Inilah 5 Cara Mencegah Jerawat Agar Tak Datang Kembali | Dunia Informasi Kesehatan Inilah 5 Cara Mencegah Jerawat Agar Tak Datang Kembali


Ingin memiliki wajah yang cantik dan menawan maka sudah tentu Anda juga akan diwajibkan untuk mengetahui cara mencegah jerawat yang efektif. Pasalnya memang permasalahan pada kulit wajah seperti jerawat akan dialami oleh siapa saja tanpa terkecuali. Terlebih bagi mereka yang kurang perduli pada kesehatan kulit wajah.

Pada dasarnya hingga saat ini memang sudah terdapat berbagai macam cara untuk mengatasi jerawat di wajah. Namun jika dapat mencegah jerawat timbul di wajah, maka sudah tentu hal tersebut akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda. Karena siapa yang tak ingin memiliki wajah mulus dan halus tanpa ada permasalahan seperti jerawat.

Inilah 5 Cara Mencegah Jerawat Agar Tak Datang Kembali
Ilustrasi Cara Mencegah Jerawat di Wajah © Cantikalamiku.com

Jerawat sendiri sebenarnya merupakan radang yang terjadi pada pori-pori wajah yang disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori oleh kotoran yang bercampur dengan minyak. Hingga akhirnya menimbukan kantung nanah dan bengkak dalam skala kecil, yang akan terlihat seperti bintik pada kulit wajah.

Cara Mencegah Jerawat Secara Alami

Jika dibiarkan dan tidak segera di atasi, maka dapat dipastikan bahwa jumlahnya akan bertambah banyak hingga mencapai seluruh area pada wajah. Untuk itulah mengapa sebaiknya dicegah sebelum jerawat-jerawat tersebut timbul di wajah. Bagi Anda yang membutuhkan referensi, inilah beberapa tips dan cara mencegah jerawat agar tak datang kembali.

1. Kebersihan Wajah

Sebenarnya salah satu cara paling ampuh dan efektif untuk mencegah jerawat datang kembali adalah dengan menjaga kebersihan wajah. Namun biasanya banyak orang mengganggap enteng hal ini dan cenderung malas melakukannya. Padahal membersihkan wajah secara rutin dan teratur dapat menghilangkan berbagai kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati di wajah.

Dengan kebersihan kulit yang terjaga, maka dapat dipastikan sangat kecil kemungkinan terjadinya infeksi dan radang pada pori-pori yang akan menimbulkan jerawat. Gunakan air hangat untuk membersihkan wajah, gunakan juga sabun muka yang tepat untuk kulit wajah Anda. Selain itu, hindari menggunakan spons atau handuk dengan permukaan yang kasar.
Baca Juga : 6 Tips Menghilangkan Jerawat Batu Secara Cepat dan Alami

2. Menggunakan Moisturize

Selain menjaga kebersihan wajah, salah satu cara lain untuk mencegah jerawat datang kembali adalah dengan menjaga kelembaban kulit wajah. Caranya dapat dilakukan dengan rutin dan teratur menggunakan pelembab, khususnya saat hendak beraktifitas. Namun jangan berlebihan serta gunakanlah pelembab yang sesuai dengan karakteristik kulih wajah Anda.

3. Perhatikan Rambut

Poin ini mungkin di khususnya bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif. Sebaiknya usahakan agar poni rambut tidak selalu menyentuh wajah, karena diketahui hal tersebut juga dapat dengan mudah menimbulkan jerawat. Hindari juga menggunakan berbagai macam kosmetik untuk rambut, karena jika menetes atau menempel pada kulit wajah akan menjadi penyebab timbulnya jerawat.

4. Lindungi Wajah

Salah satu penyebab lain timbulnya jerawat di wajah adalah terkena paparan sinar matahari langsung. Sinar ultraviolet yang terdapat pada matahari diketahui dapat memicu peradangan pada kulit wajah. Untuk itulah lindungi wajah seperti menggunakan topi saat keluar ruangan atau dapat juga menggunakan tabir surya yang disesuaikan dengan kulit wajah Anda.
Baca Juga : Tips Perawatan untuk Wajah Cantik Berseri dan Alami

5. Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah

Menghindari kontak antara tangan dengan kulit wajah juga diketahui cukup efektif dalam pencegahan jerawat. Karena tentunya kita tidak akan dapat melihat langsung kuman dan bakteri yang menempel di tangan saat beraktifitas. Maka dari itulah hindarilah kontak langsung karena kuman dan bakteri yang menempel di wajah hanya akan mempercepat timbulnya jerawat.

Memiliki kulit wajah yang halus dan bersih tanpa jerawat tentunya akan menjadi impian dari setiap orang. Untuk mewujudkannya maka dapat menggunakan beberapa tips dan cara mencegah jerawat secara alami di atas tadi. Karena jika dapat mencegah jerawat timbul, tentu Anda juga tidak perlu repot mengatasinya.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close