5 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui | Dunia Informasi Kesehatan 5 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui


Mungkin sebagian dari Anda masih ada yang belum mengetahui berbagai macam manfaat kurma untuk ibu hamil. Ternyata selain identik sebagai takjil atau makanan pembuka saat berbuka puasa, kurma juga diketahui memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Hanya saja mungkin tidak banyak orang yang menyadari dan mengetahui hal tersebut.

Saat bulan ramadhan ibu hamil memang diperbolehkan untuk berpuasa, namun memang terdapat cukup banyak hal yang harus sangat diperhatikan. Terutama nutrisi yang wajib dipenuhi saat makan sahur dan berbuka puasa. Hal tersebut tentu saja karena kondisi ibu hamil memang berbeda dengan kondisi wanita pada umumnya.

5 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui
Ilustrasi manfaat buah kurma © Shutterstock

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa di Indonesia sendiri buah kurma memang hanya identik dengan bulan ramadhan saja. Ya, buah kurma ini biasanya akan digunakan untuk takjil saat berbuka puasa. Namun tahukah Anda? Bahwa ternyata buah kurma ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tidak terkecuali bagi ibu hamil.

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

Kurma sendiri merupakan sebuah tanaman palma di dalam genus Phoenix yang buahnya dapat dikonsumsi. Dan jenis tanaman kurma sendiri diketahui kemungkinan besar berasal dari daerah sekitar Teluk Persia. Buah kurma sendiri memiliki tekstur yang kenyal dan cenderung lengket dengan rasa yang sangat manis.

Dan memang diketahui bahwa buah kurma tersebut memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Untuk itulah sebenarnya buah kurma ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Ingin mengetahui manfaatnnya? Inilah beberapa manfaat kurma untuk ibu hamil yang dapat kita ketahui bersama.

1. Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat dari buah kurma bagi ibu hamil adalah dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Hal tersebut karena kurma dikenal memiliki kadar serat yang tinggi, sehingga dapat membantnu melancarkan proses pencernaan pada ibu hamil. Terlebih ibu hamil sendiri memang cenderung mudah sembelit atau susah buang air besar.
Baca Juga : Tips Menjalankan Puasa Bagi Ibu Hamil Dengan Cara yang Sehat

2. Mengatasi Anemia

Buah kurma juga dikenal memiliki kandungan zat besi dan vitamin B Kompleks yang cukup tinggi. Hal tersebut diketahui dapat membantu proses pembentukan sel-sel darah merah. Sehingga dengan mengkonsumsi kurma, maka ibu hamil dapat terhindar dari permasalahan seperti anemia atau kekurangan darah.

3. Membantu Pembentukan Gigi dan Tulang

Kandungan kalsium yang tinggi pada kurma juga rupanya dapat membantu proses pembentukan tulang dan gigi pada janin. Untuk itulah mengapa ibu hamil di anjurkan mengkonsumsi kurma saat sedang mengandung. Karena kandungan yang terdapat di dalam buah kurma juga sangat bermanfaat bagi janin di dalam kandungan.

4. Meningkatkan Rangsangan Saraf

Satu lagi kandungan nutrisi yang terdapat pada buah kurma yakni kalium. Dan kandungan kalium ini diketahui dapat membantu meningkatkan rangsangan pada saraf janin yang terdapat di dalam kandungan ibu hamil. Sehingga besar kemungkinan terhadap janin yang dikandung akan lebih cerdas dan pintar setelah lahir nanti.
Baca Juga : Anda Buta Warna! Jika Gagal Ikut Tes Mata Ini!

5. Menambah Energi

Kandungan glukosa atau gula yang tinggi pada kurma juga diketahui dapat membantu menambah energi di dalam tubuh. Sehingga mengkonsumsi kurma saat makan sahur akan dapat membantu ibu hamil mendapatkan energi lebih saat berpuasa. Terlebih seorang ibu hamil juga akan selalu membutuhkan energi yang lebih besar.

Namun yang perlu diperhatikan adalah janganlah mengkonsumsi buah kurma ini terlalu berlebihan. Karena memang dampaknya memang tidak baik untuk tubuh, terlebih jika mengingat bahwa kandungan glukosanya yang sangat tinggi. Maka hanya akan menimbulkan penyakit yang salah satunya adalah diabetes melitus atau penyakit kencing manis.

Dengan mengetahui berbagai macam manfaat kurma untuk ibu hamil di atas tadi maka dapat mulai dibiasakan mengkonsumsi buah kurma ini saat makan sahur dan berbuka puasa. Akan tetapi ingat janganlah terlalu berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak akan selalu baik.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close