ramuan herbal untuk sakit gigi. Pertama-tama siapkan bunga matahari kurang lebih 50 gr, jahe 5 gr, dan air bersih 600 cc. Campurkan semua bahan tersebut lalu rebus hingga airnya mendidih dan menyusut setengahnya, saring terlebih dahulu kemudian gunakan untuk berkumur selagi hangat.

7. Akar Kangkung

Akar sayuran yang satu ini juga diyakini dapat membantu mengobati sakit gigi. Caranya yakni siapkan kurang lebih segenggam akar kangkung, cuci bersih dengan air mengalir kemudian rebus dengan segelas air. Tambahka cuka sebanyak ½ sendok teh dan biarkan hingga mendidih, angkat dan dinginkan lalu gunakan untuk berkumur.

Demikian di atas tadi adalah 7 macam obat herbal sakit gigi yang mudah dibuat dan memiliki khasiat yang manjur serta efektif. Bagi Anda yang tengah kebingungan, maka dapat mencoba salah satu ramuan tradisional sakit gigi di atas tadi. Atasi sakit gigi sedini mungkin sehingga tidak menimbulkan permasalahan lain yang juga mengganggu.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close