7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh | Dunia Informasi Kesehatan 7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh


Bulan Ramadhan merupakan bulan yang diananti oleh seluruh umat muslim di dunia, kehadiran bulan ramadhan membawa kesan tersendiri bagi setiap umat muslim. Keseapatan mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya pada saat bulan puasa juga sangat terbuka.

Di Indonesia sendiri bulan puasa, menjadi bulan yang sangat dinantikan kehadiraannya. Dengan menjalankan badah puasa, umat muslim akan mendapatkan pahala yang berlimpah dari kebaikan bulan ramadhan. Selain kita mendapatkan pahala yang berlimpah, kita juga akan mendapatkan manfaat pada kesehetan tubuh kita. Diantaranya adalah :

7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi berpuasa © lifehacker.com

1. Membuang Racun Pada Tubuh

Saat melakukan puasa tubuh kita akan mengalami proses detoksifikasi, yaitu proses pembuangan racun dan zat adiktif yang ada dalam tubuh kita. Puasa dapat mengkondisikan tubuh untuk mengeluarkan racun, karena tubuh manusia telah memiliki sistem detoksifikasi secara alami. Dengan menjaga pola makan yang teratur pada saat berpuasa, maka racun yang ada di tubuh akan terbuang.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan melakukan puasa, akan terjadi peningkatan limsofit pada tubuh sampai dengan 10 kali lipat. Dengan meningkatkanya limsofit pada tubuh, maka virus atau zat adiktif berbahya dari lingkungan luar tidak mudah untuk masu kedalam tubuh kita.

3. Meningkatkan Kemampuan dan konsentrasi Otak

Dengan berpuasa akan menyebaban turunnya jumlah hormon kortisol yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal, sehingga akan menurunkan tingkat stress yang dialami oleh seseorang. Berpuasa juga dapat meningktkan neurotopik yang diturunkan dari otak, dan membantu memproduksi lebih banyak sel-sel otak. Sehingga pada akhirnya fungsi otak akan meningkat.

4. Mengurangi Resiko Kegemukan Pada Tubuh

Jika pada saat berpuasa pola makan kita tertur dan secukupnya, hal ini bisa mengurangi kegemukan pada tubuh karena makanan yang kita makan tidak terlalu banyak. Dengan berpuasa usus-usus dalam tubuh akan lebih bersih dari sisa-sisa endapan makanan, Endapan makanan inilah yang bila kelebihan akan menjadi lemak diperut

5. Terhindar Dari Penyakit Kronis

Pada saat kita berpuasa, kita bukan hanya dituntut untuk tidak makan dan minum saja. Melainkan juga dituntun untuk selalu menjaga amarah yang keluar. Dengan menjaga amarah pada diri kita, akan membuat keadaan psikologis menjadi lebih tenang dan membuat kadar adrenalin dalam tubuh menurun.

6. Mencegah Penyakit Diabetes

Berpuasa juga dapat mengontrol tubuh kita untuk tidak banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan. Dengan begitu, akan mencegah penyakit diabetes yang bis dialami karna konsumsi gula yang berlebih.
Baca juga : Pengertian Mengenai Patofisiologi Diabetes Mellitus

7. Menyehatkan Ginjal

Saat melakukan puasa kita akan menahan minum selama lebih dari 8 jam. Dengan penghentian konsumsi air pada saat berpuasa, sangat efektif untuk meningkatkan konsentrasi urin pada ginjal, serta dapat meningkatkan kekuatan osmosis pada urin antara 1.000-12.000ml osmosis/ kg air. Hal ini, akan sangat memberikan perlindungan tersendiri terhadap fungsi ginjal. Oleh karena itu, berpuasa sangat baik untuk menyehatkan ginjal.

Dengan manfaat yang telah dijelaskan diatas, dapat kita simpulkan bahwa dengan berpuasa tubuh kita menjadi lebih sehat dan tidak mudah terkena penyakit kronis yang membahayakan. Namun terkadang, kurangnya asupan nutrisi membuat kegiatan berpuasa kita tidak berjalan dengan lancar.

Oleh karna itu sebaiknya kita juga mengkonsumsi suplemen yang bisa menjaga tubuh lebih baik lagi saat berpuasa. Klik disini untuk mencari suplemen yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.