7 Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak Tanpa Harus Kedokter | Dunia Informasi Kesehatan 7 Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak Tanpa Harus Kedokter


Gusi bengkak atau biasa disebut radang gusi adalah suatu keadaan dimana gusi anda mengalami peradangan atau inflamasi yang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Namun yang perlu diketahui penyebab utama gusi bengkak atau radang gusi adalah penumpukan plak. Plak sendiri muncul dari kumpulan bakteri dan sisa-sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi.

Malas menyikat gigi juga bisa menjadi penyebab terjadinya radang gusi atau gusi bengkak. Maka dari itu rajin-rajinlah menyikat gigi agar dapat menghindari penyakit ini. Namun bagi anda yang sudah mengalami penyakit ini jangan panik, anda masih mengobatinya dengan pengobatan alami dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitar anda.

Untuk penjelasannya selengkapnya silahkan simak dibawah ini :

7 Cara Alami Mengobati Sakit Gusi yang Bengkak

7 Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak Tanpa Harus Kedokter
Ilustrasi obat sakit gusi © Shutterstock

1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam dapat membantu mengurangi rasa sakit baik di gusi maupun tenggorokan. Bantuan ini hanya dapat mengurangi rasa sakit selama beberapa jam saja, sehingga Anda harus berkumur lagi jika gusi kembali terasa sakit. Namun cara ini efektif untuk mengobati gusi yang sedang sakit dalam sekejap.
Baca juga : 8 Obat Sakit Gigi Berlubang Yang Alami

2. Gunakan Obat Kumur 

Anda dapat membuat obat kumur sendiri di rumah untuk mengobati sakit gusi. Gunakan air dengan campuran hidrogen peroksida atau baking soda untuk obat kumur alami. Berkumur dengan campuran ini dapat mencegah sakit gusi. Lakukan beberapa kali sehari untuk mencegah produksi dan penyebaran bakteri dalam mulut.

3. Minum air yang banyak

Minumlah air dalam jumlah yang lebih banyak agar mulut dapat memproduksi air liur lebih banyak juga. Selain berfungsi dalam hal pencernaan, air liur dapat berfungsi membunuh bakteri dalam mulut. Air minum juga akan membersihkan mulut dari bakteri dengan sendirinya. Jadi, sering-seringlah minum air ketika gusi sedang sakit.

4. Memijat gusi

Pijatlah gusi yang sakit dengan menggunakan jari telunjuk yang bersih. Pastikan anda membersihkan jari anda sebelum melakukan hal ini. Gosoklah gusi dengan gerakan melingkar dari awal garis gusi. Dengan memberikan pijatan pada gusi, sirkulasi darah akan meningkat dan dapat membantu dalam penyembuhan. Setelah melakukan pijatan anda bisa berkumur lagi dengan air garam atau obat kumur buatan anda sendiri.

5. Hindari Makanan Pencetus Sakit Gusi

Cegah rasa sakit pada gusi dengan menghindari makanan yang dapat menempel pada gusi, seperti roti putih, coklat, gula, dll. Sebaliknya pilihlah makanan yang mengandung vitamin C tinggi, seperti sayuran segar dan buah-buahan. Selain mencegah gusi bengkak, vitamin C juga berfungsi memberikan antibody kepada tubuh anda agar teman fit dan sehat.
Baca juga : Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dengan Bawang Putih

6. Sikat gigi secara teratur

Gunakan sikat berbulu sedang untuk menyikat gigi secara teratur minimal dua kali sehari. Sehabis makan dan sebelum tidur. Dengan melakukan ini secara teratur resiko mengalami gusi bengkak atau radang gusi akan semakin menipis dan justru anda mendapatkan gigi yang sehat, putih dan bersih.

7. Pakai minyak cengkeh

Minyak cengkeh adalah obat-obatan tradisional yang populer untuk mengobati infeksi gusi. Oleskan pada gusi yang bengkak dengan sedikit lada hitam untuk membantu meredakannya. Dan setelah itu kumur lagi dengan air hangat untuk membersihkan sisa-sisa bakteri yang masih menempel pada gusi anda.

Itulah beberapa tips dan cara alami mengobati gusi bengkak atau radang gigi. Namun jika radang gusi anda sudah parah, maka disarankan pergi ke dokter gigi agar segera mendapatkan penanganan medis yang tepat sehingga anda tidak berlarut-larut dalam kesakitan.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close