Segudang Khasiat Bawang Putih Yang Telah Dikenal Sejak Ribuan Tahun Yang Lalu | Dunia Informasi Kesehatan Segudang Khasiat Bawang Putih Yang Telah Dikenal Sejak Ribuan Tahun Yang Lalu


Khasiat Bawang Putih telah dikenal sejak berabad-abad silam. Orang-orang zaman dahulu telah mengenal bawang putih sebagai salah satu tanaman herbal yang dapat menyembuhkan segala jenis penyakit. Ketenaran bawang putih telah teruji di banyak negara mulai dari Cina hingga Yunani. Sejak dahulu bawang putih telah tercatat dalam sejarah, dalam kertas dan naskah-naskah kuno, sebagai salah satu obat paling berkhasiat bagi siapapun.

Tidak hanya di Indonesia, bawang putih pun telah terkenal seantero dunia. Di India, ia dikenal sebagai umbi dewa sedangkan di Rusia ia dikenal sebagai antibiotik paling manjur. Keran tidak diragukan lagi bahwa bawang putih memiliki banyak manfaat.

Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Segudang Khasiat Bawang Putih Yang Telah Dikenal Sejak Ribuan Tahun Yang Lalu
Ilustrasi khasiat bawang putih © shutterstock

Ciri Fisik Bawang Putih

Tanaman yang memiliki nama ilmiah allium sativum ini memiliki bentuk bulat yang memanjang dengan ujung yang memucuk atau lancip. Warna kulit tanaman ini adalah putih kapur dengan kulit yang agak sedikit kasar. Sedangkan warna dalam daging bawang putih berwarna putih kekuningan yang selalu mengeluarkan bau yang khas. Dalam satu siung bawang putih biasanya terdiri atas 10 atau lebih siung bawang yang merumpu menjadi satu sehingga membulat. Rasa bawang putih sangat khas dengan rasa yang kuat dan asam. Tanaman ini telah dikenal sejak dulu memiliki khasiat yang beragam. Khasiat Bawang Putih tidak hanya sebatas sebagai pelengkap serta pendukung bahan masakan namun lebih jauh lagi, Manfaat Bawang Putih meliputi obat herbal dari puluhan jenis penyakit yang menyerang tubuh. Baca juga : Mengenal Secara Lebih Dalam Manfaat Bawang Hitam

Kandungan Zat Kimia di dalam Bawang Putih

Khasiat Bawang Putih tidak bisa lepas dari kandungan zat-zat yang ada didalamnya. Dalam satu siung bawang putih terkandung belasan zat-zat yang sangat baik untuk tubuh, sebut saja kalsium, salvitine, diallysulfide, alilpropil-disulfida, belerang, protein, lemak, fosfor, besi, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, Vitamin B6, kalium, selenium, magnesium, flavonoid, dan anti oksidan. Zat-zat ini semuanya tersimpan dalam satu siung bawang putih. Bisa Anda bayangkan betapa hebatnya sepak terjang bawang putih ini dalam memerangi segala jenis penyakit. Sebut saja penyakit kanker, hipertensi, stroke, diabetes, semuanya mampu diatasi oleh si kecil putih ini.

Beragam Jenis Penyakit yang Bisa Diatasi dengan Bawang Putih

Apabila Anda mengkonsumsi secara rutin bawang putih mentah setiap hari maka Anda dapat terhindar dari beragam jenis penyakit berikut ini. Khasiat Bawang Putih mampu melindungi diri Anda dari serangan bakteri jahat serta virus-virus tak bertanggungjawab yang menggerogoti tubuh Anda secara perlahan. Bawang putih mampu mencegah terjadinya penyumbatan di arteri Anda. Ia mencegah terjadinya pembekuan darah di dalam tubuh Anda sehingga sebagai reaksi selanjutnya Anda terhindar dari penyakit serangan jantung atau jantung koroner. Kandungan zat di dalam bawang putih mampu menurunkan kolesterol sehingga menurunkan tekanan darah Anda. Manfaat Bawang Putih tampak sebagai obat anti stroke. Selain itu, ia mampu meningkatkan kinerja jantung Anda.

Khasiat Bawang Putih Lainnya

Khasiat Bawang Putih yang paling populer lainnya adalah ia dikenal mampu menjadi obat yang mencegah kanker di dalam tubuh. Segala jenis penyakit kanker dengan ragam macamnya itu mampu diatasi dengan secara rutin mengonsumsi bawang putih mentah setiap pagi. Hal ini dapat terjadi bila tingkatan kanker Anda belum mencapai stadium akhir. Tentunya Anda tidak ingin terkena penyakit kanker semacam kanker usus, kanker pankreas, kanker prostat, kanker kulit, dan jenis kanker lainnya. Untuk itu lebih baik dan lebih bijak untuk mencegah diri sendiri dari serangan segala jenis penyakit dibanding harus mengatasi tubuh yang telah rusak terkena oleh penyakit tersebut.

Bila Anda terkena infeksi yang diakibatkan oleh bakteri, jamur, atau virus, maka jenis infeksi tersebut dapat diatasi karena Khasiat Bawang Putih mampu membantu Anda mengatasi penyakit demikian. Jangan ragukan pula Manfaat Bawang Putih dalam mengatasi segala macam masalah wajah. Masalah kecantikan wajah Anda bisa didapatkan dengan bantuan bawang putih. Masalah yang umum mengenai kecantikan wajah seperti jerawat, komedo, dan bintik hitam, dapat diatasi dengan mengolah bawang putih menjadi masker yang berkhasiat alami dibarengi dengan rutin mengkonsumsinya maka Anda akan mendapatkan tubuh yang sehat alami.

Khasiat Bawang Putih dapat mencegah Anda terkena serangan penyakit demensia dan alzheimer yang hingga kini belum diketahui obat pastinya. Karena itu untuk mencegah penyakit saraf tersebut, sangat baik jika Anda mengkonsumsi bawang putih dengan beragam jenis olahannya. Sangat baik pula bila Anda turut memasukkannya kedalam menu diet Anda karena rahasianya bawang putih mampu menurunkan berat badan. Melakukan diet bawang putih tentunya memberikan efek positif untuk Anda dari segala sisi. Yang perlu diingat hanya Anda tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close