Macam-Macam Obat Tipes Tradisional Alami | Dunia Informasi Kesehatan Macam-Macam Obat Tipes Tradisional Alami


Tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Thypti. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan akhirnya berkembang biak di dalam usus. Kemudian lama kelamaan bakteri tersebut akan menyebar ke seluruh tubuh penderita sehingga penderita akan mengalami demam tinggi.

Nah, pada saat demam ini lah anda sebagai orang terdekatnya segeralah mencari obat tipes tradisional atau obat tipes kimia. Karena saat demam inilah penderita merasakan ketidaknyamanan diseluruh tubuh mereka. Makanan yang mengandung bakteri Salmonella Thypti biasanya adalah makanan yang kurang bersih dalam proses pembuatannya atau penyajiannya. 

Selain itu, bakteri ini juga bisa masuk melalui tangan kita sendiri, misalnya kita tidak cuci tangan saat sebelum makan. Sehingga bakteri yang menempel pada tangan kita akhirnya bisa masuk dan berkembang biak di dalam tubuh.

Macam-Macam Obat Tipes Tradisional Alami
Ilustrasi penyakit tipes © shutterstock
Sebelum anda memberikan obat tipes baik yang alami maupun kimia, sebaiknya anda kenali terlebih dahulu gejala-gejala penyakit tipes tersebut.
  • Anoreksia atau hilangnya nafsu makan
  • Rasa malas
  • Sakit kepala bagian depan
  • Nyeri otot
  • Lidah kotor
  • Gangguan perut, yang mana perut meragam dan terasa sakit

Selain dari gejala penyakit tipes adapun ciri-ciri lain apabila seseorang terkena penyakit tipes adalah warna air kencing kecoklatan seperti teh dan matanya pun menjadi kuning. Tapi siklusnya cukup panjang sehingga dalam 1-2 hari banyak yang belum merasakannya. Setelah dites lah penderita baru mengetahui bahwa ia memiliki penyakit tipes. Untuk itu segeralah mencari obat tipes tradisional atau obat tipes kimia.

Biasanya anak-anak di atas satu tahun lebih mudah terserang penyakit ini. Hal ini dikarenakan mereka sudah melakukan banyak aktivitas yang memungkinkan mereka bersentuhan dengan bakteri pembawa tipes tersebut. Dan mereka juga belum begitu mengerti dan memahami pentingnya menjaga kebersihan makanan dan cara makan mereka. Untuk itu anda sebagai orang tuanya juga harus lebih berhati-hati dan mewaspadai anak anda.

Obat Tipes Tradisional

Namun, penyakit tipes ini tak hanya menyerang anak-anak, orang dewasa pun juga bisa terkena tipes ini. Sebaiknya anda pergi ke dokter, bidan, atau seseorang paham mengenai gejala dari penyakit ini. Karena tingginya demam yang menjadi salah satu gejala tipes ini menyerupai berbagai gejala penyakit lainnya seperti penyakit demam berdarah dan hepatitis.

Jika sudah pasti penyakitnya adalah tipes, maka penderita bisa langsung mendapatkan pengobatan yang dibutuhkan. Obat tradisional cukup ampuh dalam menyembuhkan penyakit tipes, namun tentunya tidak akan sepraktis obat-obatan medis (kimia) dari dokter. Berikut ini beberapa obat tipes tradisional yang dapat membantu anda untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

1. Obat Tipes Tradisional dengan Cacing

Jika anda melihat cacing pasti anda akan merasa jijik. Jangankan melihat, mendengarkan saja pasti anda juga sudah merasa geli dan membayangkan bentuknya. Namun beberapa orang tua menggunakan cacing sebagai obat tipes tradisional. Caranya cukup mudah, anda cari beberapa cacing gelang atau terkenal dengan cacing tanah kemudian dibersihkan dengan membelahnya. Bilaslah beberapa kali supaya bersih karena di dalam tubuh cacing tersebut berisi banyak tanah.

Kemudian rebuslah cacing tersebut hingga air mendidih. Setelah itu jemurlah cacing sudah direbus tadi sampai kering dan tidak dalam kondisi yang basah, jemurlah hingga 3 hari. Jika proses pengeringan memakan waktu, gunakanlah genting untuk membakarnya di atas tungku atau disangrai. Setelah kering anda dapat munumbuknya dan campurkan satu sendok minuman rasa atau jus untuk menghilangkan rasa anyir dari cacing tersebut. Obat tradisional ini terkenal manjur untuk mengobati penyakit tipes.
Baca juga : Pengobatan Tradisional Cacing Kremi

2. Obat Tipes Tradisional Daun Keji Beling

Obat tipes tradisional lainnya adalah daun keji beling. Caranya adalah dengan menyiapkan 15 lembar daun keji beling kemudian cucilah terlebih dahulu supaya bersih. Setelah itu rebuslah daun tersebut dengan air sebanyak 2,5 liter, tunggulah sampai mendidih kurang lebih 20 menit. Jika sudah mendidih angkatlah dan dinginkan. Air daun keji beling siap di konsumsi 2 kali sehari, lakukan dengan rutin sampai gejala tipes di tubuh menghilang atau membaik.

3. Obat Tipes Tradisional Tanaman Toga

Untuk menggunakan tanaman toga sebagai obat tipes tradisional caranya adalah menyiapkan 10 lembal daun sambiloto cuci bersih, 15 gram temulawak cuci bersih, dan siapkan jinten hitam. Setelah dicuci bersih potong-potonglah daun sambiloto dan temulawak menjadi kecil-kecil. Setelah itu siapkan panci berisi air dan rebuslah bahan-bahan tersebut hingga mendidih, kemudian angkat dan dinginkan. Minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari sampai tipes anda semakin membaik.

4. Obat Tipes Tradisional Timun Segar

Banyak yang mengetahui bahwa timun hanya digunakan untuk masker kecantikan. Padahal timun dapat dijadikan obat tipes tradisional, cara meramunya adalah dengan menyiapkan 3 buah timun segar. Cucilah hingga bersih kemudian parut timun tersebut, setelah itu peraslah. Minumlah air perasan timun tersebut siap hari pada pagi dan sore hari selama satu minggu.

5. Obat Tipes Tradisional Pepaya

Siapa sangka buah papaya yang masis, lembut, dan enak dikonsumsi ini menjadi salah satu obat tipes tradisional. Cara meramunya adalah carilah papaya yang masih muda atau setengah muda, kemudian cucilah sampai bersih. Setelah itu kupaslah, dan selanjutnya parut papaya tersebut sampai halus. Setelah papaya terparut semua, tambahkan air hangat dan peraslah. Anda dapat meminum air perasan tersebut 2 hari sekali sampai tipes anda sembuh. Baca juga : Macam-Macam Manfaat Buah Pepaya yang Perlu Anda Ketahui

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.